Teknik Dalam Menggambar Flora, Fauna, Dan Alam Benda

oleh -
Teknik Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
Teknik Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda

Teknik Dalam Menggambar Flora, Fauna, Dan Alam Benda – Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai Teknik Menggambar Flora, Fauna, Dan Alam Benda yangmana materi tersebut sudah di bahas pada awal BAB buku pada kurikulum 2013 kelas 1 SMP.

Alam merupakan sumber belajar yang tidak akan pernah habisnya untuk dapat digali. Beraneka ragam macam flora dan fauna dapat menjadi sumber inspirasi untuk kita menggambar, seperti hanlnya burung.

Burung merupakan salah satu fauna yang memanglah sering digambar dengan menggunakan berbagai macam teknik menggambar dan bahan yang digunakan.

Seperti Burung Hong, Burung Hong sendiri merupakan salah satu contoh dari fauna yang sering menjadi objek batik yang terletak di pesisir pantai pulau Jawa. Motif burung Hong ini mendapat pengaruh dari China.

Sedangkan untuk fauna contoh yang sering sekali banyak digambar adalah bunga mawar, anggrek, melati dan masih banyak lagi. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai teknik menggambar flora, fauna dan alam.

Teknik Menggambar

Proses dalam menggambar pada umumnya dapat Anda mulai dengan cara yang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Biasakanlah sebelum Anda menggambar sebaiknya buatlah sketsanya terlebih dahulu supaya gambar mempunyai komposisi, proporsi, dan keseimbangan yang bagus. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus Anda lakukan ketika menggambar yaitu sebagai berikut ini:

  1. Ketahuilah bentuk dasar dari objek yang akan digambar.
  2. Ketahuilah bagian-bagian dari objek gambar.
  3. Merangkai atau menyambungkan bagian per bagian supaya menjadi gambar yang utuh.
  4. Berikanlah dimensi yang gelap terang baik hitam putih atau berwarna.
  5. Berikanlah kesan untuk latar belakang.
Baca Juga :   Pengertian Teknik Arsir

Teknik Menggambar Flora, Fauna, Dan Alam Benda

Sebelum kalian mengetahui mengenai teknik menggambar flora, fauna dan alam benda kalian harus mengerti tentang perbedaan dari flora, fauna dan alam benda

Dalam pertama kali Anda menggambar alangkah baiknya supaya tidak perlu terburu-buru hal ini bertujuan untuk mempunyai kemiripan bentuk yang sesuai dengan objek yang akan digambar. Anda harus sering berlatih dan sabar sampai Anda benar-benar menguasai bentuk dasar pada bagian-bagian dari objek yang akan digambar. Anda sebaiknya memulai berlatih untuk menggambar dari bentuk Flora, Fauna, dan benda-benda buatan manusia yang paling sederhana dan bisa untuk digambar.

Teknik Menggambar Flora

Menggambar flora atau tumbuh-tumbuhan memanglah dapat memberikan pemahaman mengenai beranekaragam, keindahan, dan keunikan dari objek flora yang ada di lingkungan sekitar Anda. Flora mempunyai berjuta-juta banyak jenis dan bentuknya. Bagian-bagian dari flora bisa Anda gunakan sebagai objek gambar, misalnya saja bentuk daun, bunga, dan buah. Bagian-bagian dari flora ini dapat Anda manfaatkan untuk menggambar secara terpisah atau digabung menjadi satu rangkaian.

Dalam menggambarkan objek flora walaupun sama-sama jenis bunga akan tetapi bisa saja teknik menggambarnya berbeda, misalnya saja dalam hal mnggambar bunga kamboja dan bunga jepang memiliki teknik untuk menggambar yang berbeda walaupun sama-sama jenis bunga. Perbedaan ini disebabkan dari karakteristik dari masing-masing kelopak bunga yang berbeda.

Teknik Menggambar Bunga Kamboja Jepang

Menggambar Bunga Kamboja Jepang
Menggambar Bunga Kamboja Jepang

Jika Anda ingin menggambar bunga kamboja Jepang maka perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Anda gambarlah bentuk lingkaran terlebih dahulu untuk pola bunga.
  2. Selanjutnya Anda gambarlah kelopak bunga yangmana sesuaikan dengan bentuk aslinya.
  3. Kemudian Berilah warna pada hasil gambar bunga tadi.
Baca Juga :   Perbedaan Flora, Fauna dan Alam Benda

Teknik Menggambar Bunga Mawar

Menggambar Bunga Mawar
Menggambar Bunga Mawar

Dalam hal menggambar bunga mawar ternyata lebih sulit jika dibandingkan dengan menggambar bunga kamboja Jepang. Berikut ini adalah empat tahapan dalam menggambar bunga mawar yaitu:

  1. Anda gambarlah objek secara garis besar terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya gambarlah kelopak bunga dengan cermat sesuai dengan arah melingkar bunga mawar.
  3. Kemudian tentukan titik pusat bunga dan tempat batang yang bertemu dengan kelopak bunga, hal inilah yang akan membantu Anda menemukan posisi pusat bunga.
  4. Terahir berilah arsiran atau warna yang sesuai supaya lipatan dan tekstur gambar bunga mawar lebih berkesan hidup.

Teknik Menggambar Fauna

Teknik menggambar Fauna atau hewan mempunyai berbagai macam jenis yang berbeda-beda, karena fauna ada yang berkaki empat, seperti kerbau, sapi, kuda dan lain sebagainya,Ada juga yang berkaki dua seperti itik, ayam, angsa dan lain sebagainya. Ada juga fauna yang hidup di air dan di darat.

Hewan juga ada yang mempunyai sifat jinak dan galak. Masing-masing hewan mempunyai bentuk badan yang berbeda-beda. Anda dapat menggambar bentuk hewan mulai dari badannya terlebih dahulu, selanjutnya berlanjut ke kepala, kaki atau cakarnya. Bentuk-bentuk geometris akan membantu memudahkan Anda dalam membuat gambar hewan supaya lebih mudah dan tentu saja diawali dengan sketsa. Berikut ini adalah teknik menggambar ayam (itik)

Teknik menggambar ayam (itik)

Menggambar Ayam
Menggambar Ayam
  1. Langkah pertama buatlah gambar berbentuk oval untuk badan hewan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya tambahkan bentuk kerucut untuk leher, kepala, dan ekor.
  3. Terahir berilah arsiran atau warna yang sesuai dengan ayam.

Teknik Menggambar Alam Benda

Teknik Menggambar alam benda pada umumnya juga dengan teknik menggambar bentuk. Perlu Anda ketahui bahwa Alam benda dapat terdiri dari benda buatan manusia dan benda yang sudah terbentuk dari alam. Kategori Alam benda buatan manusia terdiri dari piring, kendi, mangkuk, gelas, dan beraneka ragam macam bentuk lainnya, sedangkan Alam benda yang terdapat di alam seperti bebatuan, batang kayu, air, awan dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Ketika Anda sedang menggambar bentuk, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut dibawah ini:

  1. Perhatikan Proporsi dari bentuk benda yang akan digambar.
  2. Perhatikan Komposisi dalam meletakan objek benda.
  3. Perhatikan insensitas cahaya yang menyinari objek gambar dan akan terbentuk bayangan.
  4. Pergunakanlah arsiran atau warna sesuai yang nantinya akan membentuk kesan bidang tiga dimensi.
  5. Perhatikan penggunaan gambar latar belakang (background).

Teknik Menggambar Bentuk Piring

Menggambar Piring
Menggambar Piring

Jika Anda ingin menggambar piring, sebaiknya Anda perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Gambarlah terlebih dahulu bentuk silinder dan oval.
  2. Selanjutnya buatlah tiap-tiap bagian menjadi bentuk cangkir dan piring, sesuai dengan bentuk objek yang digambar.
  3. Sempurnakanlah gambar dengan memberikan arsiran atau warna yang sesuai dengan piring yang Anda gambar.

Penutup dan Kesimpulan

Perlu Anda ketahui bahwa objek dalam menggambar bisa berbentuk flora (tumbuhan), fauna (hewan), dan alam benda, baik itu benda buatan manusia maupun benda yang berasal dari alam. Sebaiknya Anda menggambar dengan mengamati objek yang akan digambar terlebih dahulu selanjutnya mengatur komposisi gambar sampai terahir dengan memberi warna pada hasil gambar.

Perlu Anda ketahui bahwa menggambar dengan tema bentuk tumbuhan, hewan, dan alam benda bisa membentuk imajinasi dan mengembangkan berbagai macam kreativitas Anda, tidak hanya itu saja menggambar bahkan juga dapat menambah pengetahuan Anda tentang kekayaan alam Indonesia. Setiap daerah-daerah yang berada di Indonesia mempunyai keanekaragaman flora dan fauna yang dapat memberikan identitas tersendiri. Kekayaan alam Indonesia ini adalah anugerah Tuhan yang wajib selalu kita syukuri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *