Perbedaan Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

1 min read

Pengertian Seni Rupa Secara Umum

Perbedaan Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi – Dalam postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian dari seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi.

Pada postingan kali ini supaya memudahkan Anda dalam memahami karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, maka kami akan menjelaskan mengenai perbedaan dari karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Sebelumnya kita akan membahas mengenai seni rupa terlebih dahulu.

Baca Juga;

Dalam KBBI Seni Rupa adalah seni pahat dan seni lukis

Seni rupa adalah Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang menggunakan media yang dapat di lihat oleh indra penglihatan dan dapat dirasakan indra peraba.

Artinya apa? Artinya adalah bahwa seni ini mempunyai ciri-ciri dapat dilihat serta diraba. Dilihat dari bentuknya seni rupa terbagi atas dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi.

Seni Rupa 2 Dimensi adalah uatu karya seni yang hanya mempunyai dua ukuran atau sisi, artinya mempunyai ukuran lebar dan panjang saja, tanpa mempunyai dimensi ketiga yaitu ruang dan hanya dapat dinikmati dari satu arah.

Baca Juga:  5+ Motif Ragam Hias Dalam Karya Seni Rupa

Sedangkan Seni Rupa 3 Dimensi adalah karya seni yang mempunyai tiga ukuran atau sisi atau juga bisa disebut karya seni yang mempunyai volume dan menempati sebuah ruang. Sehingga karya seni rupa 3 dimensi bisa dinikmati dan dilihat dari Segala arah

Demikian diatas pembahasan singkat tentang karya seni rupa 2 dimensi dengan 3 Dimensi. Lalu apa perbedaan perbedaan karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi? Berikut ini kami terangkan mengenai beberapa perbedaan karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi:

Perbedaan Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Perbedaan Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Seni Rupa 2 Dimensi
  • Tampilan hanya dapat dilihat dari satu arah yaitu bisa depan atau belakang atau flat.
  • Hanya memiliki koordinat X,Y
  • Hanya memiliki panjang dan lebar.
  • Frame layar terbatas
  • Tidak menggunakan efek cahaya.
  • Dalam hal Pewarnaan hanya menggunakan warna dasar.

Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa 3 Dimensi
  • Tampilan dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah.
  • Memiliki koordinat X,Y,Z
  • Memiliki panjang, lebar, dan tinggi.
  • Frame layar lebih luas.
  • Banyak menggunakan efek cahaya.
  • Dalam hal Pewarnaan dengan menggunakan warna-warna yang lebih kompleks, dan juga menggunakan gradasi-gradasi warna lebih rumit.
Baca Juga:  9 Aliran Seni Lukis Beserta Ciri-ciri dan Tokohnya Yang Harus Kamu Ketahui!

Tabel Perbedaan Seni rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Supaya memudahkan Kalian dalam memahami perbedaan antara karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, maka kami membuat perbedaannya tersebut dalam bentuk table. Berikut ini adalah table perbedaan karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi:

Karya Seni Rupa 2 DimensiKarya Seni Rupa 3 Dimensi
Tampilan hanya dapat dilihat dari satu arah yaitu bisa depan atau belakang atau flatTampilan dapat dilihat dari berbagai arah, kiri-kanan-depan-belakang-atas-bawah
Hanya memiliki koordinat X,YMemiliki koordinat X,Y,Z
Hanya memiliki panjang dan lebarMemiliki panjang, lebar, dan tinggi (ruang/volume)
  Frame layar terbatasFrame layar lebih luas
Tidak menggunakan efek cahayaBanyak menggunakan efek cahaya
  Dalam hal Pewarnaan hanya menggunakan warna dasarDalam hal Pewarnaan dengan menggunakan warna-warna yang lebih kompleks, dan juga menggunakan gradasi-gradasi warna lebih rumit
tabel perbedaan karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi

Demikianlah pembahasan dari kami tentang Perbedaan atas  Karya Seni Rupa 2 Dimensi dengan 3 Dimensi. Semoga artikel ini bisa menjadi bermanfaat bagi kita semua dan menambah pengetahuan kalian mengenai karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi.

Baca Juga:  Pengertian Teknik Dussel Dalam Karya Seni
Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *