Polimek Banjir Masih “Menghantui” Warga Kaligawe

oleh
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminudin melakukan pengecekan di pintu air kali tenggang.

Semarang – Banjir yang melanda di kawasan Kaligawe, Kota Semarang, membuat Sekretaris Daerah (Sekda) Iswar Aminudin melakukan tinjuan di pintu air Kali Tenggang pada Juma (05/02/2021) pagi.

Iswar mengatakan bahwa Dinas PU Kota Semarang dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pamali-Juwana masih berusaha mengurangi banjir di kawasan Kaligawe.

“Inysa Allah ini sedang dilakukan penyedotan, satu sampai dua hari genangan banjir di sini akan selesai,” terangnya.

Selain melakukan pemantauan, pihaknya juga memiliki proyek jangka panjang untuk menyelesaikan banjir di bagian Timur Semarang yang setiap tahun mengalami banjir atau rob.

“Kita masih menunggu penyelesaian pembangunan tol laut yang bisa mengatasi banjir ini,yang termasuk nanti akan difungsikan sebagai tol Semarang Harbour,” tandasnya.

Dirinya berharap dengan terwujudnya Semarang Harbour menjadi solusi yang bisa menyelesaikan di kawasan Gayamsari, Genuk serta Pedurungan.

 “nanti Semarang Harbour sudah beroperasi kami akan membuat kolam retensi seluas 200 hektar dan pompa yang ada di Sungai Tenggang akan kita pindah ke tanggul laut,” imbuhnya.

Baca Juga:  Lakukan Pelonggaran PKM, Temukan Warga Yang Masih Bandel

Perlu diketahui, Pemkot Semarang akan meningkatkan kapasitas pompa yang semula 22.000 meter kubik akan menjadi 40.000 meter kubik.mda