,

Perbedaan Menggambar dan Melukis

oleh -
Perbedaan Menggambar Dan Melukis
Perbedaan Menggambar Dan Melukis

Perbedaan Menggambar dan Melukis – Dalam hal seni rupa ada beberapa macam seperti berdasarkan fungsinya seni rupa terbagi atas 2 yaitu seni rupa terapan dan murni, berdasarkan massanya seni rupa terbagi atas 3 yaitu seni rupa tradisional, modern, dan kontemporer, berdsarkan Wujudnya seni rupa terbagi atas 2 yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

Dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai Perbedaan menggambar dan melukis. Menggambar maupun melukis memanglah sama-sama dalam kategori seni rupa 2 dimensi, akan tetapi pengertian dari menggambar dan melukis itu berbeda. Apa perbedaan Menggambar dan Melukis? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Menggambar dan Melukis

Pengertian Menggambar

Pengertian Menggambar

Menggambar adalah suatu teknik yang tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata, akan tetapi juga mental. Aktivitas yang berkaitan dalam hal fisik disini maksudnya berhubungan dengan mempunyai keterampilan dalam menggunakan peralatan menggambar (skill), sedangkan mental berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Aktivitas menggambar merupakan dasarnya dasar dari karya seni rupa. Artinya, bahwa menggambar merupakan induk dari seni rupa. Menggambar memanglah bentuk aktivitas yang berkaitan dengan mental dan fisik yang diapresiasikan dalam bentuk goresan tangan, menggunakan media dua dan tiga dimensi.

Menggambar dapat menggunakan imajinasi dan perasaan dengan melalui media dan alat gambar seperti pensil, bolpoin, krayon, kertas gambar, alat dan media lain yang dapat digunakan untuk dapat menggambar.

Menggambar haruslah mengikuti prosedur-prosedur yang harus dilaksanakan dan juga menggambar haruslah mengikuti kaidah-kaidah dalam seni rupa yang lugas, imajinatif, kreatif, dan menyenangkan dengan selalu tetap memperhatikan unsur-unsur dari seni rupa seperti titik, garis, warna, dan bidang. Selain itu menggambar juga harus tetap memperhatikan prinsip-prinsip dari seni rupa seperti proporsi, komposisi, keseimbangan, tekstur, dan gelap terang.

Alat dan Media Menggambar

Sebagai sarana untuk dapat belajar menggambar, alat dan media mempunyai berbagai variasi dan macamnya. Anda dapat menggunakan pensil dengan bahan grafit, bolpoin, pensil warna dan krayon. Setiap alat dan media tersebut mempunyai karakter yang masing-masing berbeda.

Baca Juga :   Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Beberapa Macam Alat dan Media gambar yang bisa Anda Gunakan yaitu sebagai berikut:

  1. Pensil.
  2. Pensil Warna.
  3. Krayon.
  4. Bolpoin.
  5. Kertas Gambar.

Pengertian Melukis

Pengertian Melukis

Melukis adalah aktivitas menggambar dengan lebih mengutamakan pengungkapan kesan batin dari pribadi seorang pelukis dengan daya kreasinya sendiri atau tidak memiliki media yang sudah ada.

Melukis menggunakan media yang sifatnya cair seperti cat air, minyak, akrilik dan menggunakan kuas.

Seorang pelukis dalam berkarya seni lukis tidak hanya meniru kepada karya yang sudah ada atau jadi atau obyek yang sudah ada, tetapi muncul spontan dari gagasan dan coretannya sendiri. Ide atau gagasan tersebut telah diungkapkan melalui media kertas atau kanvas.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti melukis adalah membuat gambar dengan menggunakan pensil, pulpen, kuas, dan sebagainya, baik dengan warna maupun tidak.

Baca Juga :   Pengertian Teknik Pointilis

Melukis bisa dilakukan oleh siapa saja, yang mempunyai bakat sejak dini sampai pelukis atau seniman ulung sekalipun dan di dalam melukis seniman biasanya diwarnai oleh karakter masing-atau ciri khas masing seniman. Dengan demikian setiap seniman mempunyai ciri watak kepribadian dalam pengungkapan idenya secara kreatif.

Alat Melukis

Sebagai sarana untuk dapat belajar melukis, alat dan media mempunyai berbagai variasi dan macamnya. Alat lukis yang digunakan pada umumnya yaitu:

  1. Kuas.
  2. Palet.
  3. Alat pembersih kuas.
  4. Pisau palet.
  5. Easel.

Bahan Melukis

Bahan-bahan untuk melukis terdiri dari :

  1. Cat minyak.
  2. Cat air .
  3. Cat poster.
  4. Cat akrilik (acrylic).
  5. Cat tekstil.
  6. Tinta bak / tinta cina.

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai Perbedaan dari Menggambar dan Melukis. Semoga dengan artikel postingan ini bisa memudahkan Anda untuk dapat memahami perbedaan antara menggambar dengan melukis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *