Stok Oksigen di Kota Semarang Masuk Kategori Aman

oleh
image 2021 07 29 143027 - Stok Oksigen di Kota Semarang Masuk Kategori Aman
kapal perang rumah sakit KRI dr.Suharso

Djonews.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang mendapatkan bantuan berupa oksigen dari kapal perang rumah sakit KRI dr.Suharso. Hal ini membuat pasokan oksigen di Kota Semarang dan sekitarnya cukup aman untuk beberapa hari kedepan.

Wali Kota Semarang, Hendra Prihadi, mengatakan sekarang Kota Semarang sudah tidak ada lagi yang kesulitan mencari oksigen di rumah sakit ataupun di tempat isolasi terpusat.

“Pasokan oksigen sudah aman, yang sedang menjalani karantina juga tidak ada masalah trkait pencarian oksigen. Jadi kebutuhan oksigen sudah menurun,” imbuhnya,

Menurutnya saat ini Bed Occupancy Rate atau BOR di tempat isolasi terpusat diangka 28 persen, serta ruang isolasi rumah sakit turun 57 persen. Dengan kesimpulan kondisi distribusi okesigen di Kota Semarang masuk dalam kategori aman.

Padahal sebelumnya, Hendi mendapat informasi ada kelurahan dari beberapa rumah sakit mengalamai kekurangan oksigen. Namun, kini permasalahan tersebut sudah teratasi dengan hadirnya bantuan dari KRI dr. Suharso.

“Kami terapkan sistem integrasi dengan saling pinjam antar rumah sakit, sehingga apabila rumah sakit yang memiliki suplai oksigen banyak bisa meminjami rumah sakit lain, alhamduliilah hari ini semuanya berjalan baik,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam menyampaikan sampai pertengahan Juli kebutuhan oksigen di Kota Semarang mencapai 82 ton.

Semua kebutuhan itu disimpulkan oleh Hakam karena Semarang punya 22 rujukan rumah sakit Covid-19. Terlebih untuk rumah sakit yang besar seperti Kariadi atau Wongsonegoro, menurutnya cukup menggunakan banyak sekali.

“Rumah sakit tipe B saja kebutuhannya bisa sampai 6-8 ton. Kemarin kapasitas rumah sakit yang ditambah tentu juga akan menambah kebutuhan oksigen karena jumlah pasien yang juga semakin banyak,” tambah Hakam.

Baca Juga:  Cegah Pungli, Bentuk Karakter Kuat Untuk ASN

Kata Hakam untuk saat ini suplai oksigen Kota Semarang masih dari Samator, kemudian juga ada dari Langgeng Kendal. Ada penambahan juga dari Palang Merah Indonesia  (PMI) dan beberapa CSR, kemudian masih ada juga suplai dari isotank luar Jawa. Terakhir juga ada bantuan oksigen dari kapal perang rumah sakit KRI dr Suharso.

“Untuk pengisian oksigen, kami sudah minta data kepada rumah sakit. Kami data nanti akan dijadwal,” tuturnya.mar

Tentang Penulis: Kunairoh

Gambar Gravatar
Bagi sedikit informasi biografi untuk mengisi profil Anda. Ini akan ditampilkan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *