Penyebab TV Tidak Merespon Remote
Penyebab TV Tidak Merespon Remote

Penyebab TV Tidak Merespon Remote – Sebagai pengguna televisi, penting untuk mengetahui penyebab dan solusi ketika televisi tidak merespon remot. Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap dan panduan memperbaiki masalah tersebut.

Di kutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, remot merupakan alat untuk mengoperasikan sesuatu (misalnya televisi, mobil) dari jauh.

Setiap televisi dilengkapi dengan remot yang memungkinkan pengguna mengontrol televisi dari jarak jauh, seperti mengubah saluran dan volume. Tanpa remot, pengguna harus secara manual mengoperasikan televisi, yang bisa sangat merepotkan.

Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa remot televisi merupakan bagian yang sangat penting dalam aktivitas menonton televisi. Namun, ketika remot tidak berfungsi dengan baik, televisi menjadi tidak responsif terhadap perintah yang diberikan oleh pengguna.

Baca Juga Artikel 6+ Cara Mengatasi TV Tidak Ada Sinyal Penjelasan Lengkap

Sangat menjengkelkan ketika remot televisi tidak berfungsi seperti biasanya, sehingga sering kali kita merasa frustrasi dan mengambil tindakan yang kurang bijak seperti memukul atau membanting remot dengan harapan bisa memperbaikinya.

Baca Juga Artikel Cara Cek Sinyal TV Digital Lewat Hp

Dalam artikel ini, kami akan memberikan penjelasan tentang beberapa penyebab televisi tidak merespon remot, sehingga pengguna dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab TV Tidak Merespon Remote

Penyebab TV Tidak Merespon Remote
Penyebab TV Tidak Merespon Remote

1. Baterai Remote TV yang Lemah

Setiap remote TV memerlukan setidaknya dua baterai AA/AAA, yang dayanya tergantung pada seberapa sering remote digunakan. Jika tombol remote sering ditekan, baterai akan cepat habis.

Jika televisi tidak merespon perintah dari remote, pertama-tama periksa apakah baterai remote sudah pernah diganti dalam waktu yang lama. Jika iya, ganti baterai terlebih dahulu.

Namun, ada beberapa kemungkinan penyebab lain selain baterai lemah, seperti:

  • Memilih jenis baterai yang salah
  • Memasang baterai dengan cara yang tidak benar
  • Baterai yang longgar.

2.  Sensor Remote TV Bermasalah

Sebagian besar remote TV menggunakan sensor inframerah (IR) untuk mengirimkan sinyal ke televisi. Remote akan mengirimkan sinyal IR melalui lampu LED di bagian depan remote.

Jika sensor IR bermasalah, maka remote tidak akan dapat mengirimkan sinyal ke TV. Meskipun cahaya inframerah tidak terlihat oleh mata telanjang, Anda masih dapat melihatnya melalui kamera hp.

Anda dapat menguji fungsi sensor remote dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi kamera pada hp Anda.
  • Arahkan remote TV ke kamera hp.
  • Tekan salah satu tombol pada remote.
  • Cahaya inframerah akan terlihat pada layar kamera setiap kali tombol pada remote ditekan.
  • Jika cahaya inframerah terlihat pada layar kamera, maka sensor remote TV masih berfungsi dengan baik.

3. Kerak pada Housing Baterai Remote

Biasanya, housing atau tempat baterai remote TV terbuat dari bahan kaleng. Jika kaleng tersebut terkena air atau kotor dan berkarat, arus dari baterai tidak akan sampai ke komponen remote TV. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada remot.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membersihkan karat pada kaleng housing baterai remote menggunakan cutter dan sedikit cairan tinner. Jangan lupa untuk membersihkan housing tersebut secara berkala agar tidak terjadi kerak yang lebih parah.

4. Kode Remote TV Tidak Sesuai

Jika Anda menggunakan remote TV universal, pastikan bahwa kode remot yang disetel cocok dengan merek dan model TV Anda. Setiap merek TV memiliki kode remot yang berbeda-beda, contohnya adalah TV Polytron dan LG yang meskipun keduanya terdiri dari 3 digit angka, namun memiliki kode remot yang berbeda.

TV tidak akan merespon jika kode remot yang dimasukkan tidak sesuai. Untuk mengatasi masalah ini, kami telah membagikan daftar kode remote universal untuk semua merek TV. Anda dapat mengecek artikelnya di sini: “Kode Remote Joker untuk Semua Merek TV” dan juga “Cara Memasukkan Kode Remote TV Universal”.

5. Terjadi Masalah Pada Receiver TV

Masalah yang sering terjadi pada Receiver TV adalah ketidakmampuannya dalam menerima sinyal yang dipancarkan oleh remote TV. Komponen ini biasanya terletak di dekat lampu LED pada bagian depan TV untuk semua jenis TV yang masih menggunakan remote IR.

Jangan mencoba membongkar TV sendiri jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang perbaikan TV. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengetahui apakah receiver TV mengalami kerusakan adalah dengan membawanya ke teknisi TV yang berpengalaman.

Harap diketahui bahwa TV terbaru menggunakan teknologi koneksi bluetooth yang lebih canggih, sehingga remote TV tidak lagi memerlukan sensor infrared. Remote bluetooth tetap dapat berfungsi meskipun tidak diarahkan secara langsung ke TV.

Solusi TV Tidak Merespon Remote

Solusi TV Tidak Merespon Remote
Solusi TV Tidak Merespon Remote

1. Atur Jarak Remote dengan TV

Sinyal dari remote TV memiliki batasan jarak tertentu, sehingga jika terlalu jauh maka remote TV tidak dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, sinyal dari remote juga dapat terhalang oleh benda padat seperti tembok atau perabotan lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan jarak antara remote dan TV tidak terlalu jauh. Selain itu, pastikan juga bahwa tidak ada halangan atau penghalang yang dapat mengganggu sinyal inframerah yang dikirimkan dari remote ke TV.

Remote infrared memiliki jarak maksimal sekitar 10 meter tanpa penghalang. Namun, remote TV bluetooth juga memiliki jarak maksimum yang sama, dan bahkan dapat berfungsi meskipun ada penghalang seperti dinding atau benda padat lainnya.

2. Reset TV

Reset TV mengacu pada proses memulai ulang TV dan melepaskan semua perangkat eksternal yang terhubung ke televisi. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan reset TV:

  • Cabut semua perangkat eksternal yang terhubung ke TV, seperti kabel HDMI, speaker aktif, dan kabel antena.
  • Cabut kabel TV dari stopkontak dan biarkan selama sekitar satu menit.
  • Setelah satu menit, hubungkan kembali kabel TV ke stopkontak dan nyalakan TV menggunakan remote.
  • Jika remote tidak berfungsi, tekan tombol daya fisik pada TV untuk menghidupkannya.
  • Jika TV menyala dan remote kembali berfungsi, Anda dapat menghubungkan kembali perangkat eksternal yang sebelumnya dicabut, seperti kabel HDMI, speaker aktif, dan kabel antena.

3. Mencoba Aplikasi Remote TV

Kini sudah tersedia banyak aplikasi remote TV yang dapat diunduh secara gratis. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi remote TV hanya dapat digunakan pada ponsel yang sudah dilengkapi dengan sensor infrared. Sebagai contoh, kami menggunakan ponsel Xiaomi sebagai remote TV. Berikut adalah panduan penggunaannya:

  • Buka aplikasi [Mi Remote] pada ponsel Xiaomi Anda.
  • Tekan ikon tambah (+) yang terletak di pojok kiri atas layar ponsel.
  • Pilih [TV] dan cari merek TV Anda.
  • Ikuti semua instruksi yang muncul sambil mengarahkan bagian depan ponsel ke arah TV.

Di atas telah dijelaskan beberapa penyebab TV tidak merespon remote dan dilengkapi dengan solusinya. Oleh karena itu, meskipun banyak faktor yang bisa menyebabkan remote TV tidak berfungsi, namun yang paling umum adalah baterai remote yang sudah melemah atau habis.

Bagikan:

Tinggalkan komentar