fbpx

Terapkan Manajemen Product Development Strategy Dalam Dunia Starup

  • Bagikan

Djonews.com, TEKNOLOGI – Melihat persaingan bisnis yang sudah semakin kompetitif di era digital seperti saat ini, para pemilik bisnis harus terus mencari ide-ide segar untuk meningkatkan kualitas produknya. Salah satu strategi yang perlu Anda pertimbangkan untuk memenangkan persaingan ini adalah dengan melakukan Product Development Strategy yang diklaim mampu mengatur ritme sebuah perusahaan starup.

Lalu apa itu Product Development Strategy ?

Product Development Strategy adalah proses lengkap yang dilakukan untuk menghasilkan produk baru kepada pelanggan atau pasar. Proses ini mencakup beberapa tahap mulai dari menghasilkan ide, mengumpulkan informasi tentang kebutuhan dan keinginan target pasar, merancang produk, dan mengujinya

Dalam hal ini di fokuskan kepada percepatan penyampaian value produk, untuk mempermudahkan pengguna sehingga mereka bisa langsung merasakan sendiri manfaat dan seluruh fitur produk sepanjang mereka inginkan serta merasakan langsung bagaimana Starup anda bekerja serta bisa mengatasi masalah mereka dengan mudah.

Menurut data, sudah banyak brand ternama yang telah memanfaatkan program Product Development Strategy  yang berfokus pada end-user langsung dengan memangkas langkah-langkah panjang yang biasa dilakukan oleh perusahaan lain.

Mengapa sebuah perusahaan memerlukan  Product Development Strategy?

Product Development Strategy mempunyai peran penting bagi kelangsungan suatu perusahaan karena dapat mendorong terciptanya lebih banyak produk baru serta inovasi-inovasi terhadap produknya. Pada akhirnya, hal tersebut akan membuka peluang lebih besar untuk menjangkau target pasar yang lebih luas sehingga keuntungan yang diperoleh dapat semakin meningkat.

Bagi sebuah perusahaan Startup menerapkan manajemen Product Development Strategy merupakan hal yang wajib karena dapat bersaing untuk menarik minat masyarakat. Selain itu, ada beberapa hal yang tidak kalah penting yakni kreativitas, design serta market yang ingin di kuasai supaya dalam menjalankan bisnis Starup anda tidak akan tergoyahkan.

Baca Juga:  Bantuan Kemensos Buat Warga Batang Keracunan

Maka, kami akan memberikan kiat-kiat sukses dalam dunia Starup melalui manajemen Product Development Strategy, berikut ulasannya.

  • Jadikan customer experience yang pertama

Ketika membuat sebuah bisnis starup, visi yang harus dibangun adalah bagaimana produk tersebut memberikan pelayananan yang terbaik bagi penggunanya. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh PwC, 73% konsumen mengatakan customer experience merupakan faktor esensial dalam melakukan keputusan pembelian.

  • Kuasai road map produk

Setelah memiliki visi yang fokus pada pengguna itu sendiri,pengembangan development strategy selanjutnya adalah membuat peta jalan dalam mempromosikan serta membranding sebuah brand sebagai bentuk perkenalan Starup itu sendiri.

  • Fokus pada adopsi dan engagement user/customer

Membuat sebuah bisnis Starup dengan segala fitur canggih saja tidak cukup. Starup yang dibuat harus bisa menarik dan membantu pengguna untuk terus menggunakan produk Anda. Salah satu caranya adalah memperkenalkan dan menuntun pengguna anda mengoptimalkan fitur-fitur produk lain yang belum terjamah seperti fitur guides.

  • Selalu kembangkan Bisnis Starup

Cara ini memberikan makna bahwa perusahaan Anda selalu peduli dan berusaha memberikan solusi yang terbaik. Lebih lagi, ini bisa memupuk kesetiaan pengguna agar roda development strategy berjalan sesuai rencana.

  • Kuatkan strategi dengan data yang anda punya

Banyak orang membutuhkan data perilaku pengguna target pasar produk Anda. Anda bisa meminta feedback langsung dari pengguna atau melihat data tracking saat pengguna mencoba produk Anda. Maka penggunaan development strategy sangat penting di terapkan.

Terlihat mudah bukan, namun menjalankan Product Development Strategy  juga membutuhkan pemaham yang lebih mendalam. Maka dari itu, belajar memahami langsung dari praktisi profesional bisa menjadi salah satu jawaban supaya kamu bisa menjalankan bisnis di dunia Starup.

Baca Juga:  Listrik Mulai Hari Ini di Bebaskan

Semakin banyaknya persaingan di era digitalisasi ini membuat kita harus terus berkembang dalam berinovasi supaya para calon pembeli mudah dalam mengakses produk yang anda kembangkan.

Konsep dasar ini merupakan langkah terbaik anda dalam mengembangkan sebuah produk unggulan dari dunia staru. Dengan menjalankan Product Development Strategy diharapkan mampu unggul di antara pesaing starup-starup lain.(Tim Redaksi Djonews.com)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.