, ,

Pengertian Teknik Arsir

oleh -
Teknik Menggambar Arsir
Teknik Menggambar Arsir

Pengertian Teknik Arsir – Aktivitas menggambar merupakan dasarnya dasar dari karya seni rupa. Artinya, bahwa menggambar merupakan induk dari seni rupa. Menggambar memanglah bentuk aktivitas yang berkaitan dengan mental dan fisik yang diapresiasikan dalam bentuk goresan tangan, menggunakan media dua dan tiga dimensi.

Dalam menggambar banyak sekali tekniknya seperti teknik gambar Linear, teknik gambar blok (siluet), teknik gambar dusel (gosok), teknik gambar pointilis, teknik gambar aquarel, teknik gambar plakat, dan teknik gambar arsir.

Yangmana kesemua teknik tersebut tertuang dalam teknik menggambar bentuk dan teknik menggambar model.

Dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian teknik arsir. Apa itu teknik arsir? Apa yang dimaksud dengan teknik arsir? Simak penjelasannya dibawah ini:

Baca Juga :   Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Pengertian Teknik Arsir

Pengertian Teknik Arsir

Teknik arsir adalah teknik menggambar dengan menggunakan garis-garis sejajar atau menyilang untuk menentukan gelap terang objek suatu gambar sehingga terlihat seperti tiga dimensi  dan bertujuan untuk dapat mengisi bidang kosong. Teknik asir yang dibuat dengan cara menggores-goreskan pensil, tinta, spidol, atau alat-alat yang lainnya kemudian hasilnya nanti berupa garis-garis berulang yangmana akan membuat kesan gelap-terang, gradasi, atau kesan dimensi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti dari arsir adalah garis-garis kecil sejajar berbayang.

Jenis dari teknik arsir yang paling populer adalah tebal tipis. Untuk dapat menghasilkan suatu karya seni arsiran yang tebal maupun tipis dibutuhkan upaya seperti memiringkan pensil dan juga harus mengatur penekanan pensil saat mengarsir.

Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Alat Untuk Teknik Arsir

Alat untuk dapat menggambarkan dengan teknik arsir antara lain yaitu pensil, spidol, tinta, bolpoin atau bisa juga menggunakan alat-alat yang lainnya.

Cara Menggambar Arsir

Cara untuk dapat menggambar dengan menggunakan teknik arsir cukuplah mudah yaitu menggores-goreskan pensil, tinta, spidol, bolpoin, atau alat-alat yang lainnya kemudian hasilnya nanti berupa garis-garis berulang yangmana akan membuat kesan gelap-terang, gradasi, atau kesan dimensi.’

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai teknik arsir semoga pembahasan mengenai pengertian teknik arsir ini bermanfaat untuk kalian semuanya dan menambah wawasan mengenai pengertian definisi dari teknik arsir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *