Puluhan Pengendara Terekam ETLE

oleh
Dishub Kabupaten Semarang bersama dengan Polres Semarang memantau arus lalu lintas di panel CCTV

Ungaran  – Sejak diberlakukannya sistem tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada 24 Maret 2021 lalu. Satlantas Polres Semarang mencatat sudah menilang puluhan kendaraan bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas.

“Sejak diluncurkan, kami sudah menilang puluhan pelanggar. Hanya, angka persisnya belum bisa kami sampaikan karena masih proses verifikasi,” kata Kasat Lantas Polres Semarang AKP Adiel Aristo, Selasa (6/4/2021).

Dia mengatakan, selain memanfaatkan fasilitas kamera CCTV yang terpasang petugas kepolisian juga memantau pelanggar secara mobile melalui aplikasi Aduan Siaga Polantas (Asiap). Petugas yang sedang melakukan patroli di jalan raya juga diperkenankan merekam pelanggaran lalulintas menggunakan kamera handphone.

Dia menambahkan, sejauh ini telah memasang kamera CCTV pada beberapa titik sebagai pendukung program ETLE antara lain perempatan Pegadaian Ungaran, KPU Asmara, MTs Asalamah dan alun-alun lama Ungaran. 

“Saya mengimbau para pengguna jalan agar lebih tertib berlalulintas. Pada setiap titik tersebut terpasang empat kamera CCTV yang akan merekam dari kedua arah apabila ada warga menerobos,” ujarnya.

Baca Juga:  Korban Ditemukan 1 Kilometer Dari Lokasi Awal

Dia menilai sejak pemberlakuan ETLE tingkat pelanggaran lalulintas di Kabupaten Semarang menurun.

“Kami berharap diimbangi dengan kepatuhan warga terkait kelengkapan surat-surat kendaraan meskipun tidak ada tilang langsung maupun operasi darat oleh petugas,” katanya.yda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel dan informasi kesehatan dan kecantikan lainnya dibawah ini