Senja dari Masjid Kapal

oleh -
Masjid H. Soenarto atau Masjid Kapal Pesiar dibangun semirip mungkin dengan kapal pesiar.
Masjid H. Soenarto atau Masjid Kapal Pesiar dibangun semirip mungkin dengan kapal pesiar.

SELAIN menjadi sarana beribadah, masjid juga bisa menjadi tempat wisata. Selain di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang memiliki bangunan cantik.

Banyak masyarakat yang belum tahu adanya masjid cantik ini. Masjid yang jadi satu dengan lokasi gedung perkuliahan ini memiliki bangunan unik menyerupai kapal pesiar mewah. Dan masjid ini mempunyai pesona kapal nan menawan di waktu senja.

Sekretaris Lembaga Kemakmuran Masjid, Fakhrurrazi mengatakan minimnya musala yang dimiliki sebelumya tak mampu menampung 98 persen taruna yang mayoritas beragama Islam. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dibangunlah masjid ini.

“Awalnya tidak ada niatan untuk membuat bangunan ini menjadi tempat wisata religi, karena ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan bagi para taruna untuk beribadah,” ujarnya.

Baca Juga :   Beberapa Daerah Dilatih Simulasi Bencana

Masjid ini didesain seperti Kapal Pesiar milik Eropa bernama Kapal Paul Gaugoin. Sehingga baik luar maupun  dalam persis seperti kapal beneran.

Lantai 1, 2, dan 3 digunakan untuk tempat ibadah, sedangkan lantai 4 digunakan untuk pendidikan dan lab perkuliahan.

Meski hanya buka setiap Sabtu-Minggu namun Masjid Kapal Pesiar selalu ramai dikunjungi, terlebih jika senja tiba. Pemandangan dari masjid yang diresmikan tanggal 12 September 2019 ini menyuguhkan view yang luar biasa cantik karena lokasinya yang ada di atas bukit.

Bangunan  yang menghabiskan dana Rp 11,9 miliar ini diberi nama Masjid H. Soenarto. Hal tersebut dikarenakan ketua yayasan inilah yang menyumbang dana terbesar yaitu sebanyak Rp 10,5 miliar.

Baca Juga :   Akses Warga Dukuh Mondoliko Terkepung Rob

“Sehingga, untuk menghormati beliau, kami menamakannya Masjid H. Soenarto,” ujarnya.

Salah satu pengunjung asal Kabupaten Semarang, Dina Rahayu, 23, mengatakan takjub melihat masjid ini. “Keren abis, selain buat ibadah pemandangannya juga cantik banget. Serasa naik kapal pesiar beneran juga karena masjid ini dibuat mirip dengan kapal pesiar,” tuturnya. (ww)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *