, ,

Pengertian Teknik Blok (Siluet)

oleh -
Pengertian Teknik Blok
Pengertian Teknik Blok

Pengertian Teknik Blok (Siluet) – Kegiatan menggambar adalah intinya inti dari karya seni rupa. Maksudnya adalah menggambar merupakan induk dari seni rupa.

Menggambar memanglah bentuk aktivitas yang berkaitan dengan mental dan fisik yang diapresiasikan dalam bentuk goresan tangan, menggunakan media dua dan tiga dimensi.

Dalam menggambar banyak sekali tekniknya seperti teknik gambar Linear, teknik gambar dussel (gosok), teknik gambar pointilis, teknik gambar aquarel, teknik gambar plakat, teknik gambar arsir, dan teknik gambar blok (siluet).

Kesemua dari teknik dalam menggambar tersebut tertuang dalam teknik menggambar bentuk dan teknik menggambar model.

Dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang pengertian teknik blok (siluet). Apa itu teknik blok (siluet)? Apa yang dimaksud dengan teknik blok (Siluet)? Simak penjelasannya berikut ini:

Baca Juga :   Persamaan Menggambar dan Melukis

Pengertian Teknik Blok (Siluet)

Pengertian Teknik Blok
Pengertian Teknik Blok

Teknik blok adalah suatu teknik menggambar dengan cara menutup pada bagian objek gambar dengan menggunakan satu warna, sehingga nantinya hanya terlihat bentuk globalnya (siluet) atau juga bisa akan menimbulkan kesan blok.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Arti dari Siluet adalah gambar bentuk menyeluruh secara blok, biasanya berwarna gelap

Dikutip dari wikipedia Siluet adalah gambar manusia, binatang, pemandangan, atau benda lain dalam bentuk padat dan biasanya hanya terdiri dari satu warna saja, yaitu hitam.

Alat Untuk Teknik Blok (Siluet)

Alat untuk dapat menggambarkan dengan teknik Blok (Siluet) antara lain yaitu pensil, spidol, tinta, bolpoin atau bisa juga menggunakan alat-alat yang lainnya.

Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Cara Menggambar Blok (Siluet)

Bagaimana cara menggambar dengan teknik blok (siluet)? Cara menggambar dengan teknik siluet mudah untuk dilakukan yaitu dengan cara :

  1. Gambarlah telebih dahulu objek yang akan di gambar, seperti manusia, hewan, tumbuhan, ataupun benda-benda lainnya.
  2. Setelah selesai menggambar selanjutnya tutuplah objek gambar menggunakan satu warna yaitu biasanya dengan warna hitam.
  3. Selesai, gambar siluet jadi.

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai teknik blok (siluet) semoga pembahasan mengenai pengertian teknik siluet ini bermanfaat untuk kalian semuanya dan menambah wawasan mengenai pengertian definisi dari teknik siluet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *