Cara Mengembalikan Tombol Defrost – Kulkas Anda ada bunga es? Tenang ada fitur dari kulkas yangmana dapat menghilangkan bunga es. Fitur ini Bernama deforst. tombol deforst merupakan tombol yang berfungsi untuk menghilangkan bunga es pada kulkas. Cara Mengembalikan Tombol Defrost sangatlah mudah.

Proses defrost merupakan suatu proses pencairan gumpalan-gumpalan es atau bunga es di sekitar evaporator. Proses pencairan pada evaporator ini disebabkan adanya elemen pemanas supaya proses pencairan menjadi lebih cepat. Elemen pemanas pada proses deforst akan dihidupkan sehingga panas yang dihasilkan akan menyebar ke area sekitar evaporator. Sedangkan kinerja kompresor akan dihentikan selama proses defrost.

Evaporator memiliki fungsi untuk menghisap panas dari dalam ruang kulkas kemudian dibuang melalui kondensor yang berada diluar ruang kulkas sehingga di sekitar evaporator banyak terdapat embun.

Dikutip dari Wikipedia Kulkas (serapan dari bahasa Belanda: koelkast), kadang disebut lemari es atau lemari pendingin adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk mendukung proses pengawetan makanan.

Dikutip dari kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) kulkas adalah lemari pendingin (tempat menyimpan makanan supaya tidak cepat busuk dan sebagainya).

Bagaimana cara mengembalikan tombol defrost kulkas atau tombol pencair bunga es?.

Cara Mengembalikan Tombol Defrost

Cara Mengembalikan Tombol Defrost
Cara Mengembalikan Tombol Defrost

Berikut ini adalah cara mengembalikan tombol defrost pada kulkas:

Perhatikan Thermostat

Thermostat pada kulkas
Thermostat pada kulkas

Kulkas yang mempunyai 1 pintu hanya punya 1 pengatur suhu mekanis semi otomatis dengan adanya sensor tunggal berupa kapiler yang ditempelkan pada permukaan evaporator. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua kulkas pintu 1 dilengkapi dengan Thermostat berpencair bunga es (semi auto defrost).

Hal ini disebabkan karena biasanya hanya kulkas dengan ukuran freezer yang lebih besar atau dengan model tertentu saja yang dilengkapi alat itu, dengan menggunakan alat tersebut hasilnya memang jadi lebih praktis karena ketika bunga es yang berada di freezer sudah menjadi sangat tebal maka tinggal di aktifkan atau dinyalakan saja pencair bunga es tersebut yaitu dengan cara menekan tombol Thermostat dan biarkan es mencair.

Hal ini bertujuan membuat arus listrik ke kompresor terputus dan membuatnya mati untuk sementara waktu sampai tiba waktunya Thermostat ini dirancang untuk kembali menghidupkan kompresor setelah semua es yang tidak diperlukan mencair semua.

Thermostat adalah suatu komponen pada kulkas yang mempunyai fungsi sebagai pengatur temperature suhu pada kulkas.

Tombol Thermostat rusak, tidak mau kembali? Mungkin pada tombol thermostat tidak rusak hanya saja macet dan karena Thermostat menganggap suhu di dalam kulkas memang masih berada pada suhu yang telah ditentukan sebelumnya jadi kalau belum kembali itu karena memang belum waktunya.

Bagaimana cara supaya tombol pencair es pada kulkas bisa kembali seperti semula? Cara supaya tombol Thermostat Kembali lagi itu mudah karena hanya dengan memutar tombol luar Thermostat dengan memputar berlawanan arah jarum jam sampai mentok atau sampai tanda titik hitamnya sejajar dengan posisi “off”, lalu setelah tombol nya kembali dan ingin menghidupkan lagi kompresornya tinggal putar secara kebalikannya saja.

Lama Waktu Proses Defrost Pencairan Es Pada Kulkas

Lama Waktu Proses Defrost Pencairan Es Pada Kulkas
Lama Waktu Proses Defrost Pencairan Es Pada Kulkas

Supaya panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas tidak menyebar ke seluruh ruang dalam kulkas, maka kipas pada evaporator harus dihentikan. Hal ini bertujuan supaya panas yang dihasilkan tidak dialirkan ke seluruh ruang. Karena jika panas ini dialirkan, maka bahan-bahan makanan ataupun yang lainnya yang berada di dalam kulkas akan meningkat suhunya, hal ini menyebabkan kesegaran dan keawetan dari bahan makanan akan berkurang bahkah bisa rusak.

Proses defrost memerlukan waktu yang cukup lama sehingga seluruh gumpalan es pada evaporator bisa cair dengan sempurna. Proses yang ada dalam defrost ini diatur oleh komponen bernama Defrost Timer. Lama waktu dalam proses defrost ini sudah ditentukan oleh pembuatnya (pabriknya), sehingga kita tidak bisa merubahnya. Kecuali pada sistem freezer yang besar dengan menggunakan Defrost Timer yang bisa Anda atur lama waktu proses dan siklus defrostnya. Sedangkan pada sistem kulkas, baik itu waktu siklus defrost dan lama proses defrost tidak bisa diubah.

Lantas berapa lama waktu proses defrost dalam pencairan es? Lama waktu proses defrost ini membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 20 menit. Hal ini bisa Anda lihat dari keterangan yang terdapat pada Defrost Timer. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar Defrost Timer di bawah ini.

Defrost Timer
Defrost Timer

Pada gambar Defrost Timer menunjukan keterangan 6H 21m. Apa artinya? Berikut penjelasannya.

6H mempunyai arti waktu yang diperlukan dalam satu kali siklus defrost. Jadi bisa disimpukan bahwa jika proses defrost pada kulkas sudah selesai, maka proses defrost berikutnya akan dimulai lagi dalam waktu 14 jam.

21m mempunyai arti waktu yang diperlukan selama proses defrost berlangsung. Jadi bisa disimpukan bahwa jika sudah saatnya tiba untuk waktu defrost, maka proses defrost itu akan berlangsung selama 21 menit.

Waktu yang diperlukan dalam proses defrost tersebut merupakan waktu minimal atau waktu yang tercepat. Pada realitanya, proses defrost bisa berlangsung lebih dari 21 menit, hal ini tergantung dari banyaknya gumpalan es yang terletak pada evaporator. Sebab proses defrost juga dikendalikan oleh sebuah sensor suhu yang beranama defrost Thermostat yang terdapat pada evaporator.

Meskipun waktu defrost membutuhkan waktu 21 menit sudah selesai akan tetapi suhu di evaporator masih rendah, maka proses defrost masih berlangsung. Suhu rendah ini berasal dari sisa bunga es yang terletak di evaporator. Meskipun waktu defrost sudah selesai akan tetapi proses defrost masih berlanjut, dapat dipastikan bahwa gumpalan es pada evaporator belum cair secara dengan sempurna.

Demikian artikel kami yang membahas mengenai cara mengembalikan tombol defrost, semoga artikel ini dapat memudahkan Anda dalam mengembalikan tombol defrost.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar