fbpx

Tambah 3 Ruas Titik Parkir Elektronik

  • Bagikan
Petugas parkir memberikan barcode kepada masyarakat yang melakukan pembayaran secara elektronik.(dok:ist)

Djonews.com, SEMARANG Dinas Perhubungan (Dishub) kota Semarang telah menambah sebanyak tiga ruas titik parkir elektronik.

Adapun tiga ruas jalan yang menjadi titik parkir elektronik baru diantaranya adalah Jalan Depok, Jalan MH. Thamrin dan Jalan Gajahmada.

Sebelumnya, Dishub telah melakukan uji coba parkir elektronik di Jalan MT Haryono. Terdapat sebanyak 10 titik, mulai Pringgading -Sidorejo.

Kemudian, ditambah beberapa titik yang dimulai dari Bangkong – Bubakan, Jalan Agus Salim mulai Traffic Light Pekojan – Bubakan, Jalan Wahid Hasyim Simpang Kauman – Simpang Benteng, Jalan Pekojan Traffic Light Pekojan – Jalan Inspeksi.

Sebanyak 41 titik ini akan diaplikasikan pada bulan Maret tahun ini

“Ada 41 titik baru parkir elektronik di Jalan Depok, Thamrin, dan Gajahmada dan kita aplikasikan pada bulan Maret ini,” Kepala Dishub Kota Semarang, Endro P. Martanto.

Nantinya, akan ada sebanyak 77 titik penerapan parkir elektronik di wilayah kota Semarang.

Menurut Endro, penerapan sistem ini adalah langkah mencegah kebocoran dan meningkatkan pendapatan dari retribusi parkir.

“Sarana sudah kita siapkan, jukir pun sudah kita beri pelatihan. Dari ruas jalan sebelumnya ada peningkatan transaksi mencapai 106 persen dibanding transaksi manual,” jelasnya.

Endro menjelaskan untuk sementara ini, pembayaran parkir masih flat yakni Rp2 ribu untuk motor dan Rp3 ribu untuk mobil. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan penarikan retribusi, yang dilakukan ketika pengguna kendaraan datang.

“Saat parkir langsung bayar dulu, tarifnya flat,” pungkasnya.(Eko Sujatno)

Baca Juga:  Lahan Mantan Walikota Semarang di Serobot
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.