Kode Lokasi TV Digital Indonesia: Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang TV Digital Indonesia - Belajar Teknologi dan Investasi - DjoNews

Kode Lokasi TV Digital Indonesia: Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang TV Digital Indonesia

  • Bagikan
TV Digital Indonesia
TV Digital Indonesia

Kode lokasi TV digital Indonesia wajib diketahui oleh setiap orang agar bisa mengakses TV digital dengan mudah. Pasalnya Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) memberi tahu bahwa ada peralihan dari penggunaan TV analog ke TV digital. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sistem penyiaran, baik pada gambar maupun audio yang lebih berkualitas dan jelas nantinya.

Bukan hanya itu, adanya peralihan TV analog ke TV digital sendiri untuk penataan sistem komunikasi kebencanaan dengan tujuan memastikan kelancaran serta akurasi informasi kebencanaan. Pasalnya kelancaran komunikasi saat adanya bencana terbukti bisa menyelamatkan nyawa serta mengurangi jumlah korban, contohnya pada bencana tsunami di Jepang.

Baca Juga Artikel Cara Memperbaiki TV Tidak Ada Suara

Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan fitur Early Warning System yang tertanam pada perangkat siaran TV digital serta sistem komunikasinya. Saat ini fitur Early Warning System sendiri sedang berada dalam tahapan persiapan, sesuai dengan tahapan peralihan sistem analog ke TV digital yang berlaku secara nasional dan ditargetkan bisa berjalan lancar pada 2 November 2022.

Apa itu TV Digital? Dikutip dari wikipedia tv digital adalah jenis televisi yang menggunakan modulasi digital dan sistem kompresi untuk menyiarkan sinyal gambar, suara, dan data ke pesawat televisi.

Kode Lokasi TV Digital Indonesia

Kode Lokasi TV Digital Indonesia
Kode Lokasi TV Digital Indonesia

Untuk bisa mengikuti peralihan penggunaan TV analog TV digital, maka dibutuhkan kode lokasi TV digital Indonesia. Pasalnya saat fitur early warning system ini berada pada set top box atau televisi digital, maka terdapat hal yang harus diisi, salah satunya kode pos.

Baca Juga Artikel Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Penjelasan Lengkap.

Kode pos menjadi kode lokasi TV digital Indonesia yang dibutuhkan untuk mengetahui keberadaan perangkat, sehingga ketika terjadi bencana maka tidak semua masyarakat bisa menerima informasinya dan cukup masyarakat yang berkaitan atau terkena dampak dari bencana yang ditimbulkan saja yang bisa dapat informasi.

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital

Cara Mendapatkan Siaran TV Digital
Cara Mendapatkan Siaran TV Digital

Selain mengetahui kode lokasi TV digital Indonesia, Anda juga perlu mengetahui cara mendapatkan siaran TV digital salah satunya dengan memastikan bahwa di daerah Anda sudah terdapat siaran televisi digital.

Selain itu, masyarakat juga membutuhkan antena rumah biasa, baik antena dalam rumah atau indoor maupun antena UHF atau antena luar rumah. Anda tak perlu beli antena baru karena bisa menggunakan antena yang biasa digunakan untuk menangkap siaran TV analog.

Anda juga perlu memastikan bahwa televisi di rumah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2 atau Anda bisa menggunakan set top box. Setelah perangkat televisi tersambung dengan baik Anda bisa memilih menu pengaturan atau setting, lalu pilih auto scan guna memindai program siaran televisi digital di sekitar Anda.

Baca Juga Artikel Cara Mencari Channel TV Yang Hilang Pada Semua Merk TV, Berhasil

Adapun untuk tipe decoder atau set top box tertentu Anda diminta untuk memasukkan nomor kode lokasi TV digital Indonesia atau kode pos sesuai wilayahnya untuk menyebarluaskan informasi atau peringatan jika terjadi bahaya bencana.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengecek siaran melalui aplikasi Android atau iOS. Aplikasi tersebut bernama sinyal TV digital guna mengetahui lokasi masing-masing di seluruh wilayah Indonesia

Selain itu, Anda bisa cek jangkauan siaran di aplikasi “Sinyal TV Digital” untuk lokasi masing-masing di seluruh Indonesia. Melalui aplikasi ini juga nanti dapat mengetahui apakah sinyal TV digital melemah, buruk maupun hilang semuanya. Anda bisa menikmati berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi sinyal TV serta melakukan pengecekan jangkauan saluran TV digital hanya dalam satu genggaman dalam aplikasi ini.

Cara Mengecek Sinyal TV Digital

Cara Mengecek Sinyal TV Digital
Cara Mengecek Sinyal TV Digital

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa untuk menggunakan TV digital maka diperlukan kode lokasi TV digital Indonesia dan aplikasi sinyal TV digital untuk mengecek jangkauan sinyal. Adapun berikut informasi lebih jelas mengenai cara menggunakan aplikasi sinyal TV digital guna mengecek sinyal TV digital di lokasi yang bisa Anda lakukan, yaitu

  1. Bagi pengguna Android bisa mengunduh aplikasi sinyal TV digital di Google play store, dan bagi pengguna Apple/iPhone bisa mengunduhnya di Apple store.
  2. Setelah aplikasi sukses diunduh, Anda dapat membuka aplikasi tersebut lalu izinkan akses lokasi Anda.
  3. Anda akan melihat tampilan gambar peta sesuai letak posisi di mana Anda berada.
  4. Setelah itu Anda bisa memilih menu “Legend” yang berada pada bagian kiri bawah aplikasi. Pada menu aplikasi ini Anda akan mendapatkan informasi lokasi sinyal televisi terlemah hingga terkuat sesuai dengan warna yang muncul pada peta.

Dengan mengetahui informasi persebaran pemancar sinyal TV digital pada peta di seluruh Indonesia melalui aplikasi ini, maka masyarakat bisa memberikan apakah saluran TV digital di wilayahnya masing-masing tersedia atau tidak. Sehingga masyarakat bisa memutuskan Apakah sinyal TV digital ini cocok digunakan sebelum membeli STB DVB-T2 atau TV DVB-T2.

Alasan Beralih ke TV Digital

Mungkin beberapa diantara kalian ada yang malas mengikuti peralihan dari TV analog ke TV digital karena prosesnya yang cukup memakan waktu, di mana Anda harus mengetahui kode lokasi TV digital Indonesia, menambahkan antena digital, mendownload aplikasi sinyal digital dan lainnya. Pasalnya ada alasan penting mengapa anda harus beralih ke TV digital, di antaranya yaitu;

1. Mendapatkan Siaran Televisi Lebih Jernih

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, TV digital ini akan memberikan gambar dan audio yang lebih berkualitas. Pasalnya TV digital ini akan menggunakan transmisi sinyal berbentuk format bit atau data informasi yang membuat siarannya jadi lebih jernih dan suaranya jelas. Jadi Anda bisa menonton TV lebih nyaman dan menyenangkan serta mengurangi resiko dari masalah layar renyek atau ‘bersemut’ yang suka terjadi di TV analog.

2. Memaksimalkan Jaringan 5G di Indonesia

Alasan beralih dari TV analog ke TV digital selanjutnya yaitu untuk memaksimalkan jaringan 5G di Indonesia. Pasalnya siaran TV analog membutuhkan frekuensi 38 Mhz sedangkan TV digital menghasilkan penggunaan digital dividen atau efisiensi spektrum sebesar 112 Mhz.

Digital dividend ini dapat menambah kapasitas atau jangkauan dan kualitas internet di Indonesia dalam menggunakan jaringan 5G. Frekuensi ini juga dapat memeratakan koneksi 5G di berbagai wilayah Indonesia sehingga mempercepat proses transformasi digital.

3. Tahan Terhadap Cuaca Buruk

Mungkin selama Anda menggunakan TV analog Anda merasakan bahwa cuaca berpengaruh terhadap kualitas gambar dan audio TV. Ketika terjadi hujan deras atau angin kencang, otomatis siaran terganggu karena antena tidak bisa mendapatkan pemancar dengan baik.

Berbeda dengan TV digital, di mana kualitas siaran TV tidak akan dipengaruhi oleh cuaca buruk, sehingga Anda bisa menonton TV meskipun cuaca sedang tidak baik.

4. Siaran Televisi Lebih Merata

Dengan menggunakan TV digital, maka masyarakat di seluruh Indonesia bisa mendapatkan siaran televisi yang sama kualitasnya. Berbeda dengan TV Analog, warga masyarakat di luar Jabodetabek dan pulau Jawa seringkali tidak mendapatkan siaran televisi tertentu sehingga kurang mendapatkan informasi. Oleh sebab itu, diperlukan TV digital agar masyarakat pelosok juga dapat mengakses siaran TV dengan baik

Itulah beberapa hal mengenai TV digital Indonesia, mulai dari kode lokasi TV digital Indonesia, cara akses siaran digital hingga alasan mengapa harus beralih ke TV digital. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *