,

Pengertian Teknik Pointilis

oleh -
Pengertian Teknik Pointilis
Pengertian Teknik Pointilis

Pengertian Teknik Pointilis – Kegiatan menggambar adalah intinya inti dari karya seni rupa. Maksudnya adalah menggambar merupakan induk dari seni rupa.

Menggambar memanglah bentuk aktivitas yang berkaitan dengan mental dan fisik yang diapresiasikan dalam bentuk goresan tangan, menggunakan media dua dan tiga dimensi.

Dalam menggambar banyak sekali tekniknya seperti teknik gambar Linear, teknik gambar aquarel, teknik gambar plakat, teknik gambar arsir, teknik gambar blok (siluet), teknik gambar dussel (gosok), dan teknik gambar pointilis.

Kesemua dari teknik dalam menggambar tersebut tertuang dalam teknik menggambar bentuk dan teknik menggambar model.

Perlu Anda ketahui Teknik dalam menggambar dengan teknik pointilis ini juga di sebut dengan teknik pointilisme.

Baca Juga :   Persamaan Menggambar dan Melukis

Dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang pengertian teknik pointilis. Apa itu teknik pointilis? Apa yang dimaksud dengan teknik pointilis? Simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Teknik Pointilis

Pengertian Teknik Pointilis

Teknik Pointilis adalah teknik yang menitikberatkan pada penggunaan titik untuk dapat membentuk suatu gambar. Kerapatan dari penyusunan titik-titik adalah untuk menentukan gelap terang dari suatu objek supaya terlihat pejal terlehiat seperti adanya kesan tiga dimensional.

Dikutip dari wikipedia arti dari Pointillisme adalah salah satu teknik dalam lukisan yang memanipulasi ketidaksensitifan mata dalam meneliti detail kumpulan titik hingga mampu memberikan kesan keberadaan bidang atau warna baru.

Bahan, Media Dan Alat Untuk Teknik Pointilis

Untuk dapat menggambar dengan teknik pointilis perlu menggunakan Bahan cat atau tinta bisa berupa cat air, cat minyak,cat akrilik, tinta cina dan menggunakan pewarna lainnya.

Baca Juga :   5 Motif Ragam Hias

Bidang media untuk menggambar dengan teknik  pointilis ini dengan menggunakan kanvas, kertas, triplek, kaca, keramik, tembok dan lain sebagainya.

Alat yang digunakan bisa menggunakan kuas cat air, kuas cat minyak, pisau palet, palet, sprayer dan esel

Cara Menggambar Pointilis

Bagaimana cara menggambar dengan teknik pointilis? Cara menggambar dengan teknik pointilis sangatlah mudah di lakukan yaitu dengan cara:

  1. Latihanlah terlebih dahulu dengan cara membuat titik-titik di kertas kosong.
  2. Jika sudah latihan, Kamu buatlah gambar sketsa dari objek yang akan kamu gambar.
  3. Buatlah bayangan pada objek dengan menggunakan teknik stippling, hal ini bertujuan untuk memberikan kesan 3 dimensi pada gambar.
  4. Setelah itu terapkanlah latihan kamu pada nomer 1 tadi, buatlah titik-titik pada objek yang kamu gambar tadi.
  5. Penuhilah sampai benar-benar memebentuk gambar objek, sampai selesai.
Baca Juga :   Teknik Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Contoh

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai teknik pointilsme semoga pembahasan mengenai pengertian teknik pointilis ini bermanfaat untuk kalian semuanya dan menambah wawasan mengenai pengertian definisi dari teknik pointilis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *