,

Perbedaan Dari Video Kualitas HD dan SD

oleh -
Perbedaan kualitas video hd dan sd
Perbedaan kualitas video hd dan sd

Perbedaan Dari Video Kualitas HD dan Kualitas SD – Dalam era sekarang ini penggunaan video adalah salah satu hasil dari teknologi, video merupakan rangkaian dari beberapa frame gambar yang bergerak dengan sangat cepat.

Nah perlu mengetahui mengenai perbedaan video kualitas HD dan SD ini. Video dapat berfungi sebagai penyimpanan dalam bentuk digital, media komunikasi, informasi dan masih banyak lagi, Salah satu manfaat dari penggunaan video yaitu sebagai media hiburan baik itu film maupun game.

Perlu kamu ketahui bahwa ada dua jenis video jika dibedakan dari perekaman signal magnetiknya, apakah dua perbedaan itu? yaitu adalah video analog dan video digital, ada juga perbedaan yang dapat juga diihat dari format pada file penyimpanan videonya yaitu seperti Mov atau MPEG, Avi.

Video mempunyai beberapa tingkatan kualitas yangmana itu semua mengacu dari resolusi, ketajaman warna, pixel dan aspek-asepek yang lainnya.

Pengertian Video

Menurut buku Youtube dan Google Video, video merupakan perpaduan atau kombinasi antara visual dan audio. Tentunya pengertian video tak sesederhana itu, karena terdapat pesan, informasi dan efek dalam sebuah video. Sebelum lebih jauh, sebaiknya kita mengetahui beberapa jenis video dalam paparan berikut.

Video Blog (Vlog)

Video blog atau lebih dikenal dengan vlog merupakan sebuah blog yang kontennya didominasi oleh video. Biasanya konten video berisi profil seseorang, kegiatan sehari-hari atau pengalaman orang tersebut.

Baca Juga :   Beberapa Highlight dari Ajang Mobile World

Video Musik

Video musik berisi perpaduan antara visual dan audio. Contohnya video musik group band, penyanyi ataupun cover.

Video Binatang

Video jenis ini menampilkan aktivitas atau keunikan tingkah laku binatang. Untuk membuat video ini, diperlukan kemampuan mengamati dan menangkap momen-momen tak terduga dari tingkah laku binatang. Berikut contohnya.

Video Parodi

Video parodi menampilkan pelesetan dari video aslinya. Biasanya video parodi dikemas dalam nuansa humor atau komedi. Berikut contohnya.

Kriteria Video Berkualitas

Perkembangan teknologi turut mempengaruhi ketersediaan peralatan video yang kini telah beragam. Sebuah video harus mampu menarik perhatian audiens. Tak hanya dapat menghibur, video juga diharapkan dapat memberi informasi atau meyakinkan audiens.

Dalam membuat video, topik yang dipilih pun harus menarik sehingga dapat meninggalkan kesan bagi audiens. Video yang efektif berdurasi tidak lebih dari empat menit dan bersifat to the point.
Lalu seperti apa kriteria video yang berkualitas? Berikut beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk membuat video yang berkualitas.

Desain (Design)

Terdapat dua komponen dalam desain. Pertama, gaya dan pengorganisasian. Konten video disusun secara mengalir, transisi antar adegan harus logis dan efektif dan meminimalkan gangguan.

Kedua, kreativitas. Kreativitas mencakup penggunaan sudut kamera yang menarik, efek suara atau musik yang tepat dan variasi pengambilan gambar (mediaum, longshot dan lainnya).

Isi Pesan

Terdapat tiga komponen dalam isi pesan. Pertama, konten. Konten mencakup bagaimana subjek dikenalkan. Materi dalam konten harus mudah ditangkap dan diikuti oleh audiens, sehingga dapat membuat audiens tertarik.

Baca Juga :   Penyebab Terjadinya Dan Cara Mengatasi Mobile Legends Patah – Patah,Lag Atau Freeze Saat di Mainkan

Kedua, kualitas. Mencakup kualitas musik atau suara yang dapat didengar dengan baik oleh audiens, pengambilan gambar harus fokus, pencahayaan yang sesuai dan kamera yang stabil. Ketiga, ejaaan dan penggunaan tata bahasa. Artinya bebas dari kesalahan ejaan maupun tata bahasa pada teks apapun yang muncul dalam dialog.

Dalam perkembangan sekarang ini terdapat beberapa kualitas dari video seperti Kualitas SD, HD, Full HD, Ultra HD dan 4K Video, Mungkin banyak diantara kamu yang bertanya apa itu Kualitas SD dan HD pada Video/Film? Perbedaan HD dan Bluray?

Perbedaan dari kualitas video/film SD dan HD? Nah pada postingan kali ini kami akan menjelaskan tentang Perbedaan Dari Video Kualitas SD dan Kualitas HD.

Perbedaan Dari Video Kualitas HD dan SD

Berikut kami akan menjabarkan tentang perbedaan dari kualitas video SD dan HD, mari simak penjelasan berikut di bawah ini:

Kualitas Video SD (Standard Definition)

Standard Definiton Video adalah urutan dari kualitas Video yang paling rendah daripada kualitas rekaman video yang lainnya. Video SD mempunyai kualitas gambar 480p, video jenis ini dapat direkam oleh rata-rata kamera pada umumnya.

Video jenis ini dapat diputar pada monitor yang mempunyai resolusi 720 x 480 x 30 fps (Frame per Second), resolusi yang sudah jarang ditemukan pada era sekarang ini. Monitor atau TV yang dapat dengan mudahnya menampilkan dari kualitas SD ini disebut SDTV.

Akibat dari penggunaan resolusi gambar yang bisa dibilang kecil, video yang tampil mempunyai ketajaman warna yang menurut kami kurang. Oleh karena nya video yang mempunyai kualitas SD memiliki ukuran file yang lebih ringan dibanding dengan video dengan kualitas di atasnya.

Baca Juga :   Mengenal Bagian-Bagian Dari CorelDRAW Beserta Kegunaannya

Kualitas Video HD (High Definition)

High Definition Video atau biasa disebut HD Video merupakan kualitas video yang lebih tinggi satu tingkat dibandingkan SD Video. HD video memiliki kualitas gambar diatas 480p atau 720p.

Jenis video ini dapat diputar pada monitor dengan resolusi 1.280 x 720 pixels x 30 fps (Frame per Second). Saat ini keumuman orang menggunakan monitor atau TV dengan resolusi HD.

Adapun monitor atau TV yang dapat menampilkan HD Video disebut HDTV. Kualitas video HD juga meiliki ukuran file yang lebih besar dibanding dengan video SD karena resolusi yang lebih tinggi dan frame yang lebih bagus.

Perlu diketahui juga monitor dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan jenis videonya akan tetap dapat memutar video tersebut. Namun tidak dapat ditampilkan dengan tayangan full screen. Jika ditampilkan dengan full screen maka gambar yang ditampilkan akan pecah.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel di atas mengenai Perbedaan Kualitas Video SD dan HD, yaitu video dengan kwalitas HD lebih bagus dibanding video kualitas SD, karena HD menawarkan resolusi yang pas dan ketajaman warna yang bagus.

Saat ini juga sudah jarang orang menyimpan video dalam kualitas SD, keumuman memilih HD atau yang lebih tinggi, seperti Full HD, Ultra HD atau 4K Video.

Saya akan bahas kualitas video lainnya seperti bluray, Full HD, UHD atau 4K Video pada postingan selanjutnya, semoga postingan ini “Perbedaan Kualitas Video SD dan HD” bermanfaat bagi sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *