Ubah Tanaman Mangrove Jadi Hand Sanitizer Alami

oleh -
Tim dari IDBU Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

Semarang – Dalam era pandemi seperti ini membuat Tim dari IDBU Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (Undip), Semarang membuat terobosan dengan memanfaatkan daun mangrove sebagai produk sanitasi seperti disinfektan, handsanitizer, dan sabun cair maupun padat

BACA JUGA

Ketua Tim IBDU Undip, Dr Suryanti, akan terus mendorong timnya untuk membuat produk-produk sanitasi agar berkembang serta bisa ditiru oleh masyarakat.

 “Produk sanitasi  di pasaran sudah sangat beragam, namun kami mencoba berinovasi memanfaatkan  mangrove yang memiliki kelebihan mengandung zat aktif alamiah saponin dan tannin sebagai zat alkohol alami anti bacterial,”kata Dr. Suryanti, Rabu (18/11/2020).

Pihaknya menambahkan bila tanaman mangrove tersebut bisa didapat di daerah pesisir Mangunharjo. Disamping itu pembuatan hand sanitizer tersebut mampu mendongkrak ekonomi warga sekitar.

“Selama ini mangrove sudah sering dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk bahan makanan seperti kerupuk mangrove, jajanan pasar dan sirup. Tapi pemanfaatan sebagai produk sanitasi, baru dikembangkan pertama kali disini,”imbuh Ketua kelompok Mangrove Lestari, Sururi.

Sementara itu,Lurah Mangunharjo Sugiarti, sangat mengapresiasi program-program yang diaplikasikan kepada masyarakat sebab dapat membantu perekonomian dan dapat memproduksi secara massal produk yang telah dibuat oleh tim IDBU tersebut.kuh

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *