Djonews.com, KENDAL – Para peternak di wilayah Kabupaten Kendal kini merasa risau, sebab usai kasus penyakit mulut dan kuku merebak. Kini timbul penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) yang mulai menyerang hewan ternak.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kendal Pandu Rapriat Rogojati mengungkapkan Lumpy Skin Disease merupakan penyakit kulit infeksius bermateri genetik DNA dari genus capripoxvirus dan famili poxviridae.

“Penyakit kulit ini diawali dengan gejala timbul bintik-bintik di kulit seperti gudik atau kudis. Hewan yang terserang LSD mengalami kerusakan kulit yang ditunjukkan dengan banyaknya benjolan,” imbuhnya, Sabtu (21/01/2023).

Menurut data yang diperoleh setidaknya 31 desa di 13 kecamatan Kabupaten Kendal total terdapat 183 kasus. Sedangkan kasus aktif tercatat 175 ekor.

“Kami terus lakukan sosialiasi dan edukasi kepada para peternak. Jika ada gejala pada ternaknya bisa melaporkan dan akan dilakukan pengobatan maupun pemberian vaksin LSD,” terangnya.

Untuk vaksinasi, lanjutnya, hingga saat ini sudah ada 689 ekor sapi yang sudah diberikan suntikan vaksin LSD. Pihaknya menargetkan 10 ribu sapi dan kerbau yang akan divaksin.(Eko Sujatno)

Bagikan:

Tinggalkan komentar