fbpx

Pengertian Teknik Carving

Pengertian Teknik Carving – Dalam karya seni rupa terdapat karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensi. Karya seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang mempunyai tiga ukuran atau sisi atau bisa juga disebut dengan karya seni yang mempunyai volume dan menempati sebuah ruang.

Pembuatan karya seni rupa 3 dimensi terbagi atas 2 bagian yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni Rupa Murni adalah suatu karya seni yang terbentuk bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsionalnya, karena sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya karya seni rupa murni ini sering digunakan hanya untuk pajangan (keindahan ruangan).

Seni Rupa Terapan adalah karya seni yang tidak hanya sebagai dinikmati keindahannya saja, akan tapi juga mempunyai fungsi untuk dapat membantu kehidupan manusia. Seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsinya daripada nilai keindahannya.

Dalam postingan kali ini kami akan menjelaskan Pengertian Teknik Carving. Teknik Carving pada dasarnya teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni 3 dimensi yaitu patung.

Dikutip dari wikipedia Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin.

Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat dengan cara dipahat dan sebagainya yang terbuat dari bahan batu, kayu, dan sebagainya.

Teknik Membuat Patung

Teknik Membuat Patung
Teknik Membuat Patung

Dalam Perkembangannya teknik dalam pembuatan patung ada berbagai macam, berikut ini adalah teknik-teknik dalam membuat patung yaitu:

1. Teknik Pahat

Teknik pahat dalam pembuatan patung adalah suatu teknik yang dilakukan pada proses pembuatan patung yang dengan bahan dasar keras sepertihalnya kayu, batu gunung, batu  granit dan bahan dasar yang berstruktur keras lainnya, pembuatan ini dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit bagian-bagian tertentu pada bahan dasarnya sehingga membentuk patung yang diinginkan.

2. Teknik Modeling

Teknik Modeling dalam pembuatan patung adalah suatu teknik yang pembuatannya yaitu dengan cara seniman patung tersebut membuat model patung yang akan dibuat terlebih dahulu setelah itu barulah proses pembentukan patungnya.

3. Teknik Merakit

Teknik merakit dalam pembuatan patung ini adalah teknik dengan cara pembuatannya merakit bahan dasar pembuatan patung yang selanjutnya dirangkai.

4. Teknik Butsir

Teknik Butsir dalam pembuatan patung adalah teknik yang dengan cara mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam dan bahan-bahan yang lainnya yang mempunyai struktur lunak lainnya yang hasilnya nantinya akan tercipta karya patung yang memiliki nilai keindahan.

5. Teknik Membentuk

Teknik Membentuk dalam pembuatan patung adalah suatu teknik dengan cara membentuk patung secara bertahap sehingga nantinya akan tercipta bentuk patung yang diinginkan. Dalam pembuatan patung dengan teknik ini lebih memerlukan ketelitian dari senimannya. Akan tetapi kualitas yang diperoleh dari pembuatan patung dengan teknik ini  lebih bagus karena seniman tersebut menggunakan perasaan dalam pembuatan patung.

6. Teknik Cor

Teknik Cor ini adalah  pembuatan patung yang berbahan dasar logam. Pembuatannya yaitu diawali dengan memanaskan logam hingga logam tersebut mencair yang selanjutnya dituangkan kedalam cetakan patung yang telah dibentuk wujud patungnya.

Baca Juga:  5+ Teknik Menggambar Ilustrasi

Pengertian Teknik Carving

Pengertian Teknik Carving
Pengertian Teknik Carving

Teknik Carving adalah Suatu teknik pada pembuatan karya seni patung yang bertujuan untuk mengurangi sedikit demi sedikit dan membersihkan bagian yang tidak diinginkan sehingga menjadi bentuk patung yang sesuai yang diinginkan. Berarti teknik Carving ini sama dengan teknik Pahat.

Teknik carving sendiri merupakan suatu teknik yang sulit untuk dilakukan, karena memang pada dasarnya teknik ini membutuhkan penguasaan teknik yang khusus dan mempunyai suatu konsep yang cukup matang sebelum melakukan teknik ini.

Teknik Carving

Dalam penerapannya teknik carving ini ada 2 golongan tergantung dari bahan yang dibuat, yaitu sebagai berikut:

1. Stone Carving

Stone carving adalah patung yang pembuatannya patungnya dari batu andesit, marmer, batu gunung dan lain sebagainya.

2. Wood Carving

Wood Carving adalah patung yang pembuatan patungnya dari bahan dasar kayu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *