5 Universitas Keperawatan Terbaik di Solo Jawa Tengah 2023 - Belajar Teknologi dan Investasi - DjoNews

5 Universitas Keperawatan Terbaik di Solo Jawa Tengah 2023

  • Bagikan
Universitas Keperawatan Terbaik di Solo Jawa Tengah
Universitas Keperawatan Terbaik di Solo Jawa Tengah

Universitas Keperawatan Terbaik di Solo – Menurut pengamatan, jurusan yang berkaitan dengan kesehatan selalu menjadi pilihan yang populer bagi calon mahasiswa di Indonesia. Terutama jurusan keperawatan, setiap tahunnya terdapat banyak siswa lulusan SMA/sederajat yang bersaing untuk mendapatkan kursi di jurusan ini.

Untuk membuat keputusan yang tepat, penting bagi kamu untuk mengetahui universitas-universitas yang menawarkan jurusan keperawatan di Solo. Dengan memiliki informasi tersebut, kamu dapat mempertimbangkan kemampuanmu dan mengarahkan tujuanmu untuk masa depan yang lebih baik.

Pendidikan Sarjana Keperawatan merupakan program pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana keperawatan yang profesional sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan oleh AIPNI (Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia).

Baca Juga Artikel 9 Universitas Swasta Terbaik Di Solo yang Murah, Calon Mahasiswa Baru 2023 Wajib Tahu

Di sisi lain, Program Profesi NERS adalah tahap akademik yang dilaksanakan setelah menyelesaikan Program Sarjana Keperawatan dengan masa studi selama dua semester. Hal ini bertujuan untuk memberikan pendalaman pengetahuan dan keterampilan dalam praktik keperawatan. Mahasiswa yang telah menyelesaikan Sarjana Keperawatan dan Profesi NERS akan memperoleh gelar S.Kep., Ners.

Dengan menyelesaikan pendidikan di kedua program tersebut, lulusan akan siap dan memenuhi kualifikasi untuk menjadi perawat yang professional dengan kemampuan dan pengetahuan yang memadai dalam memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas.

Baca Juga Artikel Bingung Cara Memilih Jurusan Kuliah? Bigini Tipsnya

Dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim djonews.com, terdapat sepuluh Kampus di Solo, Jawa Tengah, yang menawarkan jurusan Keperawatan terbaik.

Dengan memilih salah satu dari sepuluh kampus tersebut, calon mahasiswa dapat memperoleh pendidikan dan pelatihan yang berkualitas dalam mempersiapkan diri untuk menjadi seorang perawat yang kompeten dan profesional di masa depan.

Universitas Keperawatan Terbaik di Solo

Universitas Keperawatan Terbaik di Solo
Universitas Keperawatan Terbaik di Solo

1. Universitas Duta Bangsa Surakarta (UDB)

Universitas Duta Bangsa (UDB)
Universitas Duta Bangsa (UDB)

Salah satu universitas terbaik di Solo yang menawarkan program studi Keperawatan adalah Universitas Duta Bangsa. Terletak di Kota Surakarta, Jawa Tengah, kampus ini telah diakui karena kualitas pendidikan yang baik dalam jurusan Keperawatan

Lulusan dari program studi Keperawatan di Universitas Duta Bangsa memiliki profil yang beragam seperti Care Provider (Perawat Pelaksana pemberi asuhan pada individu, keluarga dan kelompok khusus di tatanan klinik dan komunitas), Communicator (Interaksi dan Transaksi dengan klien, Keluarga dan Tim Kesehatan), Enterpreneur Kesehatan, Manager Keperawatan, Peneliti.

Di Universitas Duta Bangsa terdapat berbagai macam fasilitas guna mendukung pembelajaran seperti Lab. IGD, Lab. ICU, Lab. Keperawatan Dasar, Lab. Keperawatan Medikal Bedah, Lab. Keperawatan Anak (Sakit), Lab. Keperawatan Anak (Tumbuh & Kembang), Lab. Keperawatan Gerontik, Lab. Keperawatan Komunitas/Komplementer, Post Mortem, Lab. Komputer, Lab. Bahasa, Mini Hospital, Ruang Kuliah ber AC, dan lain-lain.

2. Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta
Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta

Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta merupakan institusi pendidikan yang berasal dari Akademi Keperawatan Depkes Surakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1977 dengan nama Sekolah Perawat Kesehatan (SPK). Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta menyediakan 2 (dua) Program Studi yaitu D-III Keperawatan (A.Md) dan Sarjana Terapan Keperawatan (S.ST). Dalam keperawatan, pelayanan kesehatan didasarkan pada ilmu dan keterampilan keperawatan, dan mampu memberikan layanan pada masyarakat dalam bidang keperawatan medikal bedah, gawat darurat, anak maternitas, jiwa dan komunitas. Jurusan Keperawatan bertujuan untuk menghasilkan Perawat Profesional yang dapat bekerja di dalam dan luar negeri. Dosen di Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta adalah Perawat Profesional yang memiliki kualifikasi pendidikan S2 dari Universitas baik dalam maupun luar negeri.

Jurusan Keperawatan menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap dan modern untuk mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya agar dapat menciptakan lulusan yang siap pakai di dunia kerja. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Jurusan Keperawatan antara lain :

  • Ruang kuliah ber-AC yang nyaman,
  • Laboratorium terpadu,
  • Laboratorium emergency dan critical nursing,
  • Laboratorium medical surgical nursing,
  • Laboratorium maternity nursing,
  • Laboratorium pediatric nursing,
  • Laboratorium community nursing,
  • Laboratorium psychiatric nursing,
  • Laboratorium bahasa,
  • Laboratorium komputer dan internet,
  • Perpustakaan,
  • Hotspot area.

Semua fasilitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas proses pembelajaran, serta mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga keperawatan yang profesional dan berkualitas.

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Pada tahun 1994, Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (SN) didirikan dengan program Diploma Keperawatan. Kemudian, SN mengembangkan Program Sarjana Keperawatan (BN) pada tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 1627/D/T/2003 dan berada di bawah Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Pada tahun 2004, SN bergabung dengan Fakultas Kedokteran setelah surat keputusan bersama Rektor UMS No. 043/I/2004 dikeluarkan. Pada tanggal 19 Juni 2016, SN mendapatkan akreditasi “A” (unggul) untuk Program Studi Sarjana Keperawatan melalui berita acara Rapat Paripurna Badan Akreditasi No. 010/LAM-PTKes/BAAkr/VI/2016. Selain itu, SN juga menjadi center of excellence dan pilot program bagi program studi lain berdasarkan SK FIK UMS No 1627/D/T/2003. UMS menetapkan struktur organisasi SN FIK untuk mengelola keberadaannya.

4. Universitas Sahid Surakarta (USAHID)

Universitas Sahid Surakarta
Universitas Sahid Surakarta

Program Studi Keperawatan di Universitas Sahid Surakarta memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di tingkat nasional, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan keperawatan yang unggul dalam manajemen keperawatan, serta memiliki kemampuan komunikasi terapeutik dan karakter nursepreneurship. Hal ini sejalan dengan visi dan misi program studi tersebut, yaitu menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang unggul dan berjiwa kewirausahaan keperawatan di tingkat nasional.

Lulusan dari program studi keperawatan di Universitas Sahid Surakarta memiliki profil sebagai nerspreneur, yaitu seorang perawat yang memiliki pendidikan tinggi dan mampu mengelola klinik atau usaha yang berkaitan dengan kesehatan. Selain itu, mereka dapat menjadi pelaksana pemberi asuhan keperawatan, memimpin penelitian, memberikan pendidikan, atau menjadi konsultan di institusi, lembaga politik, atau bisnis tertentu. Program Nerspreneurship Keperawatan di Universitas Sahid Surakarta dapat membekali mahasiswa untuk berwirausaha di bidang keperawatan melalui praktik mandiri seperti perawatan luka, mom and baby spa, bekam, atau perawatan komplementer.

5. Universitas Kusuma Husada (UKH)

Universitas Kusuma Husada
Universitas Kusuma Husada

Program Studi Keperawatan Program Diploma Tiga di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta merupakan salah satu program studi yang berkualitas dan terakreditasi. Berdiri sejak tahun 2001 di bawah naungan Yayasan Kusuma Husada Surakarta, Akademi Keperawatan (Akper) telah mendapatkan ijin penyelenggaraan dari Departemen Pendidikan Nasional melalui Surat Keputusan Mendiknas RI No.236 /D/O/2001.

Dengan pendekatan kurikulum yang diterapkan, program Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada Surakarta menghasilkan lulusan perawat vokasional yang kompeten dalam bidang keperawatan. Mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar di kelas, laboratorium, klinik, dan lapangan, dilengkapi dengan fasilitas belajar yang modern dan memadai. Selain itu, lulusan juga akan memiliki sikap dan kemampuan yang diperlukan dalam bidang keperawatan.

Program studi ini memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional di bidang keperawatan, serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam dunia kesehatan. Selain itu, program studi ini juga bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan kesehatan masyarakat melalui penerapan ilmu keperawatan.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang universitas keperawatan terbaik di Solo, Jawa Tengah. Seluruh universitas yang telah dibahas di atas memiliki keunggulan dan fasilitas yang memadai untuk mendukung proses belajar mengajar dan kegiatan lainnya. Dengan program studi yang variatif dan dosen yang berkompeten, para mahasiswa di universitas keperawatan tersebut dapat menjadi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja.

Tidak hanya itu, fasilitas pendidikan yang modern seperti laboratorium terpadu dan perpustakaan yang lengkap juga menjadi faktor penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang keperawatan.

Diharapkan dengan adanya informasi ini dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih universitas keperawatan yang tepat dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih telah membacanya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *