,

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

oleh -
Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi
Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi – Dalam menggambar pasti tentu saja banyak jenisnya seperti gambar ilustrasi, bentuk, ekspresif, dekoratif, dan lain sebagainya.

Setiap Anda membaca seperti buku, majalah, novel, cerita dan lain sebagianya tentu saja Anda sering menemukan gambar-gambar di dalamnya. Gambar inilah yang disebut dengan ilustrasi.

Perlu Anda ketahui bahwa salah satu dari fungsi gambar ilustrasi adalah untuk dapat memperjelas maksud dan makna dari cerita dengan melalui bahasa visual.

Dalam postingan kali ini kami akan membahas menegnai jenis-jenis dari gambar ilustrasi, sebelum ke topik pembahasan Apakah kalian tau apa itu gambar ilustrasi? Berikut penjelasannya

Pengertian Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi adalah gambar yangmana gambar tersebut untuk dapat memperjelas ide cerita atau narasi. Tujuan diberikan gambar ilustrasi adalah untuk dapat memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas, dan memperkaya dari cerita atau narasi yang terkandung di dalam bacaan.

Fungsi dari gambar ilustrasi itu sendiri juga dimanfaatkan untuk dapat membuat hidup sebuah cerita atau narasi. Gambar ilustrasi yang baik tentu saja adalah gambar ilustrasi yang dapat merangsang dan membantu pembaca untuk dapat berimajinasi tentang cerita yang dibacanya.

Gambar ilustrasi sangat membantu para pembaca untuk dapat mengembangkan imajinasi dalam memahami suatu narasi dan akan dapat lebih mudah memahami apa yang terkandung di dalam bacaan tersebut.

Baca Juga :   Teknik Dalam Menggambar Flora, Fauna, Dan Alam Benda

Objek Gambar Ilustrasi

Untuk Objek gambar ilustrasi itu sendiri bisa berupa gambar manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Gambar-gambar tersebut bisa digambarkan berdiri sendiri atau bisa juga menggabungkan dari berbagai macam objek yang berbeda seperti manusia dan hewan, hewan dengan tumbuhan, dan lain sebagainya.

Untuk dapat menggambarkan Objek gambar sebaiknya disesuaikan dengan tema cerita atau narasi yang di buat, karena akan membuat pembaca lebih memahami apa yang terkandung atau isi dari cerita atau narasi yang dibaca.

Penerapan Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi dapat diterapkan dalam bentuk cerita yang bergambar, karikatur, kartun, komik dan ilustrasi karya sastra berupa puisi ataupun sajak. Gambar ilustrasi bisa ada warnanya ataupun cukup dengan hitam putih.

Untuk dapat membuat gambar ilustrasi Anda bisa melakukannya dengan cara manual ataupun juga bisa dengan menggunakan teknologi digital yaitu seperti menggunakan CoralDraw, Photoshop dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Gambar Ilustrasi

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian dari gambar ilustrasi, objek gambar, dan penerapan gambar ilustrasi, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang apa saja jenis-jenis dari gambar ilustrasi.

Gambar ilustrasi dapat diterapkan kedalam bentuk cerita bergambar, kartun, komik, karikatur, dan ilustrasi karya sastra berupa puisi atau sajak. Berikut ini adalah jenis-jenis gambar ilustrasi beserta penjelasannya:

1. Komik

gambar ilustrasi komik
gambar ilustrasi komik

Komik adalah gambar ilustrasi yang terdiri atas rangkaian gambar yang saling melengkapi satu dengan yang lain dan mempunyai alur cerita yang saling bersambung. Bentuk dari komik itu sendiri dapat berupa buku ataupun juga lembaran gambar singkat atau sering disebut comic trip.

Baca Juga :   Pengertian Aliran Seni Lukis Naturalisme

2. Kartun

gambar ilustrasi kartun
gambar ilustrasi kartun

Kartun adalah gambar ilustrasi dengan menampilkan isi cerita berupa humor dan bersifat menghibur yang mempresentasikan suatu kejadian peristiwa.Penampilan gambar kartun bisa Anda lihat dalam warna hitam putih maupun dengan warna.

3. Vignette

gambar ilustrasi vignette
gambar ilustrasi vignette

Vignette adalah gambar ilustrasi yang berbentuk dekoratif yang mempunyai fungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi. Sehingga biasanya vignette ini disisipkan dalam sebuah cerita atau narasi.

4. Karikatur

gambar ilustrasi karikatur
gambar ilustrasi karikatur

Karikatur adalah gambar ilustasi yang menampilkan karakter yang biasannya dalam penggambaran terseubt dilebih-lebihkan, lucu, unik, dan biasanya juga mengandung kritikan dan sindiran. Penggambaran objek dari gambar karikautr bisa diambil dari tokoh manusia maupun hewan. Tidak hanya itu saja, pada zaman sekarang ini biasanya gambar karikatur sering dijadikan sebagai meme.

5. Karya Sastra

gambar ilustrasi karya sastra
gambar ilustrasi karya sastra

Karya Sastra adalah karya yang dapat berupa cerita pendek, puisi, sajak. Dalam karya sastra dibuat dengan gambar ilustrasi dengan bertujuan untuk dapat memikat minat pembaca untuk membaca. Fungsi dari gambar ilustrasi di karya sastra adalah bertujuan untuk dapat memberikan penguatan dan mempertegas isi atau narasi pada materinya dan juga dapat mempermudah oembaca dalam memahaminya.

Teknik Menggambar Ilustrasi Beserta Alat dan Bahannya

Dalam menggambar ilustrasi ada beberapa macam teknik untuk dapat Anda gunakan. Diantaranya yaitu teknik kering dan teknik basah. Apa itu teknik kering dan teknik basah dalam menggambar ilustrasi? Berikut ini penjelasan selengkapnya:

Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Adalah

1. Teknik Kering

Teknik Kering pada saat menggambar ilustrasi adalah suatu teknik yang tidak perlu menggunakan pengencer air atau minyak.

Ilustrasi pada teknik kering ini dibuat langsung pada bidang dua dimensi yaitu berupa kertas gambar yang selanjutnya dibuat sketsa untuk kemudian nantinya diberi aksen garis atau warna yang sesuai dengan media kering yang digunakan. Alat dan Bahan yang digunakan dalam teknik kering ini adalah:

  1. Pensil atau Bolpoin.
  2. Arang
  3. Krayon

2. Teknik Basah

Teknik basah pada saat menggambar ilustrasi pada umumnya menggunakan media yang basah seperti, cat minyak, cat air, tinta, ataupun media yang lain tentu saja yang membutuhkan air atau minyak untuk dapat mengencerkannya.

Gambar Ilustrasi dengan teknik basah ini yaitu dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas atau kanvas terlebih dahulu, selanjutnya berikanlah warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan.

Cara Menggambar Gambar Ilustrasi

Berikut ini adalah beberapa tahapan cara untuk dapat menggambar gambar ilustrasi, tahapan tersebut yaitu:

Tentukanlah tema untuk menggambar terlebih dahulu yang berdasarkan cerita atau narasi.

Tentukanlah jenis dari gambar ilustrasi yang nantinya akan dibuat.

Tentukanlah irama, komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan pada objek gambar.

Tentukanlah sketsa global yang disesuaikan dengan cerita atau narasi.

Tentukanlah arsiran atau warna pada objek gambar sesuai karakter cerita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *