Tips dan Kiat Sukses Bisnis Online
Tips dan Kiat Sukses Bisnis Online

Tips Dan Kiat Sukses Bisnis Online – Pada saat ini kita telah memasuki era digital, yangmana era ini membuka peluang yang luas untuk kita bisa melakukan bisnis secara online. Pada saat ini, sudah banyak sekali platform usaha jualan online,  seperti Lazada, Tokpedia, Shopee, Bukalapak dan lain sebagainya.

Pada saat ini pengelolaan bisnis hampir sebagian besar dari berbagai bidang, yang sebelumnya hanya dilakukan secara konvensional, kini sudah merambah ke online. hal yang paling penting juga kita harus mengetahui tips dan kiat sukses bisnis online.

Melakukan bisnis online sebenarnya tidak selalu butuh modal besar. Kamu bisa menggnakan platform teknologi yang ada untuk mendirikan online shop kamu. Dengan adanya bisnis online, kamu bisa menjual berbagai macam produk kapanpun dan dimanapun. Berbeda dengan melakukan secara offline, pengeluaran yang harus kamu siapkan untuk modal lebih jauh besar, mulai dari penyewaan tempat, bahan dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, penggunaan bisnis online dapat memberikan income yang lebih besar, karena untuk segment pasar lebih luas, pembeli bisa berada dimana saja, sehingga lebih banyak pebisnis yang mulai tertarik untuk memulai bisnis online.

Akan tetapi untuk menjadi sukses di dunia bisnis online tidak semudah yang kamu kira, nantinya akan ada banyak sekali tantangan dan rintangan yang akan kamu hadapi dan juga tingkat persaingan yang semakin ketat dalam dunia bisnis. Oleh karena itu kami akan membagikan tips dan kiat sukses bisnis online.

Tips Sukses Bisnis Online

Tips Sukses Bisnis Online
Tips Sukses Bisnis Online

1. Menentukan Pilihan Produk Atau Jasa

Sebelum kamu menjalankan bisnis, sebaiknya tentukan terlebih dahulu kamu ingin memulai untuk berbisnis produk atau jasa, jika sudah menentukan sebaiknya juga tentukan sesuai dengan passionmu. Semisal ingin menjual produk sepatu, tas, parfume dan lain sebagainya, jika memilih jasa kamu bisa memilih untuk membuka jasa pembuatan logo, konten writer, konten kreator, dan lain sebagainya.

2. Analisis SWOT

Setelah kamu menentukan bisnis, selanjutnya kamu juga harus mempunyai analisis SWOT untuk produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan, fungsi dari analisis SWOT ini adalah untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di dalam suatu bisnis.

3. Tentukan Target Pasar

Tak kalah penting tentukan juga target pasar kamu, siapakah yang akan menjadi target dari bisnis online kamu, apakah wanita atau pria, rentan usia berapa sampai berapa, dan lain sebagainya.

4. Menentukan Harga

Tentu saja menentukan harga dari suatu produk atau jasa memanglah sangat penting, karena dengan kita menentukan harga kita bisa mendapatkan income. Jangan sampai kita kerja bakti saja (tidak mendapatkan hasil).

5. Membuat Foto dan Video yang Menarik

Membuat foto dan video yang menarik tentu saja sangat bermanfaat, karena dengan adanya foto dan video yang menarik bisa membuat orang tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan. Tentu saja membuat foto dan video yang menarik harus juga menggunakan desain kemasan yang menarik pula.

6. Membat Akun Sosial Media

Kamu juga harus membuat akun media sosial seperti facebook, instagra, tiktok, twitter dan lain sebagainya. Hal ini diperlukan karena dengan kita menggunakan media sosial kita bisa menjangkau masyarakat luas.

7. Berjualan Melalui Marketplace

Karena kita melakukan bisnis online, kita harus berjualan melalui marketplace hal ini kamu lakukan supaya meningkatkan penjualan.

8. Membuat Website

Membuat website bertujuan supaya bisnis online kamu supaya terlihat profesional, jangan sampai kamu melakukan bisnis online tetapi tidak membuat website. Dengan membuat website masyarakat akan percaya dengan produk kamu, terlebih didalam website tersebut ada testimoni dari pelanggan kamu.

9. Melakukan Promosi

Lakukanlah promosi produk atau jasa yang kamu tawarkan, promosi mempunyai banyak manfaat seperti meningkatkan penjualan, mengenalkan usaha kita, dan lain sebagainya. Dalam melakukan promosi pertimbangkan juga dengan income yang kamu peroleh jangan sampai kamu melakukan promosi tetapi hasilnya tidak ada.

10. Berikan Pelayanan Terbaik

Tips yang terahir yaitu berikanlah pelayanan yang terbaik untuk pelanggan kamu, baik yang baru maupun pelanggan yang lama, karena dengan adanya pelayanan yang baik maka pelanggan akan merasa senang dan puas.

Kiat Sukses Bisnis Online

Setelah membahas tips sukses bisnis online, selanjutnya kita akan membahas mengenai kita sukses bisnis online.

1. Mempunyai Niat yang Kuat

Niat yang kuat akan memberikan motivasi dan inovasi yang tinggi dalam kita melakukan bisnis, jangan sampai niat kita terpecah karena adanya suatu hal.

2. Action

Setelah niat, kamu haruslah segera action untuk melakukan bisnis online, jangan sampai hanya menjadi wacana saja.

3. Fokus Pada Bisnis

Sebaiknya dalam berbisnis kamu harus fokus pada bisnis yang kamu lakukan, jangan sampai kamu melakukan bisnis yang bercabang padahal bisnis yang kamu kelola belum baik. Akan tetapi jika kamu sudah mengelola 1 bisnis dengan baik, kamu bisa menambah bisnis yang lainnya.

4. Kerjasama Team yang Baik

Ciptakan kerja sama team yang baik dan kompak, hal ini merupakan komponen terpenting dalam sebuah hubungan, karena dengan adanya kerjasama team yang baik dan kompak akan membuahkan hasil yang baik.

5. Belajar Dari Kegagalan

Setiap manusia pasti pernah melakukan kegagalan, kesalahan dalam berbisnis, nah disitulah titiknya, ketika kita melakukan kesalahan ataupun kegagalan dalam berbisnis kita harus belajar dari kegagalan tersebut supaya tidak mengulai kegagalan yang sama.

6. Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan yang baik tentu saja dapat meningkatkan dari bisnis online kamu, dengan adanya manajemen keuangan yang baik kamu bisa mengatur keuangan kamu, jangan sampai biaya yang kamu keluarkan habis untuk oprasional saja.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai Tips Dan Kiat Sukses Bisnis Online, semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan kalian mengenai bisnis online.

Bagikan:

Tinggalkan komentar