Teknik Menggambar Ragam Hias Fauna (Hewan) Yang Harus Anda Coba

2 min read

Teknik Ragam Hias Fauna

Teknik Menggambar Ragam Hias Fauna (Hewan) – Dalam sebuah karya seni rupa 2 dimensi pasti tentu saja akan mengenal mengenai ragam hias. Ragam Hias sendiri mempunyai beberapa motif yaitu seperti motif ragam hias geometris, ragam hias flora, ragam hias fauna, ragam hias figuratif dan ragam hias poligonal.

Baca Juga : Mengenal 5 Motif Ragam Hias

Baca Juga;

Menggambar adalah suatu teknik yang tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata, akan tetapi juga mental. Aktivitas yang berkaitan dalam hal fisik disini maksudnya berhubungan dengan mempunyai keterampilan dalam menggunakan peralatan menggambar (skill), sedangkan mental berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia untuk dapat melakukan aktivitas menggambar memerlukan media yang tepat, alat serta bahan yangmana tentu saja berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Manusia dengan menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi yang meraka rasakan. Jadi, menggambar merupakan salah satu sarana untuk dapat mengekspresikan yang dirasakan.

Manusia untuk dapat melakukan aktivitas menggambar memerlukan media yang tepat, alat serta bahan yangmana tentu saja berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Manusia dengan menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi yang meraka rasakan. Jadi, menggambar merupakan salah satu sarana untuk dapat mengekspresikan yang dirasakan.

Baca Juga:  Pengertian Menggambar Dalam Karya Seni Rupa

Teknik menggambar adalah suatu cara untuk dapat mempermudah dalam proses menghasilkan sebuah gambar, sehingga dengan menggunakan teknik menggambar tersebut akan terbantu dan akan lebih cepat selesai pengerjaannya.

Pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai teknik menggambar ragam hias fauna, bagaimana cara menggambar ragam hias fauna. Sebelum ke pokok pembahasan, alangkah baiknya kita akan membahas mengenai Pengertian Ragam Hias. Apa itu Ragam Hias?

Pengertian Ragam Hias

Pengertian Ragam Hias
Pengertian Ragam Hias

Ragam hias sering juga disebut dengan Ornamen yaitu berasal dari bahasa Yunani “ornare” yang artinya hiasan atau menghias. Menghias disini mempunyai arti mengisi kekosongan suatu permukaan bahan dengan cara memberi hiasan, sehingga permukaan yang awalnya kosong menjadi tidak kosong lagi karena sudah terisi oleh hiasan.

Baca Juga : Teknik Menggambar Ragam Hias

Ragam hias juga merupakan salah satu bentuk karya seni rupa yang sudah berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak ragam hias. Perkembangan ragam hias di Indonesia sendiri dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti faktor lingkungan alam, flora dan fauna serta manusia yang hidup di dalamnya.

Baca Juga : Teknik Menggambar Ragam Hias Flora Yang Harus Kamu Coba

Ragam hias bisa dihasilkan melalui suatu proses seperti menggambar, memahat, mencetak dan lain sebagainya dan ragam hias mempunyai fungsi bertujuan untuk dapat meningkatkan mutu dan nilai pada suatu benda ataupun karya seni.

Baca Juga:  Teknik Menggambar Ragam Hias

Dikutip dari wikipedia bahwa Ragam hias atau motif adalah bentuk dasar hiasan yang umumnya diulang-ulang sehingga menjadi pola dalam suatu karya kerajinan atau kesenian.

Keinginan untuk dapat menghias merupakan suatu naluri atau insting manusia secara alami. Faktor kepercayaan juga turut mendukung atas berkembangnya ragam hias itu sendiri, karena dengan adanya perlambangan di balik gambar.

Menggambar Ragam Hias Fauna

Menggambar Ragam Hias Fauna
Menggambar Ragam Hias Fauna

Bentuk dari ragam hias fauna mempunyai unsur keindahan dan keunikan yang sama dengan ragam hias flora. Jenis dari fauna yang biasa diambil sebagai objek untuk menggambar ragam hias, yaitu burung, gajah, cicak, ikan, dan ayam. Penggambaran ragam hias fauna bisa digabungkan dengan ragam hias flora ataupun hanya ragam hias fauna saja.

Lantas bagaimana teknik menggambar ragam hias fauna? Sebutkan dan jelaskan teknik menggambar ragam hias fauna.

Pengertian Ragam Hias Fauna

Pengertian Ragam Hias Fauna
Pengertian Ragam Hias Fauna

Ragam hias Fauna adalah ragam hias yang menggunakan bentuk wujud dari Fauna (hewan) yangmana sebagai objek untuk motif ragam hias.

Penggambaran ragam hias dari fauna dalam ornamen sebagian besar adalah hasil yang sudah dirubah atau sudah distilirisasikan, ragam hias fauna ini jarang sekali yang berupa binatang yang secara natural, akan tetapi hasil ubahan tersebut masih dapat dengan mudah untuk dikenali bentuk dan jenis binatang yang diubah.

Baca Juga:  7+ Teknik Menggambar Model Dan Cara Menggambar Model Dengan Mudah

Dalam visualisasinya bentuk binatang yang terkadang hanya diambil pada bagian tertentu (tidak sepenuhnya) dan juga dikombinasikan dengan motif lain seperti motif flora yang digayakan. Jenis binatang yang dijadikan obyek ubahan antara lain seperti burung, singa, ular, kera, gajah, kupu-kupu, burung, kadal, gajah, ikan dan lain sebagainya.

Penggunaan Motif ragam hias fauna tersebut bisa Anda jumpai pada hasil karya seni rupa seperti batik, ukiran, sulaman, anyaman, tenun, dan kain bordir. Ragam hias yang berbentuk fauna dapat dijadikan sarana untuk dapat mempertunjukan kearifan lokal daerah tertentu di Indonesia, seperti halnya dengan burung cendrawasih di Papua, komodo di Nusa Tenggara Timur, dan gajah di Lampung dan lain sebagainya.

Teknik Menggambar Ragam Hias Fauna

Teknik Ragam Hias Fauna
Teknik Ragam Hias Fauna
  1. Tentukanlah terlebih dahulu jenis fauna yang akan Kamu buat untuk gambar ragam hiasnya.
  2. Setelah itu, buatlah pola dari gambar ragam hiasnya.
  3. Proses terahir, berilah warna pada hasil gambar ragam hias yang sudah Kamu buat.

Demikianlah artikel dari kami mengenai teknik menggambar ragam hias flora, semoga artikel ini dapat memudahkan Kamu dalam menggambar ragam hias khususnya menggambar ragam hias flora. Semoga bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *