Tempat Kuliah di Solo
Tempat Kuliah di Solo

Tempat Kuliah di Solo – Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang dikenal sebagai pusat pendidikan. Kota ini memiliki berbagai perguruan tinggi yang menawarkan beragam program studi dan fakultas yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa.

Dalam memilih perguruan tinggi, tidak hanya faktor kualitas pendidikan yang menjadi pertimbangan, namun juga lokasi, biaya, dan program studi yang ditawarkan.

Penting bagi calon mahasiswa untuk memilih perguruan tinggi atau kampus yang tepat untuk mengejar studi, terutama jika mereka memiliki rencana karir di masa depan.

Baca Juga Artikel Rekomendasi Universitas Terbaik Jurusan Teknik Informatika Di Solo Jawa Tengah 2023

Jika Solo menjadi pilihanmu sebagai lokasi kuliah, maka berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat kuliah di Solo yang dapat menjadi acuan dalam memilih perguruan tinggi.

Baca Juga Artikel 8 Universitas Terbaik di Solo Biaya Kuliah yang Murah 2023

Dalam artikel ini, akan dibahas daftar tempat kuliah di Solo beserta fakultas dan program studinya yang harus diketahui oleh calon mahasiswa. Dengan mengetahui informasi ini, calon mahasiswa dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang pilihan perguruan tinggi yang ada di Solo dan dapat memilih perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka. Rekomendasi tentang Unversitas bisa kamu simak di seputaruniv.com.

Daftar Tempat Kuliah di Solo Negeri dan Swasta

Daftar Kampus Negeri dan Swasta di Surakarta

Berikut adalah daftar kampus negeri dan swasta di Solo.

1. Institut Seni Indonesia Surakarta (ISI)

Institut Seni Indonesia (ISI)
Institut Seni Indonesia (ISI)

ISI merupakan salah satu kampus di Surakarta yang dapat dipilih sebagai tempat kuliah. Institut Seni Indonesia Surakarta memiliki dua fakultas, yaitu Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Selain itu, kampus ini juga telah memiliki program pascasarjana. Dengan akreditasi BAN-PT dengan peringkat Baik Sekali, kamu dapat memperoleh pendidikan dengan kualitas yang baik.

2. UNS

UNS
UNS

Siapa yang tidak mengenal Universitas Sebelas Maret (UNS)? Kampus ini sangat diminati oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Terdapat dua jalur untuk dapat masuk UNS Solo, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Selain itu, ada jalur mandiri yang digelar pihak UNS. Tak perlu diragukan lagi, UNS telah memperoleh akreditasi BAN-PT dengan peringkat A.

UNS memiliki 11 fakultas yang menawarkan 66 program studi dengan jenjang D3, S1, dan S2. Calon mahasiswa bisa memilih masuk program studi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Penting untuk memilih program studi yang sesuai dengan karir yang ingin dijalani di masa depan.

3. Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB)

Universitas Duta Bangsa (UDB)
Universitas Duta Bangsa (UDB)

Universitas Duta Bangsa (UDB) adalah sebuah universitas swasta terbaik yang terletak di kota Solo, Jawa Tengah, Indonesia. UDB didirikan pada tahun 1987 dan telah berkembang sangat pesat sejak itu. UDB memiliki beberapa fakultas yang menawarkan berbagai program studi, seperti :

1. Fakultas Hukum dan Bisnis terdiri dari 4 Program Studi yaitu :

  • S1 Hukum
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi
  • S1 Komunikasi Bahasa Inggris Dan Bisnis Internasional

2. Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari 4 Program Studi yaitu :

  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Informatika
  • D3 Teknik Komputer
  • D3 Manajemen Informatika

3. Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari 7 Program Studi yaitu :

  • D3 REKAM MEDIS
  • D3 KEBIDANAN
  • D3 KEPERAWATAN
  • S1 KEPERAWATAN
  • PROFESI NERS
  • S1 FARMASI
  • S1 ADM RUMAH SAKIT

4. Fakultas Sains dan Teknologi

  • Agribisnis       
  • Teknik Industri

Waktu Pendaftaran :

  • Daftar Offline (Datang ke Kampus)
  • Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB
  • Sabtu pukul 08.00-14.00 WIB
  • Daftar Online (24 Jam)

Untuk info pendaftaran Online ada di link spmb.udb.ac.id

4. Universitas BSI Kampus Surakarta

Bina Sarana Informatika (BSI)
Bina Sarana Informatika (BSI)

Jika kamu tertarik dengan teknologi, Universitas BSI dapat menjadi pilihan sebagai tempat kuliah di Surakarta. Kampus ini menawarkan dua program studi, yaitu Sistem Informasi dan Sistem Informasi Akuntansi yang berada di bawah Fakultas Teknik & Informatika.

Universitas BSI telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat B dan memiliki beberapa kampus di seluruh Indonesia. Selain mempunyai Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas BSI juga terdapat Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Komunikasi dan Bahasa.

Untuk mendaftar di Universitas BSI, calon mahasiswa dapat mengunduh aplikasi M-PMB UBSI atau melakukan pendaftaran melalui website pmb.bsi.ac.id. Jika Kamu ingin memperoleh informasi lebih lanjut tentang Universitas BSI, kamu bisa langsung mengunjungi kampus Universitas BSI di Surakarta yang terletak di Jalan Letjend Sutoyo No. 43, Cengklik, Nusukan, Banjarsari, Solo Jawa Tengah.

5. UIN Raden Mas Said Surakarta

UIN Raden Mas Said
UIN Raden Mas Said

Jika kamu tertarik untuk kuliah di kampus yang berbasis Islam di Surakarta, maka UIN Raden Mas Said Surakarta bisa menjadi pilihan. Kampus UIN Raden Mas Said Surakarta ini telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat B. Calon mahasiswa dapat memilih program studi dari empat fakultas yang ada, yaitu Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Fakultas Syariah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

6. Akademi Keperawatan (AKPER) Patria Husada Surakarta

AKPER Patria Husada merupakan salah satu kampus di Solo yang memiliki peringkat akreditasi BAN-PT C. Kampus ini menawarkan satu program studi, yaitu Keperawatan (D3). Jika kamu tertarik untuk melanjutkan sutdy di AKPER Patria Husada, kamu dapat mendaftar secara online melalui situs resminya atau bisa juga langsung mengunjungi kampus yang beralamat di Jalan Sumpah Pemuda No. 58, Kadipiro, Kec. Banjarsari, Surakarta.

7. Institut Teknologi Sains dan Kesehatan (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta

ITS PKU adalah sebuah perguruan tinggi yang berada di Surakarta dan dikelola oleh persyarikatan Muhammadiyah. Menurut data BAN-PT, kampus ini memiliki akreditasi B. ITS PKU memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Ilmu Kesehatan dan Fakultas Teknologi dan Sains, yang menawarkan berbagai program studi yang menarik. Jika kamu tertarik untuk kuliah di ITS PKU, kamu dapat memilih program studi seperti Farmasi, Kebidanan, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan masih banyak lagi. Dengan reputasi yang baik dan fasilitas yang lengkap, ITS PKU menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengejar cita-cita dalam bidang kesehatan dan teknologi.

8. Poltekkes Kemenkes Surakarta

Poltekkes Kemenkes Surakarta
Poltekkes Kemenkes Surakarta

Jika Anda berminat untuk menempuh pendidikan di bidang kesehatan, maka Poltekkes Kemenkes Surakarta dapat menjadi pilihan yang tepat. Kampus ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT yang menunjukkan kualitas yang baik. Poltekkes Kemenkes Surakarta menawarkan beberapa program studi yang dapat dipilih, antara lain okupasi terapi, fisioterapi, ortotik prostetik, akupuntur, jamu dan terapi wicara.

9. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Sahid Surakarta

Untuk memilih kampus pariwisata yang tepat di Solo, STP Sahid bisa menjadi salah satu pilihan. Kampus ini telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat B, sehingga menunjukkan kualitas pendidikan yang baik. STP Sahid menawarkan tiga program studi, yaitu Kepariwisataan (D4), Kepariwisataan (D3), dan Perhotelan (D1). Dalam mengambil program studi tersebut, kamu akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk sukses di industri pariwisata.

10. STMIK AUB Surakarta

Kampus STMIK AUB Surakarta telah menerima akreditasi BAN-PT dengan peringkat akreditasi C. Terdapat tiga pilihan program studi yang dapat kamu ambil di kampus ini, yaitu Sistem Informasi (S1), Sistem Komputer (S1), dan Teknik Komputer (D3).

11. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Kampus UMS menjadi salah satu pilihan tempat kuliah di kota Solo dengan peringkat akreditasi BAN-PT yang sangat baik, yaitu A. Di kampus ini, kamu dapat memilih program studi dari berbagai fakultas, seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Geografi, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Komunikasi dan Informatika.

12. Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta

Perguruan tinggi yang dapat dipilih untuk menempuh studi adalah UNU Surakarta. Meskipun kampus ini masih memiliki akreditasi C, namun terdapat beberapa program studi yang telah terakreditasi A dan B.

Berdasarkan data dari PDDIKTI, terdapat 11 program studi yang tersedia di kampus ini, yaitu Pendidikan Agama Islam (S2), Hukum Keluarga/Ahwal Syakshiyah (S1), Ilmu Hukum (S1), Manajemen (S1), Pendidikan Agama Islam (S1), Pendidikan Agama Islam (S3), Teknik Mesin (S1), Akuntansi (D3), Ekonomi Syariah (S1), Teknik Industri (S1), dan Manajemen Perusahaan (D3).

13. Universitas Sahid (Usahid) Surakarta

Universitas Sahid Surakarta
Universitas Sahid Surakarta

Jika Anda ingin kuliah di Surakarta, Usahid bisa menjadi salah satu pilihan. Kampus ini telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat C. Di Usahid, terdapat empat fakultas yang bisa Anda pilih, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik dan Desain, serta Fakultas Ekonomi. Di sini, tersedia jenjang pendidikan Sarjana (S1) dan profesi bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan karir mereka di masa depan.

14. Universitas Kristen Surakarta

Universitas Kristen Surakarta memiliki peringkat akreditasi BAN-PT dengan nilai C. Di kampus ini terdapat 7 program studi yang dapat dipilih, antara lain Pendidikan Agama Kristen (S2), Akuntansi (S1), Manajemen (S1), Pastoral Konseling (S1), Pendidikan Agama Kristen (S1), Teknik Informatika (S1) dan Teknik Lingkungan (S1).

15. Universitas Setia Budi (USB) Surakarta

Universitas Setia Budi
Universitas Setia Budi

Di Solo, terdapat banyak pilihan perguruan tinggi untuk menempuh pendidikan. Jika kamu mencari kampus dengan nilai akreditasi B, salah satu pilihan yang bisa dipertimbangkan adalah Universitas Sebelas Maret Surakarta (USB). USB telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B. USB menyediakan jenjang pendidikan S1 dan S2 dan memiliki 5 fakultas, yakni Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ekonomi.

16. Universitas Surakarta (UNSA)

UNSA
UNSA

Kampus UNSA menawarkan lima fakultas yang dapat dipilih untuk menempuh pendidikan, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra dan Bahasa, Fakultas Hukum, serta Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Elektro dan Informatika, dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Saat ini, kampus UNSA memiliki peringkat akreditasi C dari BAN-PT.

17. Universitas Aisyiyah Surakarta

Perguruan tinggi ini menawarkan beberapa pilihan program studi yang menarik. Kamu dapat memilih program studi Kebidanan (D3), Keperawatan (D3), Pendidikan Profesi Ners, Ilmu Keperawatan (S1), Fisioterapi (D4), Pendidikan Profesi Bidan, Administrasi Rumah Sakit (S1), Kebidanan (S1), Kewirausahaan (S1), Manajemen Retail (S1), dan Sistem dan Teknologi Informasi (S1). Kampus ini juga telah mendapatkan akreditasi BAN-PT dengan peringkat B, sehingga dapat menjamin kualitas pendidikan yang baik.

18. Stikes Mambaul Ulum Surakarta (STIKESMUS)

STIKESMUS memiliki akreditasi B dari BAN-PT dengan peringkat B. Kampus ini menawarkan empat program studi yaitu Kebidanan (D3), Keperawatan (D3), Farmasi (S1) dan Administrasi Rumah Sakit (S1). Jika kamu ingin mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi kampus yang berlokasi di Jalan Ring Road Utara, Tawangsari, Mojosongo, Jebres.

19. Sekolah Tinggi Teknologi Warga (STTW) Surakarta

Untuk menjalani pendidikan di bidang teknologi, kamu dapat memilih Sekolah Tinggi Teknologi Warga (STTW) yang sebelumnya bernama Akademi Teknologi Warga (ATW). Sekolah Tinggi Teknologi Warga (STTW) Surakarta terakreditasi BAN-PT dengan peringkat C. Di kampus ini, kamu dapat memilih beberapa program studi seperti Teknik Elektronika (D3), Teknik Kimia Tekstil (D3), Teknik Mesin (D3), dan Teknik Mesin (S1). Informasi lebih lanjut tentang kampus ini dapat ditemukan melalui kunjungan ke kampus yang terletak di Solo.

20. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Amikom Surakarta

AMIKOM Solo
AMIKOM Solo

Kampus tersebut memiliki tiga program studi yang dapat kamu pilih, yaitu Informatika/Teknik Informatika (S1), Manajemen Informatika (D3), dan Komputarisasi Akuntansi (D3). Dalam hal akreditasi, kampus ini telah memperoleh akreditasi Baik dari BAN-PT, sehingga kamu dapat memperoleh pendidikan berkualitas di kampus tersebut.

21. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Surakarta

STIE Surakarta adalah salah satu perguruan tinggi di Solo yang telah mendapat akreditasi B dari BAN-PT. Kampus ini menawarkan tiga program studi yang bisa kamu pilih, yaitu Akuntansi dengan jenjang D3 dan S1, serta Manajemen dengan jenjang S1. Jika kamu tertarik untuk mengakses informasi lebih lanjut mengenai kampus ini, kamu bisa langsung datang ke kampus.

22. Politeknik Indonusa Surakarta (Polinus)

Politeknik Indonusa Surakarta (POLINUS)
Politeknik Indonusa Surakarta (POLINUS)

Politeknik Indonusa Surakarta dikenal sebagai kampus vokasi terbaik di Jawa Tengah dengan mempunyai peringkat akreditasi B yang diberikan oleh BAN-PT. Kampus ini menawarkan berbagai program studi seperti Teknologi Otomotif (D3), Sistem Informasi (D3), Komunikasi Massa (D3), Perhotelan (D3), Farmasi (D3), dan Manajemen Informasi Kesehatan (S1 Terapan). Dengan fasilitas dan dukungan dosen yang berkualitas, Polinus siap melahirkan lulusan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mumpuni dalam bidangnya masing-masing. Kamu dapat mendaftar ke Polinus melalui situs resmi kampus atau datang langsung ke kampus.

23. Politeknik Harapan Bangsa Surakarta (Polnas)

Dari informasi yang didapat dari BAN-PT, Polnas memiliki akreditasi dengan peringkat C. Namun, meskipun begitu kampus ini memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dan memadai. Polnas Surakarta menawarkan tiga program studi, yakni Manajemen Informatika (D3), Bahasa Inggris Bisnis (D3), dan Manajemen Informasi Kesehatan (D4). Jika kamu tertarik untuk kuliah di Polnas, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi kampus tersebut atau langsung mengunjungi kampus.

24. Akademi Komunitas Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta

AK Tekstil Solo adalah salah satu perguruan tinggi yang telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat Baik. Akademi Komunitas Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta menawarkan tiga program studi yaitu Teknik Pembuatan Benang, Teknik Pembuatan Kain Tenun, dan Teknik Pembuatan Garmen dengan jenjang D2. Dengan jangka waktu pendidikan selama 4 semester, kamu dapat menyelesaikan pendidikanmu dengan cepat di AK Tekstil Solo.

25. Akademi Pelayaran Nasional (APN) Surakarta

Untuk memilih kampus yang tepat untuk melanjutkan studi, tentu penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor tertentu seperti akreditasi dan program studi yang ditawarkan. Salah satu kampus yang dapat dipertimbangkan adalah APN Surakarta.

Kampus ini memiliki akreditasi B dan menawarkan dua program studi, yaitu Ketatalaksanaan Pelayanan Niaga dan Kepelabuhan (D3) dan Manajemen Logistik (D3). Dengan memiliki fokus pada bidang-bidang tersebut, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk berkarir di industri terkait.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mengambil program studi di APN Surakarta, dapat melakukan pendaftaran melalui website resmi kampus atau mengunjungi langsung kampus yang

Penutup

Demikianlah daftar tempat kuliah di Solo beserta fakultas dan program studinya yang perlu calon mahasiswa ketahui sebelum memilih tempat kuliah. Setiap kampus memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing, sehingga calon mahasiswa harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih kampus yang tepat. Di samping itu, biaya hidup yang terjangkau juga menjadi pertimbangan penting bagi mahasiswa. Dengan memilih kampus yang tepat, calon mahasiswa akan lebih mudah dan optimis menyelesaikan pendidikan tepat waktu dan meraih karir yang sukses di masa depan.

Bagikan:

Tinggalkan komentar