Tahun Depan Tol Semarang – Demak Segera di Gunakan

  • Bagikan
Sudah 93 persen pembangunan jalur tol Semarang – Demak untuk sesi kedua, Jumat (23/9/2022).(dok: ist)

Djonews.com, DEMAK – Proses pembangunan jalan tol Semarang-Demak segera rampung, hingga kini sudah mencapai 90 persen lebih.

Direktur Utama PT PP Semarang-Demak Siswantoro mengatakan, konstruksi jalan tol Semarang-Demak seksi 2 terkini sudah sampai 93 persen. Oleh karena itu ia menargetkan proyek itu sudah selesai pada bulan Oktober besok.

“Insya Allah 28 Oktober selesai. Setelah itu ada uji layak fungsi (ULF). Masa ULF kita alokasikan selama dua bulan,” ujar Siswantoro.

Dengan target tersebut, Siswantoro berharap tol itu bisa dibuka untuk umum pada Januari 2023. Ia mengatakan, saat ULF nanti, akan ada beberapa instansi yang melakukan pengecekan. Mereka adalah Kementerian PUPR, Bina Marga, Kementerian Perhubungan, BPJT, dan tak ketinggalan dari kepolisian.

Untuk Kementerian PUPR, Bina Marga, dan BPJT, mereka akan mengecek keamanan dari konstruksi, struktur, timbunan, jembatan, parapet, aspal, dan lain sebagainya.

“Semuanya yang bersifat struktur akan dicek satu per satu. Termasuk salurannya, menimbulkan genangan atau tidak,” kata Siswantoro.

Sementara itu Kementerian Perhubungan akan mengecek tentang peraturan-peraturan yang bersifat dengan perhubungan. Misal rambu, marka, dan reflektor cahaya. Kalau kepolisian akan mengecek keamanan bagi pengendara.

“Nanti kalau ada pengendara dengan kecepatan seperti ini, kira-kira beloknya aman atau nggak. Kira-kira nabrak atau nggak,” terang Siswantoro.

Baca Juga:  Terapkan Mikro Lockdown di Beberapa Desa Se-Kabupaten Demak
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

adplus-dvertising