PT KAI Daop IV Semarang Berlakukan Rapid Test Antigen

oleh

Semarang – Mulai hari pertama untuk syarat menaiki KA para calon penumpang melakukan antrian panjang untuk dilakukan rapid test antigen di stasiun Tawang Semarang, Selasa (22/12/2020). Dengan antrian tersebut penumpang wajib melakukan protokol kesehatan seperti mengenakan masker.

Calon penumpang tersebut harus merogoh kocek sampai 100 ribu, walaupun begitu, para penumpang tidak merasa keberatan karena dinilai lebih akurat.

“Sampai hari ini, petugas mengeluarkan karcis untuk antrian rapid sebanyak 220 karcis, rata-rata untuk pemberangkatan esok hari,” ujar Humas Daop IV Semarang PT Kereta Api Indonesia, Kusbiantoro.

sebelumnya PT KAI Daop IV Semarang memberlakukan rapid test anti bodi bagi calon penumpang kereta jarak jauh, misalnya ke Jakarta dan Surabaya. Namun sejak terbitnya surat edaran menteri perhubungan nomor  23 tahun  2020, persyaratan rapid test antibodi, digantikan dengan rapid test antigen.

 “Persyaratan rapid test antigen di wilayah Daop IV Semarang ini di mulai tanggal 22 desember  hingga 8 januari 2021 mendatang. Selain di stasiun Tawang dan Tegal juga membuka layanan rapid test antigen,” tambahnya

Baca Juga:  RSUD Wongsonegoro Tutup Tiga Ruang Isolasi

Calon penumpang, Achmad Safari mengatakan biaya rapid test antigen di stasiun Tawang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan rapid test antibodi. Jika rapid test antibodi dikenai biaya Rp 85 ribu rupiah, biaya rapid test antigen dikenakan biaya Rp 105 ribu rupiah.

“Memang beda masalah harganya tetapi itu tidak masalah. Rencananya akan digunakan untuk hari besok (hari ini) untuk jurusan Surabaya,” tutupnya.yda