Wajib Tahu! 5 Peran Ayah bagi Anak Perempuan

2 min read

Wajib Tahu! 5 Peran Ayah bagi Anak Perempuan

Tidak hanya ibu saja yang memiliki peran penting dalam mendidik anak-anaknya, ternyata peran ayah bagi anak perempuan juga sangatlah berarti dalam hidup anak itu sendiri. Namun, baik ibu maupun ayah tentu berharap yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Yang sering terlupakan ialah peran seorang ayah yang ternyata tidak kalah penting dibanding peran ibu dari anak-anak itu sendiri. Ayah merupakan sosok pemimpin dalam keluarga yang setiap harinya akan mencari nafkah demi menghidupi anggota keluarga.

Baca Juga;

Demi menyanggupi kebutuhan keluarga, hal ini yang kerap kali menjadikan ayah kurang dekat terhadap anaknya dibandingkan figur seorang ibu yang banyak waktunya tercurah untuk si buah hati.

Utamanya anak perempuan, akan lebih mempunyai gap (jarak) dengan ayahnya karena perbedaan gender. Padahal kenyataannya, peran ayah bagi anak perempuan sangatlah penting.

Lalu, apa saja alasannya ya? Mari simak 5 peran ayah bagi anak perempuan yang DjoNews rangkum dari beberapa sumber berikut ini:

Ini dia 5 Peran Ayah bagi Anak Perempuan

Wajib Tahu! 5 Peran Ayah bagi Anak Perempuan

1. Mengenalkan Bentuk Cinta

Cinta pertama seorang anak perempuan ialah ayahnya, kata dari sebuah pepatah. Hal ini disebabkan, saat kelahiran anak perempuan sesosok ayahlah yang menyambut dan menjaganya dengan sepenuh hati.

Baca Juga:  10 Kejadian yang Akan Anda Rindukan Ketika Anak Sudah Besar

Saat anak mulai tumbuh dan terus berkembang, anak perempuan akan mengenal bagaimana sebuah cinta yang tulus datang dan tanpa syarat yang mutlak dari figur sang ayah.

Dengan demikian, saat buah hati telah menginjak usia dewasa dan tentunya akan merasakan manisnya jatuh cinta, ia akan mampu memilah dan berusahan mendapatkan cinta sejati yang tulus dan tanpa syarat seperti yang telah diberikan oleh ayahnya dulu.

2. Belajar Menghargai Waktu

Meski pada umumnya anak akan lebih banyak menghabiskan waktu bersama dengan ibunya, karena sang ayah yang harus bekerja demi memenuhi kebutuhan.

Namun, sosok ayah yang selalu menyempatkan waktu luangnya demi anak untuk bersama dibandingkan untuk beristirahat akan memberikan pelajaran nyata yang tak ternilai harganya. Inilah peran ayah bagi anak perempuan dalam aspek menghargai waktu.

Dari sisi anak sendiri, ia akan belajar bagaimana cara menghargai waktu serta menyadari akan keberhargaan waktu yang ada, apalagi stimulus ini dilaksanakan oleh figur seorang ayah. Dengan begitu, saat anak menginjak usia dewasa ia akan mampu dalam mengelola waktu dengan baik.

3. Sosok Pelindung bagi Anak

Sebagai seorang kepala dalam keluarga, ayah juga menjadi sesosok pelindung yang tentunya akan melindungi seluruh anggota keluarga, baik itu ibu maupun anak-anaknya.

Baca Juga:  Tips Mendidik Anak Introvert Sejak Dini

Peran ayah bagi anak perempuan juga tak hanya perlindungan berupa fisik semata, namun juga perlindungan berupa materi maupun emosional.

Saat ia lahir, sudah pasti ia tidak mengetahui bahaya dan kerasnya dunia. Peran ayah yang hadir disaat ini yang akan memastikan bahwa anak akan selalu merasakan kenyamanan dan keamanan.

Begitu pun saat anak mulai beranjak menuju ke kedewasaan, jangan sampai kamu terkejut akan perlakuan ayah bagi anak perempuannya.

Hal seperti banyaknya bentuk kekerasan, pelecehan bahkan ketidak-adilan gender yang membuat ayah tentunya tidak akan tinggal diam demi menjaga putri tercintanya.

4. Mengajarkan Nilai Kehidupan

Ibu maupun ayah tentu akan mengajarkan berbagai bentuk nilai kehidupan bagi anak-anak mereka. Namun tahukah kamu? Ternyata figur seorang ayahlah yang lebih dominan dalam mengajarkan hal-hal yang membantu anak dalam mencapai kesuksesan.

Hal ini akan terpancar jelas bahwa peran ayah bagi anak perempuan lebih banyak terlibat dalam mempersiapkan pendidikan sang anak itu sendiri maupun juga cita-cita dan karirnya di masa yang akan datang.

Father Involvement Research Alliance menyebutkan bahwa, anak perempuan yang dekat dengan sang ayah akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Hal ini yang di kemudian hari dapat memberikan dampak bagi anak dalam meraih pendidikan yang tinggi dan sukses terhadap karirnya.

Baca Juga:  5 Cara Membangun Kebiasaan Anak Makan Sehat

5. Jadi Sosok Lelaki Sejati saat Anak Perempuan Dewasa

Meski usia anak yang masih dini, perlu kamu ketahui bahwa saat anak perempuan beranjak menuju usia dewasa ia akan berusaha secara sadar maupun tidak untuk menemukan sesosok lelaki yang akan menemani jalan hidupnya nanti.

Tumbuh dengan cinta dari sang ayah tentu akan membuat anak mengharapkan sosok lelaki yang tak jauh berbeda dengan ayahnya untuk menjadi teman hidup.

Tak hanya itu saja, Lho. Kelak anak perempuan yang telah dewasa akan memiliki keinginan yang serupa dengan ibu dan ayahnya, yaitu memiliki suami yang bisa menjadi sosok ayah yang baik bagi anak mereka.

Oleh karena itu hal itulah, ayah akan menjadi pedoman bagi anak perempuannya dalam menentukan sosok lelaki sejati, suami dan ayah bagi anak-anaknya nanti.

Kesimpulan: Wajib Tahu! 5 Peran Ayah bagi Anak Perempuan

Ternyata peran seorang ayah juga mendapatkan plot yang besar dan penting bagi kehidupan anak perempuannya nanti dikemudian hari.

Perlu pembiasaan dan sedikit paksaan atas kehendak diri akan hal ini. Kamu perlu melatih sedikit demi sedikit agar bisa menjadi figur ayah yang baik bagi anak.

Okelah kalau begitu, sebelum menyelesaikan bacaan kali ini. Kamu bisa membagikan artikel ini bila terasa memiliki manfaat. akhir kata, semoga bermanfaat!

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *