, ,

Pengertian Teknik Plakat

oleh -
Pengertian Teknik Plakat
Pengertian Teknik Plakat

Pengertian Teknik Plakat – Kegiatan melukis adalah intinya inti dari karya seni rupa. Maksudnya adalah menggambar merupakan induk dari seni rupa.

Melukis memanglah bentuk aktivitas yang berkaitan dengan mental dan fisik yang diapresiasikan dalam bentuk goresan tangan, menggunakan media dua dan tiga dimensi.

Dalam menggambar banyak sekali tekniknya seperti teknik gambar Linear, teknik gambar arsir, teknik gambar blok (siluet), teknik gambar dussel (gosok), teknik gambar pointilis, teknik gambar aquarel, dan teknik gambar plakat.

Kesemua dari teknik dalam menggambar tersebut tertuang dalam teknik menggambar bentuk dan teknik menggambar model.

Dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian teknik Plakat. Apa itu teknik Plakat? Apa yang dimaksud dengan teknik Plakat? Berikut ini Penjelasannya:

Baca Juga :   Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme

Daftar Isi

Pengertian Teknik Plakat

Pengertian Teknik Plakat

Teknik Plakat adalah teknik melukis dengan cara menggunakan bahan cat poster atau cat air, akrilik maupun cat minyak dengan sapuan warna yang memanglah tebal.

Penggunaan komposisi cat dalam teknik plakat ini sangatlah kental karena untuk menambah kesan atau nuansa yang lebih berwarna, pekat dan padat.

Teknik melukis jenis ini jauh berbeda dengan teknik aquarel yangmana teknik aquarel menggunakan cat encer dengan goresan yang tipis tipis, akan tetetapi kalau teknik plakat menggunakan komposisi cat sehingga lebih berwarna, pekat dan menutupi keseluruhan medianya.

Baca Juga :   Pengertian Aliran Seni Lukis Romantisme

Bahan, Media Dan Alat Melukis Plakat

Setelah kita membahas mengenai pengertian dari plakat kali ini kita akan membahas mengenai bahan, media dan alat apa saja untuk melukis lukisan plakat?

Bahan yang digunakan untuk melukis dengan teknik plakat yaitu cat air, cat poster, cat akrilik, dan cat minyak.

Media yang digunakan untuk melukis dengan teknik plakat yaitu dengan menggunakan bidang datar seperti kanvas ataupun kertas lukis.

Alat yang digunakan untuk melukis dengan teknik plakat adalah kuas lukis dan palet warna.

Cara Melukis Teknik Plakat

Berikut ini adalah teknik-teknik untuk melukis dengan menggunakan teknik Plakat, perhatikan langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Langkah pertama yaitu tentukan tema gambar terlebih dahulu,
  2. Selanjutna buatlah sketsa gambar,
  3. Kemudian campurlah warna kesukaan Anda, biasanya teknik plakat menggunakan tiga paduan warna dasar yaitu merah, kuning, dan biru.
  4. Berilah Warna,
  5. Langkah yang terahir adalah keringkanlah.
Baca Juga :   Bahan Dan Media Beserta Unsur-Unsur Pewarnaan Dalam Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Unsur-Unsur Teknik Plakat

Penggunaan teknik plakat dalam melukis mempunyai 8 unsur-unsur, lantas apa saja unsur-unsur teknik plakat?

  1. Garis.
  2. Bidang.
  3. Bentuk.
  4. Warna.
  5. Tekstur.
  6. Nada Gelap-Terang.
  7. Ruang.

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai teknik Plakat semoga pembahasan mengenai pengertian teknik Plakat ini bermanfaat untuk kalian semuanya dan menambah wawasan mengenai pengertian definisi dari teknik Plakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *