Selipkan Uang Palsu di Mesin Setor ATM

oleh -
pelaku pencetak serta pengedar di ringkus oleh Polrestabes Semarang

Semarang – Empat pelaku diciduk oleh aparat dari Polrestabes Semarang, lantaran mereka telah melakukan pencetakan dan mengedarkan uang palsu di Kota Semarang dengan bermoduskan memasukkan uang palsu tersebut ke mesin ATM setor tunai.

Adapun 4 pelaku adalah Yapto Sudibyo (31) warga Muktiharjo Kidul Kota Semarang, Suripto (51) warga Leksono Kabupaten Wonosobo, Achmad Sodikin (49) warga Plelen Kabupaten Batang, dan Yasir Nugroho (35) warga Singojuruh Kabupaten Banyuwangi

BACA JUGA

Kasus tersebut terungkap dari adanya laporan pihak bank pada Jumat (23/10/2020) lalu. Petugas menemukan ada uang palsu di dalam mesin ATM tersebut.

“Mereka ini membuat uang palsu dengan aplikasi di komputer, kemudian dicetak, dibuktikan dengan 8 printer dan 1 komputer,” ujar Kapolrestabes Semarang Kombes Auliasyah Lubis saat jumpa pers di Mapolrestabes Semarang, Jumat (27/11/2020).

Baca Juga:  Targetkan 25 Persen Sampah Di Kota Semarang Berkurang

Para pelaku mempunyai peran tersendiri, Yapto bertugas mencetak kemudian dijual ke tersangka Sodikin dengan harga Rp 2,7 juta per 100 lembar uang palsu pecahan Rp 100 ribu. Sodikin lalu mengedarkan uang palsu itu ke Suripto dengan harga Rp 3 juta.

Lebih lanjut, Aulia menyampaikan pelaku melakukan setor tunai ke ATM dengan menyelipkan uang resmi dengan perbandingan setor Rp 1 juta, setengahnya adalah uang asli.

“Uang palsu digabungkan dengan uang asli lalu di setorkan ke mesin ATM, setelah saldo mereka bertambah pelaku mengambil uang asli di ATM lain, mereka juga tukar ke warung-warung kecil,” imbuhnya.

Dengan ditangkapnya pelaku, Kepolisian Polrestabes Semarang berhasil mengamankan alat-alat untuk mencetak serta uang palsu pecahan 100 ribu dengan nilai total Rp 1 miliar. Pelaku dijerat Pasal 244 dan 245 KUHP dan atau pasal 36 ayat 1 dan ayat 3 UU RI nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang dengan ancaman pidana 15 tahun.mrs

Baca Juga:  Naikkan Nilai UMKM, Pertamina Salurkan Bright Gas
BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *