Unwahas Beri Beasiswa Kepada 1.900 Mahasiswa

oleh

Semarang – Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Semarang berhasil memfasilitasi 1.900-an lebih mahasiswa untuk meraih beasiswa pendidikan pada tahun 2020. Beasiswa itu diperoleh dari berbagai sumber baik pemerintah melalui kementerian terkait, BUMN, pihak swasta, hingga internal kampus.

Rektor Unwahas Prof Dr Mahmutarom HR, mengatakan bahwa beasiswa itu merupakan salah satu sektor penting di bidang kesejahteraan mahasiswa dari enam bidang pembinaan kemahasiswaan. Beasiswa itu ada dari KIP Kuliah berasal dari Kementerian pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama sebanyak 248 mahasiswa.

Beasiswa bidik misi on going sebanyak 634 mahasiswa. Beasiswa Bantuan Uang Kuliah Tetap (UKT) ada 656 mahasiswa. Beasiswa prestasi atlet berprestasi Kemendikbud ada 15 orang. Beasiswa dari Pemerintah Kota Semarang dan banyak lagi.

“Kami juga diberi beasiswa dari Kementerian Agama total ada 17 guru yang meraih beasiswa Pascasarjana pada 2019. Ada juga beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng sebanyak 30 mahasiswa”kata Prof Mahmutatom.

Wakil Rektor II Unwahas Zain Yusuf, menambahkan ad juga beasiswa dari BRI, yang menerima ada 15 mahasiswa. Sedangkan dari pihak swasta, enam orang mahasiwa yang menerima beasiswa dari PT Kompas Media Nusantara. Penerima juga berasal dari berbagai propinsi yang menempuh studi di beberapa program studi yang tersedia. Seleksi program beasiswa ini juga berlangsung ketat.

Baca Juga:  ASN Diminta Netral Pada Pilwakot Mendatang

“Tentu program beasiswa ini sangat tepat dan menjamin kelangsungan studi di masa pandemi. Jadi berdampak tidak ada mahasiswa yang harus terhenti kuliah karena alasan biaya,”imbuhnya.

Ketua Umum Yayasan Wahid Hasyim Semarang, Prof Dr Noor Achmad, mengaku menaruh perhatian besar dan terus berupaya memperbesar jumlah penerima beasiswa baik dari internal maupun eksternal demi kesejahteraan mahasiswa. Ia mengatakan, beasiswa itu diberikan kepada para hafiz, siswa dan mahasiswa berprestasi akademik, olah raga dan seni serta beberapa jalur seleksi dan kerjasama lainnya.

“Tujuannya, selain dimaksudkan agar mewarnai kampus Aswaja dengan al Qur’an, beasiswa ini diberikan sebagai apresiasi dan agar para penghafal al Qur’an memperoleh kesempatan meraih pendidikan tinggi yang berguna bagi karier dan kehidupan mereka,”jelasnya.*