Universitas Swasta Terbaik Di Solo
Universitas Swasta Terbaik Di Solo

Universitas Swasta terbaik di Solo – Solo, kota yang terletak di Jawa Tengah, memiliki banyak universitas swasta yang menawarkan berbagai program studi kepada calon mahasiswa.

Biaya kuliah yang murah menjadi salah satu pertimbangan penting bagi banyak calon mahasiswa dalam memilih universitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan biaya kuliah yang terjangkau, calon mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu tinggi.

Baca Juga Artikel 8 Universitas Terbaik di Solo Biaya Kuliah yang Murah 2023

Terdapat beberapa universitas swasta terbaik di solo yang menawarkan biaya kuliah yang murah. Meskipun biaya kuliah yang murah bukanlah satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan, hal ini dapat menjadi pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa yang ingin mengejar pendidikan tinggi namun terbatas dalam anggaran. Selain itu, universitas swasta di Solo juga menawarkan program studi yang berkualitas dan fasilitas yang memadai.

Baca Juga Artikel Bingung Cara Memilih Jurusan Kuliah? Bigini Tipsnya

Mencari kampus yang tepat untuk melanjutkan pendidikan kuliah di Solo bisa menjadi tantangan tersendiri, mengingat ada banyak pilihan kampus swasta di kota ini. Namun, tak perlu khawatir karena beberapa kampus swasta di Solo memiliki predikat terbaik yang dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa.

Dengan mengetahui kampus-kampus terbaik di Solo, diharapkan dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih kampus yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa universitas swasta terbaik di Solo. Semoga artikel ini dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih universitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Rekomendasi tentang Unversitas bisa kamu simak di seputaruniv.com.

Universitas Swasta Terbaik Di Solo

Universitas Swasta Terbaik Di Solo
Universitas Swasta Terbaik Di Solo

Universitas Duta Bangsa (UDB)

Universitas Swasta Terbaik Di Solo
Universitas Swasta Terbaik Di Solo

Universitas Duta Bangsa (UDB) merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Solo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Berawal dari berdirinya Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Aksmi Kusuma Bangsa pada tahun 1995 oleh Bapak Drs. Singgih Purnomo melalui Yayasan Kusuma Bangsa Adi Prakarsa.

UDB memiliki sejarah yang panjang dan berawal dari program pendidikan satu tahun yang menyiapkan tenaga terampil di berbagai bidang pada awalnya. Kesuksesan program tersebut kemudian membuka jalan untuk pendidikan kesehatan selama satu tahun yang juga cukup diminati oleh masyarakat, sehingga pada tahun 1997 didirikan LKP Citra Medika.

Universitas Duta Bangsa adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia, yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang sangat baik bagi mahasiswanya. Universitas ini memiliki program-program akademik yang inovatif dan berkualitas, dan para mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar yang sangat menyenangkan dan memotivasi.

UDB memiliki beberapa fakultas yang menawarkan berbagai program studi, seperti :

1. Fakultas Hukum dan Bisnis terdiri dari 4 Program Studi yaitu :

  • S1 Hukum
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Komunikasi Bahasa Inggris Dan Bisnis Internasional

2. Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari 4 Program Studi yaitu :

  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Komputer
  • D3 Manajemen Informatika

3. Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari 7 Program Studi yaitu :

  • D3 REKAM MEDIS
  • D3 KEBIDANAN
  • D3 KEPERAWATAN
  • S1 KEPERAWATAN
  • PROFESI NERS
  • S1 FARMASI
  • S1 ADM RUMAH SAKIT

4. Fakultas Sains dan Teknologi

  • Agribisnis      
  • Teknik Industri

Waktu Pendaftaran :

  • Daftar Offline (Datang ke Kampus)
  • Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB
  • Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB
  • Daftar Online (24 Jam)

Untuk info pendaftaran Online ada di link spmb.udb.ac.id

2. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) adalah sebuah perguruan tinggi Muhammadiyah yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Universitas ini berdiri sejak tahun 1981 dan telah berkembang menjadi sebuah universitas yang memiliki 12 Fakultas dengan Program Pascasarjana Magister (S2), Doktor (S3), Program Profesi, dan Sekolah Vokasi.

Sejarah berdirinya UMS bermula dari berdirinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta pada tahun 1958. Pada awalnya, FKIP ini hanya memiliki satu program studi, yaitu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Namun, seiring berjalannya waktu, FKIP UMS terus berkembang dan memperluas program studinya. Pada tahun 1981, FKIP UMS diubah statusnya menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saat ini, UMS memiliki 12 Fakultas yang meliputi Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Sastra dan Budaya, serta Fakultas Agama Islam. Selain itu, UMS juga memiliki Program Pascasarjana Magister (S2) dan Doktor (S3), serta Program Profesi dan Sekolah Vokasi.

3. Universitas Bina Sarana Informatika Surakarta (UBSI)

Universitas Bina Sarana Informatika Surakarta (UBSI)
Universitas Bina Sarana Informatika Surakarta (UBSI)

Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) adalah universitas yang memiliki visi untuk menjadi perguruan tinggi unggul di bidang ekonomi kreatif pada tahun 2033. UBSI menyediakan program pendidikan di tingkat Diploma III (D3) dan Sarjana (S1) melalui tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknik dan Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Komunikasi dan Bahasa. Terdapat lebih dari 20 program studi yang tersedia bagi mahasiswa untuk dipilih.

UBSI terus berupaya memperluas jangkauannya ke berbagai wilayah di Indonesia dengan membuka 35 kampus yang tersebar di 20 kota, seperti Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, Bekasi, Sukabumi, Karawang, Cikampek, Cibitung, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, dan Pontianak.

Menurut Direktur BSI, Naba Aji Notoseputro, proses perubahan dari Akademi BSI menjadi UBSI telah berlangsung cukup lama, dan dilakukan sebagai salah satu upaya persiapan BSI dalam menghadapi era disruptif. BSI sendiri sudah eksis di dunia pendidikan tinggi selama 30 tahun. Perubahan ini memungkinkan UBSI untuk menawarkan program studi pascasarjana magister (S2), doktor (S3), dan program profesi serta sekolah vokasi.

4. Universitas Surakarta (UNSA)

Universitas Surakarta (UNSA)
Universitas Surakarta (UNSA)

Universitas Surakarta (UNSA) merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Solo yang didirikan pada tanggal 27 November 1995 dan dikelola oleh Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta (YPTS). STIA awalnya memiliki 2 Program Studi yaitu Ilmu Administrasi Negara dan Administrasi Niaga.

Bapak H. HS. Soemaryono dan Bapak DR. S. Brodjosudjono, SH., MS. adalah badan pendiri Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta (YPTS) yang menugaskan pengurus YPTS untuk mengembangkan STIA Solo menjadi sebuah universitas yang diberi nama Universitas Surakarta.

Dalam rangka mewujudkan gagasan tersebut, pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Surakarta beserta pimpinan Sekolah Tinggi berusaha untuk memenuhi persyaratan yang diatur dalam SK Mendikbud RI No. 0686/U/1991 tentang Pedoman Pendirian Perguruan Tinggi. Dalam waktu yang relatif cepat, segala persyaratan tersebut dapat terpenuhi sehingga pada tanggal 22 Oktober 1998, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan surat keputusan no. 140/D/0/1998 tentang perubahan bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Solo menjadi Universitas Surakarta (UNSA).

5. Universitas Sahid Surakarta (USS)

Universitas Sahid Surakarta (USS)
Universitas Sahid Surakarta (USS)

Usahid Surakarta adalah sebuah universitas swasta yang tergolong masih muda namun memiliki potensi yang sangat besar. Didukung oleh Yayasan Badan Penyelenggara Pendidikan yang reputasinya sangat baik, pengelola bersemangat untuk berkembang menjadi perguruan tinggi besar di masa depan.

Kampus Usahid Surakarta terletak di kota Solo yang kaya akan budaya dan memiliki kawasan kampus yang indah. Lokasinya sangat strategis dan didukung oleh dosen-dosen muda yang kompeten, bermotivasi tinggi, dan berkomitmen dalam mengembangkan keilmuan. Kampus ini juga dilengkapi dengan perpustakaan modern yang lengkap dan sarana prasarana serta laboratorium yang mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. Hal ini membuat Usahid Surakarta dapat menghasilkan lulusan yang unggul, berkarakter dan berdaya saing.

Menerapkan falsafah pendidikan ilmu-amal shaleh, Usahid Surakarta senantiasa mengembangkan berbagai program kreatif dan inovatif guna mencapai visinya sebagai perguruan tinggi pengembang IPTEKS, yang menghasilkan lulusan unggul, berkarakter, dan berjiwa kewirausahaan yang berdaya saing di tingkat nasional dan internasional. Capaian kinerja tersebut merupakan komitmen pimpinan yang kuat untuk menjadikan Usahid Surakarta sebagai bagian dari World Class University.

6. Universitas Setiabudi

Universitas Setiabudi
Universitas Setiabudi

Universitas Setia Budi (USB) adalah sebuah perguruan tinggi yang didirikan pada tahun 1983 sebagai Akademi Analis Kesehatan. Pada tanggal 11 November 1997, USB kemudian bergabung dengan beberapa akademi lain yang juga berada di bawah Yayasan Pendidikan Setia Budi seperti Akademi Teknik Kimia, Akademi Teknik Gigi, dan Akademi Farmasi. Setelah bergabung, USB resmi bertransformasi menjadi universitas yang menyediakan beragam program studi untuk mahasiswa.

USB memiliki komitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan bagi mahasiswanya. Hal ini dibuktikan dengan menyediakan berbagai fasilitas modern, termasuk fasilitas laptop yang memudahkan mahasiswa dalam melakukan tugas-tugas kuliah. USB juga menyediakan program international student exchange yang memungkinkan mahasiswa berprestasi untuk mengikuti program pertukaran pelajar di luar negeri. Selain itu, USB juga memberikan jaminan kerja bagi lulusan terbaik sebagai bentuk dukungan untuk kesuksesan karir mahasiswanya.

7. Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA)

Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA)
Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA)

Universitas Islam Batik Surakarta (UNIBA) adalah perguruan tinggi yang telah berakreditasi B dengan 8 Program Studi Strata 1 dan 2 Program Studi Magister. Terdapat 4 Fakultas di UNIBA, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik.

Fakultas Ekonomi memiliki 3 Program Studi yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Magister Manajemen (S2).  Fakultas Hukum memiliki 2 Program Studi yaitu Ilmu Hukum dan Magister Ilmu Hukum (S2). Fakultas Pertanian memiliki 3 Program Studi yaitu Agroteknologi, Agribisnis, dan Peternakan. Fakultas Teknik memiliki 2 Program Studi yaitu Teknik Industri dan Teknik Sipil. UNIBA terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyediakan berbagai fasilitas dan program-program inovatif guna menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing.

8. Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Universitas Slamet Riyadi Surakarta
Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Universitas Slamet Riyadi (Unisri) didirikan pada tanggal 21 Juni 1980 oleh Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi sebagai penghormatan kepada Brigadir Jenderal (Anumerta) Slamet Riyadi, seorang pejuang muda dari Kota Surakarta. Dengan jiwa kepahlawanan sebagai inspirasi, Unisri memiliki visi, misi, dan tujuan yang kuat di bidang pendidikan.

Pada tanggal 30 Juni 1980, Unisri diberikan status tercatat sebagai anggota Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI Jawa Tengah (sekarang bernama LL Dikti VI) berdasarkan Surat Keputusan No. 119/K/22/Kop.VI/1980. Selanjutnya, pada tanggal 24 Oktober 1981, Unisri memperoleh status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan untuk jenjang Sarjana Muda berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 0309/0/1981.

9. Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Universitas Tunas Pembangunan, atau yang biasa disebut UTP, adalah salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang berlokasi di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan Surakarta bertanggung jawab atas pengelolaan universitas ini.

Kampus UTP Surakarta memiliki lokasi yang strategis dan mudah diakses, sehingga kegiatan perkuliahan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Terdapat 11 program studi unggulan dan 2 program studi vokasi di UTP Surakarta. Pada tahun 2020, UTP Surakarta juga membuka program vokasi baru yaitu D3 Teknologi Pemeliharaan Pesawat dan Sarjana Terapan Sistem Informasi Kota Cerdas yang menjadi yang pertama di Indonesia.

Penutup

Demikianlah sekilas tentang beberapa universitas swasta terbaik di Solo, Jawa Tengah. Semua universitas ini memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing, serta telah menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas yang siap bersaing di dunia kerja. Dengan fasilitas dan program pendidikan yang terus ditingkatkan, diharapkan para mahasiswa dapat meraih kesuksesan dan membawa nama baik almamater mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Selamat menempuh pendidikan tinggi di Solo!

Bagikan:

Tinggalkan komentar