Targetkan Akhir Tahun Kelar di Bangun

oleh
Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan pantauan di Pasar Johar Lama

Semarang – Pasar Johar Selatan akhirnya sudah bisa direhabilitasi lantaran dengan dimulainya groundbreaking oleh Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Jumat (05/02/2021). Sebab, pembangunan ini sudah ditunggu 8.000 pedagang. Perlu diketahui Pasar Kanjengan saat ini juga sudah mulai dikerjakan proses pembangunannya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, masa kontrak pengerjaan kedua pasar tersebut akan berakhir pada 1 Februari 2022.Sehingga, meminta kontraktor untuk bisa diselesaikan sesuai target.

“Diharapkan awal 2022 pedagang bisa masuk ke Pasar Johar seperti dulu,” terangnya.

Pembangunan dua pasar tersebut terdiri dari empat lantai yang dapat menampung setidaknya 8.000 pedagang. Dana pembangunan pasar berasal dari APBN murni pada tahun anggaran 2021 dan 2022 dengan jangka waktu tertentu.

Adapaun pembangunannya terdapat dua kontraktor yang berbeda, Pasar Johar Selatan dilakukan oleh PT Sinar Cerah Sempurna dengan nilai Rp 103 M. Sedangkan manajemen kontruksi dilakukan oleh PT Vitama Karya (Persero) Cabang Semarang dengan nilai Rp 2,5 M.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Cakra Nagara mengatakan, secara umum desain Johar Selatan akan sama seperti Johar Utara dengan konsep heritage atau cagar budaya dengan memodifikasi pada penguatan pondasi.

Baca Juga:  Cek Kesiapan Sejumlah Tempat, Tindak Tegas Pelanggar Prokes

“Dulu tidak empat lantai, jadi nanti ada pendalaman pondasi,” terang Cakra.rio