Wajib Tahu! 5 Tanaman Air Bersihkan Kolam

oleh

Kamu dapat menjadikan tanaman air sebagai pembersih alami bagi air di kolam rumahmu, kolam ikan yang dihadirkan sebagai pelengkap taman akan nampak indah saat air yang terkandung juga terawat dengan baik.

Bagi beberapa orang, memiliki kolam ikan di rumah merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Suara gemercik yang menjadikan suasana bak di alam asri, begitu menyejukkan telinga.

Ada juga yang lebih suka akan koleksi ikan yang dimiliki sedang berenang dengan lincah. Bentuk apapun itu, suasana segar yang dihadirkan karena kolam perlu juga untuk diperhatikan. Kesejukan bisa jadi akan pudar bahkan berkurang hanya karena air yang tak terawat.

Maka kamu perlu untuk melakukan perawatan kolam secara rutin agar air yang ada tidak keruh dan ikan yang ada tidak mudah terserang penyakit. Dengan air yang bersih dan terawat maka ikan akan sehat dan kolam akan terkesan sejuk dan indah dipandangan.

Tapi, apakah kamu tahu? Ternyata ada 5 tanaman air yang bisa membantu kamu untuk memelihara kebersihan kolam ikan. Mari simak bahasan DjoNews.com, berikut ini:

1. Cyperus Papyrus

Wajib Tahu! 5 Tanaman Air Bersihkan Kolam papyrus

Cyperus Papyrus biasa menjadi tempat berteduh ikan-ikan. Tanaman air ini memiliki batang berbentuk segitiga dengan ketinggian bisa mencapai 1 meter bahkan lebih.

Tanaman ini berwarna hijau di seluruh bagian, tumbeh berkelompok dan berdaun lebat, sehingga bisa menajdi tempat berteduh ikan-ikan yang ada di kolam milikmu.

2. Bambu Air

Wajib Tahu! 5 Tanaman Air Bersihkan Kolam bambu air

Sesuai dengan namanya, bila biasanya bambu berada diatas tanah maka beda halnya dengan tanaman yang satu ini, karena bambu jenis ini termasuk tanaman yang dapat bertahan dalam air.

Ciri fisiknya seperti bambu pada umumnya, hanya saja terdapat perbedaan ukurannya yang terbilang kecil.

Tanaman air ini hanya mempunyai tinggi kisaran 25 cm hingga 100 cm, dengan diameternya yang tak lebih dari 3 cm saja.

3. Ganggang Rantai

Wajib Tahu! 5 Tanaman Air Bersihkan Kolam ganggang air

Tanaman air berikutnya yang dapat kamu andalkan dalam membersihkan air kolam adalah ganggang rantai. Tanaman ini bersifat oksigenasi, atau lebih mudahnya tanaman yang meningkatkan kadar oksigen dalam air sehingga menjaga kejernihan dan kesehatan ikan dikarenakan suplai oksegen yang tercukupi.

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kerugian Penggunaan Smartphone Bagi Anak

Selain itu, satu tandan ganggang rantai dapat bekerja secara efektif untuk tiap 3 meter persegi kolam air berisi ikan. Fungsi lain dari tanaman air ini juga untuk menjaga kebersihan air dan tempat berlindung bagi anakan ikan yang masih rentan.

4. Kala Lili

Wajib Tahu! 5 Tanaman Air Bersihkan Kolam

Tanaman air yang tak hanya membuat kolam ikan jadi lebih bersih dan terawat, namun juga memperindah tampilan kolam itu sendiri.

Pasalnya, Kala Lili merupakan tanaman bunga yang patut disandingkan dengan bunga-bunga di daratan. Kala Lili (Zantedeschia Aethiopica) merupakan jenis tanaman berwarna putih bersih dan bentuknya yang menyerupai trompet.

Kala Lili juga mempunyai aroma lembut yang dapat membantumu dalam menikmati waktu bersantai di pinggir kolam sehingga terasa lebih menyejukkan.

5. Pisang Air

Wajib Tahu! 5 Tanaman Air Bersihkan Kolam

Tanaman air yang bisa juga kamu andalkan dalam membantu kamu merawat air kolam adalah pisang air. Sesuai dengan nama yang disandangnya, tanaman ini mempunyai bentuk yang serupa dengan pisang sebenarnya, hanya saja tanaman ini berukuran lebih kecil.

Tanaman pisang air ini memiliki daun yang bergelombang dengan panjang 1,5 meter dan dapat tumbuh hingga 4 meter.

Baca Juga:  Tips Olahraga Buat Orang Sibuk

Pisang air ini juga biasa disebut dengan nama latin typhonodorum lindyeyanum, sangat cocok untuk menghiasi kolam ikan besar yang ada di rumahmu dan ternyata juga dapat menjaga suhu air kolam agar tetap stabil meski disaat siang yang terik.

Kesimpulan: 5 Tanaman air bersihkan kolam

Itulah 5 tanaman air yang bisa membantumu dalam menjaga kebersihan kolam ikan di rumah. Kuras dan bersihkanlah kolam ikanmu setiap 2 atau 3 bulan sekali!

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan teman-teman yang sejiwa denganmu!