Weekend Di Dusun Semilir

oleh -
Sungguh indah bangunan yang berkonsep ramah lingkungan yang berada di Bawen - Ungaran.
Sungguh indah bangunan yang berkonsep ramah lingkungan yang berada di Bawen - Ungaran.

Djonews.id – Tempat yang memukau lewat gaya bangunan berdesain unik. Bahkan saking uniknya, mata kita akan langsung dibuat terpaku ketika melintasi Dusun Semilir yang berlokasi di Jalan Soekarno Hatta, Bawen.

Dusun ini mempunyai luas tanah sekitar 14 hektare dengan konsep yang unik, mengusung konsep ecopark. Terlihat dari bangunan yang semua berbahan baku rotan, bambu, hingga kayu. Sesuai namanya, Dusun Semilir artinya desa yang sejuk.

Pedesaan yang alami dipadu dengan seni instalasi modern maupun art futuristik layaknya peradaban modern yang menyatu dengan alam sekitar. Cocok sekali untuk menikmati kopi panas dengan pemandangan dari atas.

Selesai memarkirkan kendaraan mata akan dimanjakan dengan keindahan tujuh stupa yang mengelilingi membentuk setengah lingkaran. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan menjadi alasan tepat untuk berkunjung ke sini.

Baca Juga :   Mengejar Kilau Senja Karang Jahe

“Untuk pengunjung baru harus memiliki kartu. Kartu ini seperti ATM sehingga harus diisi untuk membayar tiket masuk, membeli makanan, dan oleh-oleh. Tiket masuk satu orangnya Rp 5 ribu dan minimal top up Rp 50 ribu. Kartu bisa dimiliki perorangan atau rombongan,” jelas salah satu petugas tiket Risa.

Setelah memiliki tiket pengunjung masuk, tepat ditengah berdekatan dengan loby ada pohon besar yang menjulang tinggi. Informasi yang koran ini dapat pohon tersebut didatangkan langsung dari Sidoarjo. Dari pohon besar tersebut disisi kanan kiri pengunjung akan disuguhkan warisan Indonesia.

“Kami sediakan oleh-oleh dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga kita kasih nama Warisan Indonesia. Ada dari Semarang sendiri, Solo, Jogja, Kalimantan hingga Sumatra kami sediakan tetapi karena memang kami belum grand opening masih banyak etalase yang kosong,” tambahnya.

Baca Juga :   Surga di Balik Hutan Pinus Silurah

Rute menuju food court, dibuat berbeda pengunjung melewati layaknya kurungan ayam dari bambu dengan lantai dari kayu. Lengkap dengan berbagai santapan yang ditawarkan, karena udara yang sejuk mendekati dingin rasa lapar pasti menghampiri. “Untuk sekelas wisata alam ini sangat menarik apalagi di Jawa Tengah baru ini, saya dari Surabaya memang sengaja mau wisata kesini karena diinstagram Dusun Semilir sudah ramai, padahal belum jadi semuanya, nantinya ada tempat penginapan, spot foto air tadi dipapan informasinya. Konsep menyatu dengan alamnya dapat sekali. Tiket masuk juga murah, makanan yang dijual berbagai nusantara,” cerita salah satu pengunjung Annisa Laksa.(vv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *