3+ Unsur Utama Tari Dalam Pergelaran Seni Tari

3 min read

Unsur Utama Tari

Unsur utama tari – Manusia adalah makhluk sosial yang senang dengan sesuatu yang indah dan harmonis. Keindahan tersebut bisa berupa berbagai macam hal, seperti kesenian, kebudayaan, dan lain sebagainya.

Salah satu karya seni yang dapat menggambarkan keindahan adalah kesenian tari. Terdapat berbagai macam fungsi seni tari seperti menjadikan tarian sebagai sarana untuk dapat berkomunikasi dengan sang pencipta dalam rutial keagamaan, seperti halnya tari yang dipentaskan dalam upacara keagamaan masyarakat Bali yaitu tari kecak dan sanghyang.

Baca Juga;

Fungsi tari juga digunakan sebagai sarana untuk dapat bergaul dan juga mengakrabkan diri dengan orang lain. Misalnya saja tari jaipong, yangmana tari tersebut di izinkan penonton untuk dapat menari bersama di atas panggung bersama dengan penarinya.

Fungsi dari tari juga digunakan sebagai pertujukan dan hiburan, mengingat karena manusia senang dengan keindahan dan keharmonisan, oleh karena itu dalam penerapannya seni tari sangat cocok untuk dinikmati.

Dalam penyajian seni tari terdapat beberapa macam unsur utama di dalamnya. Unsur-unsur utama ini menjadi satu-kesatuan yang tidak dapat lagi dipisahkan.

Dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai unsur utama tari. Sebelum kepokok pembahasan kita akan membahas terlebih dahulu pengertian seni tari.

Pengertian Seni Tari

Pengertian Seni Tari
Pengertian Seni Tari

Seni tari adalah sebuah gerakan yang mempunyai irama dalam gerakannya yang di padukan dengan irama, rasa dan raga. Biasanya seni tari ini dilaksanakan pada suatu tempat dan waktu tertentu.

Baca Juga:  Pengertian Aliran Seni Lukis Surealisme Dalam Karya Seni Lukis

Penari dengan alunan musik akan bergerak sesuai dengan alunan nada irama musik yang mengiringi tarinya. Hal inilah yang menjadikan tarian semakin hidup dan penuh dengan ekspresif nan indah.

Gerakan pada seni tari itu sendiri untuk mengekspresikan perasaan atau untuk menyampaikan pesan. Gerakan pada seni tari juga mengandung nilai filosofis di setiap gerakannya.

Selain pengertian secara umum diatas mengenai seni tari, terdapat juga pengertian menurut pendapat oleh para ahli. berikut penjelasannya.

Dikutip dari wikipedia, pengertian tari adalah gerak tubuh yang secara berirama senada dengan alunan musik yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian tari adalah gerakan badan (tangan dan sebagainya) yang berirama, biasanya diiringi bunyi-bunyian (musik, gamelan, dan sebagainya).

Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli

Pengertian seni tari menurut para ahli
Pengertian seni tari menurut para ahli

1. Soedarsono

Menurut pendapat Soedarsono, seni tari adalah sebuah ungkapan jiwa yang diekpresikan melalui gerakan tubuh yang ritmis dan estetis. Menurut pendapat beliau bahwa ekspresi jiwa ini bisa berupa luapan antara rasa dan emosi yang diiringi dengan kehendak dari dalam diri.

2. Bagong Sudito

Menurut pendapat bagong sudito, eni tari merupakan alat untuk mengekspresikan jiwa manusia.

3. M.A Theodora Retno Maruh

Menurut Theodora Retno Maruh, seni tari sebagai sebuah karya seni gerak yang sifatnya tidak akan pernah menjadi kontemporer.

4. Aristoteles

Menurut Aristoles, seni tari adalah wujud luapan perasaan manusia yang dituangkan dalam gerakan ritmis untuk dapat memvisualisasikan karakter yang ingin dimunculkan.

Masih banyak lagi pendapat para seniman tentang seni tari itu sendiri. Selanjutnya kita akan membahas mengenai Unsur utama dalam seni tari.

Baca Juga:  Perbedaan Teknik Aquarel Dan Plakat

Unsur Utama Tari

Unsur Utama Seni Tari
Unsur Utama Seni Tari

Seni tari selain memiliki unsur pendukung juga memiliki unsur utama tari. Berikut ini adalah unsur utama tari adalah sebagai berikut ini:

1. Wiraga (Raga)

Wiraga Seni Tari
Wiraga Seni Tari

Unsur pertama dan utama dalam seni tari adalah wiraga atau raga, karena suatu tarian haruslah bisa memperlihatkan gerakan badan dalam posisi bagaimanapun, seperti dalam posisi duduk maupun berdiri.

2. Wirama (Irama)

Wirama Seni Tari
Wirama Seni Tari

Unsur kedua yang utama dalam seni tari adalah irama, karena pasalnya setiap tarian harus mempunyai irama yang tentu saja bisa menyatukan musik pengiring dengan gerakan penari. Dalam penggunaan irama seni tari haruslah mempunyai alunan musik baik itu dari irama maupun temponya.

3. Wirasa (Rasa)

Wirasa Seni Tari
Wirasa Seni Tari

Unsur yang ketiga adalah wirasa. Selain wiraga dan wirama, unsur ketiga ini yaitu wirasa yangmana penari haruslah mampu untuk menyampaikan sebuah perasaan yang berada dalam jiwa seseorang. Penyampaian perasaan inilah yang disampikan lewat gerakan dari penari.

Selanjutnya setelah kita membahas unsur utama tari, kita akan membahas kepokok pembahasan yaitu mengenai unsur pendukung seni tari. Berikut penjealsannya.

Unsur Pendukung Tari

Unsur Pendukung tari
Unsur Pendukung tari

Seni tari juga mempunyai unsur pendukung yangmana berfungsi untuk dapat memaksimalkan dalam pengekspresian gerakan tari. Berikut ini adalah unsur pendukung tari.

1. Ragam Gerak

Ragam Gerak Seni Tari
Ragam Gerak Seni Tari

Seni tari tentu saja akan terlihat lebih indah untuk dinikmati gerakannya jika mampu untuk mengolaborasikan atau mengkombinasikan gerakan tubuh baik itu gerakan kaki, tangan, lenggak-lenggok dari penari, ekspresi wajah bahkan lirikan dari pandangan, gerakan kepala dan lain sebagainya.

2. Ragam Iringan Musik

Ragam Iringan Musik Seni Tari
Ragam Iringan Musik Seni Tari

Ketika suatu tarian di iringi dengan alunan musik tertentu, tentu saja tarian yang dibawakan oleh penari tersebut akan menjadi lebih indah untuk dinikmati, baik itu dari gerakannya, suaranya, maupun ekspresi yang di ungkapkan oleh penari.

Baca Juga:  5+ Motif Ragam Hias Dalam Karya Seni Rupa

Iringan alunan musik tidaklah harus berasal dari alunan musik yang merdu atau yang menghentak, akan tetapi bisa juga dengan suara hentakan kaki, tepuk tangan, ataupun kostum yang ada alat musik kecil seperti lonceng dan lain sebagainya.

3. Kostum / Tatabusana

Kostum Seni Tari
Kostum Seni Tari

Penggunaan dari kostum ketika menari merupakan suatu nilai tambah tersendiri karena penari mempertunjukan tariannya dengan menggunakan kostum yang sesuai dengan tari yang dibawakan. Dalam penggunaannya busana dalam menari haruslah nyaman digunakan tidak mengganggu gerakan penari, enak untuk di pandang.

Penggunaan dari kostum sendiri merupakan keharusan karena pada dasarnya suatu tarian dapat dapat dikatakan sempurna jika semua unsur dalam tari itu lengkap.

4. Tata Rias

Tata Rias Seni Tari
Tata Rias Seni Tari

Penggunaan tata rias yang tepat juga merupakan nilai tambah tersendiri untuk penari. Pada dasarnya tata risa sendiri bukanlah sesuatu yang asing bagi semua kalangan, terkhusus kaum wanita sebab tata rias merupakan sesuatu yang mendukung agar penampilan dapat dilihat dengan cantik.

Tata rias dalam tari merupakan sesuatu yang sangatlah diperlukan supaya penonton dapat menikmati dengan puas tarian yang dibawakan oleh penari.

5. Blocking / Tata Lantai

Tata Lantai Seni Tari
Tata Lantai Seni Tari

Penggunaan dari Blocking atau biasa disebut dengan tata lantai merupakan sesuatu yang diperlukan, hal ini dikarenakan supaya penari tidak fokus pada tengah panggung saja, akan tetapi penari juga dapat menjangkau seluruh wilayah panggung karena bisa membuat daya tarik tersendiri.

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai unsur utama tari, semoga informasi ini dapat memudahkan Kalian untuk dapat belajar dalam seni tari, semoga bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *