5+ Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Dalam Karya Seni Rupa

2 min read

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi – Dalam Seni rupa berdasarkan bentuknya seni rupa terbagi atas 2 bagian, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Teknik dalam pembuatan karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi tentu saja berbeda, karena seni rupa 2 dimensi hanya memiliki 2 ukuran dan hanya dapat dilihat dari satu arah saja, sedangkan seni rupa 3 dimensi mempunyai 3 ukuran atau volume dan dapat dinikmati dari berbagai macam arah.

Baca Juga;

Dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai Teknik Seni Rupa 3 Dimensi. Berikut ini adalah teknik seni rupa 3 dimensi yang harus Anda ketahui:

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Teknik Seni Rupa 3 Dimensi
Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam pembuatan sebuah karya seni rupa 3 dimensi di wilayah Indonesia pastilah berbeda-beda hal ini dikarenakan bahan dan media yang digunakan berbeda-beda pula. Berikut ini adalah teknik-teknik yang sering digunakan dalam proses pembuatan karya seni rupa 3 dimensi yaitu:

Baca Juga:  Perbedaan Flora, Fauna dan Alam Benda

1. Teknik Pahat

teknik pahat
teknik pahat

Teknik pahat adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi dengan cara membentuk suatu karya seni yaitu dengan cara membuang bahan yang tidak diperlukan untuk membuat suatu karya seni.

Dikutip dari wikipedia Seni pahat adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

Untuk dapat membuatnya diperlukan memakai alat pahat seperti alat pahat, kikir dan martil. Biasanya bahan atau media yang digunakan dalam teknik pahat ini adalah bahan keras seperti batu, gips, kayu atau dengan bahan lainnya.

2. Teknik Menuang atau Cor

teknik menuang atau cor
teknik menuang atau cor

Teknik Menuang atau Cor ini adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi yang dihasilkan dengan cara menuangkan bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan khusus. Kemudian bahan cair tersebut nantinya akan mengeras, selanjutnya akan dikeluarkan dari cetakan khusus tersebuh. Bahan cair yang dipakai biasanya seperti semen, logam, gips ataupun karet.

Baca Juga:  Pengertian Aliran Seni Lukis Naturalisme Dalam Karya Seni Lukis

3. Teknik Mozaik

Teknik Mozaik
Teknik Mozaik

Teknik mozail adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi yang cara membuat karya seni dengan cara menempelkan benda 3 dimensi yang diatur dan ditata dengan sedemikian rupa sehingga nantinya dapat menghasilkan lukisan 3 dimensi.

4. Teknik Merakit

teknik merakit
teknik merakit

Teknik merakit adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi dengan cara menyambungkan bagian beberapa potongan bahan. Cara ini biasanya disebut dengan merakit dan hasil dari karyanya disebut dengan rakitan. Untuk dapat menggabungkan bahan-bahan tersebut dapat dengan cara dipatri, disekrup, mengelas atau dengan cara lainnya.

5. Teknik Aplikasi

teknik aplikasi perca
teknik aplikasi perca

Teknik Aplikasi adalah suatu teknik karya seni rupa 3 dimensi dalam seni menjahit yaitu dengan cara menempelkan berbagai macam potongan-potongan kain yang nantinya akan berbentuk hiasan seperti binatang, bunga maupun bentuk lainnya pada sebuah kain lain sebagai hiasan.

Contoh-Contoh Penerapan Dari Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh dari Karya seni rupa 3 dimensi bisa dengan mudah untuk Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah Anda mengerti tentang teknik dalam seni rupa 3 dimensi, Berikut ini contoh karya seni rupa 3 dimensi yang biasa kita temukan di sekitar kita antara lain yaitu:

  1. Kriya, Karya seni yang menggunakan handskill dan memperhatikan segi fungsional dan keindahan.
  2. Patung, patung dapat dibuat dengan menggunakan media batu, kayu, logam dan lain sebagainya.
  3. Keramik, Karya seni dari cabang seni yang sifatnya tradisional bahkan sampai kontemporer.
  4. Arsitektur, ilmu merancang bangunan yang mencakup membangun keseluruhan seperti desain bangunan, desain perabot, dan desain produk.
  5. Anyaman, mempunyai ketahanan yang baik, umumnya media yang digunakan adalah bambu, rotan dan bahan sintetis.
Baca Juga:  Pengertian Aliran Seni Lukis Surealisme Dalam Karya Seni Lukis

Demikianlah Artikel dari kami yang membahas mengenai teknik seni rupa 3 dimensi beserta contoh penerapannya, semoga Anda dapat mengetahui dan mempraktekkan salah satu dari teknik karya seni rupa 3 dimensi diatas. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *