,

5 Teknik Menggambar Ilustrasi

oleh -
Teknik Menggambar Ilustrasi
Teknik Menggambar Ilustrasi

Teknik Menggambar Ilustrasi – Dalam karya seni 2 dimensi ada berbagai macam jenisnya seperti gambar/lukisan. Menggambar pasti tentu saja banyak jenisnya seperti gambar ilustrasi, bentuk, ekspresif, dekoratif, dan lain sebagainya.

Dalam postingan kali ini kami akan menjelaskan mengenai teknik menggambar ilustrasi, apa saja teknik untuk dapat menggambar ilustrasi? Sebelum kedalam pembahasan, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian menggambar.

Pengertian Menggambar

Menggambar adalah suatu teknik yang tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata, akan tetapi juga mental. Aktivitas yang berkaitan dalam hal fisik disini maksudnya berhubungan dengan mempunyai keterampilan dalam menggunakan peralatan menggambar (skill), sedangkan mental berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Menggambar dapat menggunakan imajinasi dan perasaan dengan melalui media dan alat gambar seperti pensil, bolpoin, krayon, kertas gambar, alat dan media lain yang dapat digunakan untuk dapat menggambar.

Dikutip dari wikipedia, Menggambar adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar.

Menggambar haruslah mengikuti prosedur-prosedur yang harus dilaksanakan dan juga menggambar haruslah mengikuti kaidah-kaidah dalam seni rupa yang lugas, imajinatif, kreatif, dan menyenangkan dengan selalu tetap memperhatikan unsur-unsur dari seni rupa seperti titik, garis, warna, dan bidang.

Baca Juga :   Teknik Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Contoh

Selain itu menggambar juga harus tetap memperhatikan prinsip-prinsip dari seni rupa seperti proporsi, komposisi, keseimbangan, tekstur, dan gelap terang.

Setelah mengetahi penjelasan mengenai menggambar, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang gambar ilustrasi.

Pengertian Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi adalah gambar yangmana gambar tersebut untuk dapat memperjelas ide cerita atau narasi. Tujuan diberikan gambar ilustrasi adalah untuk dapat memperkuat, memperjelas, memperindah, mempertegas, dan memperkaya dari cerita atau narasi yang terkandung di dalam bacaan.

Fungsi dari gambar ilustrasi itu sendiri juga dimanfaatkan untuk dapat membuat hidup sebuah cerita atau narasi. Gambar ilustrasi yang baik tentu saja adalah gambar ilustrasi yang dapat merangsang dan membantu pembaca untuk dapat berimajinasi tentang cerita yang dibacanya.

Gambar ilustrasi sangat membantu para pembaca untuk dapat mengembangkan imajinasi dalam memahami suatu narasi dan akan dapat lebih mudah memahami apa yang terkandung di dalam bacaan tersebut.

Lantas apa saja teknik-teknik dalam menggambar ilustrasi? Berikut penjelasannya:

Teknik Menggambar Ilustrasi

Teknik Menggambar Ilustrasi.jpg

1. Teknik Arsir

Teknik Arsir Menggambar Ilustrasi

Teknik arsir adalah teknik menggambar ilustrasi dengan menggunakan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek suatu gambar sehingga terlihat seperti tiga dimensi atau bisa juga Teknik asir yang dibuat dengan cara menggores-goreskan pensil, tinta, spidol, atau alat-alat yang lainnya kemudian hasilnya nanti berupa garis-garis berulang yangmana akan membuat kesan gelap-terang, gradasi, atau kesan dimensi.

Baca Juga :   Teknik Karya Seni Rupa 3 Dimensi

2. Teknik Dussel (Gosok)

Teknik Dussel (Gosok) Menggambar Ilustrasi

Teknik dusel adalah teknik menggambar ilustrasi yang penentuan dari gelap terang suatu objek gambar dengan menggunakan pensil gambar yang digoreskan (digosokan) dalam posisi miring (rebah) Teknik ini bisa juga teknik dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis. Alat-alat yang dapat digunakan antara lain yaitu pensil, krayon, dan konte.

3. Teknik Pointilis

Teknik Pointilis Menggambar Ilustrasi

Teknik pointilis adalah cara atau teknik menggambar ilustrasi dengan menggunakan titik-titik hingga membentuk suatu objek teknik ini bisa juga cara menggambar yang dalam menentukan gelap terang objek gambar menggunakan pensil atau pena gambar dengan dititik-titikkan.

4. Teknik Basah

Teknik Basah Menggambar Ilustrasi

Teknik basah pada saat menggambar ilustrasi pada umumnya menggunakan media yang basah seperti, cat minyak, cat air, tinta, ataupun media yang lain tentu saja yang membutuhkan air atau minyak untuk dapat mengencerkannya.

Gambar Ilustrasi dengan teknik basah ini yaitu dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas atau kanvas terlebih dahulu, selanjutnya berikanlah warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan.

5. Teknik Kering

Teknik Kering Menggambar Ilustrasi

Teknik Kering pada saat menggambar ilustrasi adalah suatu teknik yang tidak perlu menggunakan pengencer air atau minyak.

Ilustrasi pada teknik kering ini dibuat langsung pada bidang dua dimensi yaitu berupa kertas gambar yang selanjutnya dibuat sketsa untuk kemudian nantinya diberi aksen garis atau warna yang sesuai dengan media kering yang digunakan. Alat dan Bahan yang digunakan dalam teknik kering ini adalah:

  • Pensil atau Bolpoin.
  • Arang.
  • Krayon.
Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Dalam postingan sebelumnya sudah kami jelaskan mengenai jenis-jenis gambar ilustrasi yaitu seperti gambar komik, kartun, vignette, karikatur, dan karya sastra. Untuk lebih detailnya Baca mengenai Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi.

Pembuatan Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi dapat dibuat dengan 3 cara yaitu sebagai berikut ini:

1. Teknik Gambar Tangan

Teknik gambar tangan ini adalah teknik pembuatan gambar ilustrasi dibuat dengan sentuhan tangan.

2. Teknik Topografi

Teknik Topografi adalah teknik gambar ilustrasi yang dibuat dengan sentuhan kamera.

3. Teknik Gabungan

Teknik Gabungan adalah teknik gambar ilustrasi dengan cara menggabungkan antara teknik gambar tangan dengan teknik topografi.

Syarat-Syarat Gambar Ilustrasi

Dikatakan itu sebagai gambar ilustrasi bilamana memenuhi berbagai macam syarat, yaitu sebagai berikut:

  1. Gambar Ilustrasi haruslah Komunikatif, artinya bahwa gambar ilustrasi tersebut mudah dipahami.
  2. Gambar Ilustrasi haruslah informatif, artinya bahwa gambar ilustrasi tersebut memberikan informasi tentang pesan apa yang akan disampikan dengan gambar ilustrasi tersebut.
  3. Gambar ilustrasi tidaklah rumit.
  4. Gambar Ilustrasi yang dihasilkan haruslah sesuai dengan tema yang diusung.

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai teknik dalam menggambar ilustrasi, semoga postingan ini dapat memberikan Anda pengetahuan mengenai karya seni rupa terutama pada gambar ilustrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *