Djonews.com, KABUPATEN SEMARANG – Polres Semarang siap menyambut Kapolres baru usai Kapolres sebelumnya yakni AKBP Yovan Fatika resmi digantikan oleh AKBP Achmad Oka Mahendra untuk menjadi Kapolres baru di Polres Semarang.

Acara pelepasan dan penyambutan sendiri dilaksanakan di Mapolres Semarang pada Senin (23/01/2023) kemarin. Bahkan, sosok AKBP Achmad Oka Mahendra pernah bersama bertugas di Staf Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SSDM Polri) di Mabes Polri.

Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika mengungkapkan bahwa AKBP Achmad Oka pernah menggantikan posisinya sebagai Kasubbag Pangkat.

“Beliau bukan orang baru buat saya, karena kami sudah sering bekerja bersama dan saat ini estafet kepemimpinan itu terulang kembali,” katanya, Selasa (24/01/2023).

Proses serah terima jabatan (sertijab) keduanya sebelumnya dilaksanakan di Gedung Borobudur Polda Jateng pada Jumat (20/1/2023) lalu.

Sertijab dilakukan langsung oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. Dalam acara pelepasan kali ini, AKBP Yovan melaksanakan sebuah tradisi Pedang Pora.

Upacara pedang pora adalah pasukan yang beriringan dan merangkaikan pedang yang membentuk gapura di satu jalur.

AKBP Yovan berjalan ke jalur tersebut, dari gedung kantor lamanya hingga keluar gerbang Mapolres Semarang. Sebagai informasi, AKBP Yovan akan berpindah tugas ke Polres Pemalang, Kabupaten Pemalang.

Selama perjalanan, Yovan juga sempat digendong oleh beberapa personel melewati gerbang dan menuju ke mobilnya untuk meninggalkan mapolres.

Sementara itu, Kapolres Semarang yang baru, AKBP Achmad Oka menyatakan bahwa dirinya akan meneruskan program positif yang telah dibuat oleh AKBP Yovan.

“Saya mohon bantuan dan kerjasama dari personel Polres Semarang. Mudah-mudahan kehadiran saya bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Semarang dan negara,” pungkasnya.( Prasetyo Adi)

Bagikan:

Tinggalkan komentar