7+ Teknik Menggambar Model Dan Cara Menggambar Model Dengan Mudah

4 min read

Teknik Menggambar Arsir

7 Teknik Dalam Menggambar Model Dan Cara Menggambar Model – Pada postingan kali ini kami akan membuat artikel mengenai Menggambar Model. Tentu saja kalian semua dapat menemukan tema yang membahas tentang menggambar model ketika berada di bangku SMP kelas 8 Semester 1.

Dalam pembelajaran tentang Menggambar Model Anda harus memahami alurnya yaitu yang pertama konsep dan prosedur menggambar model alam benda, bahan dan alat menggambar model alam benda, dan teknik menggambar model alam benda.

Baca Juga;

Dalam karya seni rupa 2 dimensi tentu saja pasti tidaklah lepas dengan menggambar, oleh karena itu Anda harus mengenal teknik menggambar model, sebelum itu kita akan membahas mengenai pengertian menggambar. Berikut penjelasanya.

Pengertian Menggambar

Pengertian Menggambar
Pengertian Menggambar

Menggambar adalah suatu teknik yang tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata, akan tetapi juga mental.

Aktivitas yang berkaitan dalam hal fisik disini maksudnya berhubungan dengan mempunyai keterampilan dalam menggunakan peralatan menggambar (skill), sedangkan mental berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia untuk dapat melakukan aktivitas menggambar memerlukan media yang tepat, alat serta bahan yangmana tentu saja berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Manusia dengan menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi yang meraka rasakan. Jadi, menggambar merupakan salah satu sarana untuk dapat mengekspresikan yang dirasakan.

Dalam Kamus besar bahasa indonesia arti dari menggambar adalah membuat gambar; melukis.

Dalam menggambar tentu saja banyak tekniknya seperti teknik menggambar model, teknik menggambar bentuk dan lain sebagainya.

Dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai teknik menggambar model, tapi sebelum itu kita akan membahas mengenai pengertian menggambar model dan prinsip, unsur-unsur dan alat serta media menggambar model berikut penjelasannya.

Baca Juga:  6 Fungsi fungsi Manajemen dan Penjelasannya yang Harus Anda Ketahui

Pengertian Menggambar Model

Pengertian Menggambar Model

Menggambar model adalah aktivitas yang dimulai dengan menentukan telebih dahulu objek model yang nantinya akan digambar. Objek gambar model yang dapat digambar bisa berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan berbagai macam kumpulan benda-benda yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang utuh.

Menggambar model merupakan salah satu teknik yang yangmana pada umumnya sering digunakan oleh seorang seniman.

Pada menggambar model sangat dibutuhkan ketekunan dan ketelitian supaya hasil yang dicapai sesuai dengan objek yang digambar.

Perlu diketahi bahwa semua objek baik itu benda mati maupun benda hidup bisa dijadikan sebagai model untuk digambar.

Prinsip-prinsip Menggambar Model

Prinsip Menggambar Model
Prinsip Menggambar Model

Dalam menggambar model tentu saja Anda haruslah mengetahui dan menjalankan prinsip-prinsip yang ada hal ini bertjuan spaya karya rupa yang Anda hasilkan nantinya dapat memberikan suatu sentuhan dalam hal estetika keindahan serta kenyamanan saat melihatnya. Berikut ini adalah prinsip-prinsip dalam menggambar model yang harus Anda ketahui yaitu:

1. Komposisi

Komposisi adalah suatu cara supaya Anda mengatur dan menyusun objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang dari gambar. Komposisi menggambar pada dasarnya dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. komposisi simetris,
  2. komposisi asimetris, dan
  3. komposisi sentral.

2. Proporsi

Proporsi adalah suatu perbandingan yang ideal dan harmonis antara bagian-bagian yang menjadi sebagai objek gambar.

3. Keseimbangan

Keseimbangan merupakan keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dengan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan dari hasil gambar model dapat dicapai dengan cara membuat skala, memberikan efek perspektif pada objek gambar dan juga sudut pandang pelukis.

4. Kesatuan

Kesatuan adalah bentuk keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga nantinya benda-benda yang diatur satu sama lain mempunyai kesan ruang, kedalaman, dan antar objek gambar saling mendukung sehingga nantinya akan menghasilkan gambar yang baik

Unsur-unsur dalam Menggambar Model

Perlu juga Anda perhatikan bahwa menggambar model juga memerlukan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa seperti

  • garis,
  • bentuk,
  • bidang,
  • tekstur,
  • gelap terang (pencahayaan).

Media dan Alat Untuk Menggambar Model

Dalam menggambar model menggunakan beberapa alat dan bahan yang dapat digunakan dan Anda dapat menemuinya dalam berbagai ukuran dan jenis barang yaitu seperti:

  1. Pensil.
  2. Penghapus.
  3. Kertas.
  4. Pensil Warna.
  5. Krayon.
  6. Penggaris.
  7. Cat Air.
Baca Juga:  Penting! Ajarkan Anak Etika Berkomunikasi dengan Smartphone

Setelah pembahasan di atas selanjutnya kita langsung ke pembahasan pokok yaitu mengenai teknik dalam menggambar model, apa saja teknik dalam menggambar model? Simak penjelasan berikut.

Teknik Dalam Menggambar Model

Banyak sekali teknik yang dapat Anda gunakan untuk dapat menggambar model. Pada postingan kali ini kami akan menjelaskan 7 teknik menggambar model. Berikut ini adalah teknik menggambar model.

1. Teknik Arsir

Teknik Menggambar Arsir
Teknik Menggambar Arsir

Teknik arsir adalah teknik menggambar dengan menggunakan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek suatu gambar sehingga terlihat seperti tiga dimensi atau bisa juga Teknik asir yang dibuat dengan cara menggores-goreskan pensil, tinta, spidol, atau alat-alat yang lainnya kemudian hasilnya nanti berupa garis-garis berulang yangmana akan membuat kesan gelap-terang, gradasi, atau kesan dimensi.

2. Teknik Dussel (Gosok)

Teknik Dussel
Teknik Dussel

Teknik dusel adalah teknik menggambar yang penentuan dari gelap terang suatu objek gambar dengan menggunakan pensil gambar yang digoreskan (digosokan) dalam posisi miring (rebah) Teknik ini bisa juga teknik dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis. Alat-alat yang dapat digunakan antara lain yaitu pensil, krayon, dan konte.

3. Teknik Blok (Siluet)

Pengertian Teknik Blok
Teknik Blok

Teknik blok adalah suatu teknik menggambar dengan cara menutup pada bagian objek gambar dengan menggunakan satu warna, sehingga nantinya hanya terlihat bentuk globalnya (siluet) atau juga bisa akan menimbulkan kesan balok.

4. Teknik Titik (Pointilisme)

Teknik Menggambar Poitilis
Teknik Menggambar Poitilis

Teknik menggambar Pointilisme memanglah menitikberatkan pada penggunaan titik untuk dapat membentuk suatu gambar. Kerapatan dari penyusunan titik-titik adalah untuk menentukan gelap terang dari suatu objek supaya terlihat pejal terlehiat seperti adanya kesan tiga dimensional.

5. Teknik Aquarel (Transparan)

Pengertian Teknik Aquarel
Teknik Aquarel

Teknik aquarel adalah teknik menggambar dengan cara menggunakan cat air dengan sapuan warna yang memanglah tipis, sehingga nanti hasilnya terlihat seperti transparan atau tembus pandang atau bisa juga Teknik aquarel bisa menggunakan bahan dengan campuran air di kertas, kain, atau bidang yang lain. Jika Anda menggambar dengan menggunakan bidang gambar yang berupa kertas, maka Anda dapat menggunakan cat air, cat poster, atau tinta bak.

Baca Juga:  7 Gambar Fauna Yang Mudah Untuk Di Gambar

6. Teknik Plakat

Pengertian Teknik Plakat
Pengertian Teknik Plakat

Teknik plakat adalah teknik menggambar dengan cara menggunakan bahan cat poster atau cat air dengan sapuan warna yang memanglah tebal sehingga nanti hasilnya terlihat pekat dan menutup.

7. Teknik Linear

Pengertian Teknik linear
Teknik linear

Teknik linear adalah suatu teknik menggambar untuk dapat menggambarkan objek gambar dengan menggunakan garis sebagai suatu unsur yang sangat menentukan, baik itu menggunakan garis lurus maupun garis lengkung.

Bagaimana? Teknik menggambar model mudah dipahamkan? Kalau menurut kami yang paling mudah dalam teknik menggambar model adalah dengan cara arsir.

Cara Menggambar Model

Berikut ini adalah cara menggambar model:

  1. Siapkanlah objek gambar model terlebih dahulu contoh seperti alam benda yang akan digambar.
  2. Selanjutnya mulailah dengan membuat sketsa, yaitu dengan cara menggambar bentuk secara global dengan memperhatikan proporsi, bentuk, objek yang akan digambar.
  3. Kemudian berikan kesan gelap terang pada setiap bagian-bagian objek dengan menggunakan arsiran sehingga terlihat jelas perbedaannya.
  4. Setelah itu buatlah detail pada setiap objek gambar.
  5. Lalu perjelaslah pada setiap bagian-bagian objek dengan warna yang sesuai dengan model yang digambar.
  6. Langkah terahir penyelesaian gambar dilakukan dengan cara beri penjelasan gambar sesuai dengan karakter objek masing-masing benda yang digambar.

Kesimpulan

Menggambar model adalah aktivitas menggambar dengan menggunakan model sebagai objek yang akan gambar. Objek gambar model yang digambar dapat berupa tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia, dan benda-benda. Setiap model gambar mempunyai bentuk dan karakter yang berbeda-beda.

Proses menggambar model alangkah baiknya Anda mulai dengan bentuk-bentuk global untuk dapat mempermudah penyelesaian gambar terutama dalam menentukan komposisi, bentuk objek, dan penguasaan bidang gambar.

Sebenarnya menggambar model tentu saja sama dengan menggambar bentuk.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas pengenai Macam-macam teknik menggambar model dan juga cara menggambar model beserta penjelasan mengenai menggambar model, semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk dapat memahami tentang menggambar model, semoga bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *