Waspada Penggunaan Merkuri di Kosmetik

oleh

Semarang – Tim dosen dari Akademi Farmasi (AKFAR) Universitas 17 Agustus 1945 melakukan sosialisasi kepada ibu-ibu tim penggerak PKK atau Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga yang diselenggarakan di Kelurahan Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang.

Dalam sesi sosialisasi, Dosen Akfar Untag Semarang, Eny Hastuti mengatakan masyarakat harus mengetahui berbagai jenis kosmetik pemutih kulit yang aman dan tidak berdampak negatif kepada tubuh.

“Jangan sembarangan dalam menggunakan kosmetik pemutih, cari yang benar-benar aman,” ujar Eny, Rabu (06/01/2021).

Untuk itu, dirinya menghimbau  produk krim pemutih yang aman harus bebas dari bahan kimia seperti bebas merkuri dan bebas hidrokinon sesuai dengan Permenkes RI Nomo 445/MENKES/PER/V/1998 yang mengatur tentang penggunaan merkuri.

“Krim-krim pemutih yang berbahaya pasti sudah tidak masuk dalam daftar BPOM, cek kebenaran kosmetiknya di situs resmi BPOM kalau produk tersebut mencantumkan nomor registrasinya,” tambahnya. Dirinya berharap agar Ibu-ibu PKK dari Kelurahan Bongsari tersebut bisa menjadi penghubung ke masyarakat dengan memberikan edukasi bahayanya penggunaan merkuri di kosmetik.afm

Baca Juga:  Latih Pelatih, Untuk Hadapi Porprov Jateng 2022