, ,

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

oleh -
Seni Rupa 3 Dimensi
Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 3 dimensi – Dalam hal karya seni rupa tentu saja tidak lepas dengan istilah seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi.

Dalam postingan sebelumnya kita sudah membahas mengenai seni rupa 2 dimensi, selanjutnya kita akan membahas seni rupa 3 dimensi. Aoa itu karya seni rupa 3 dimensi? Sebelum kepembahasan kita harus mengerti dahulu pengertian seni rupa.

Pengertian Seni Rupa Menurut KBBI

Pengertian seni rupa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya).            

Sedangkan rupa adalah seni pahat dan seni lukis.

Arti dari seni rupa adalah keahlian untuk dapat membuat suatu karya yang bermutu yang mencakup seni pahat dan seni lukis.

Menyalinkode AMP

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan penjelasan para ahli tentang pengertian dari seni rupa:

Baca Juga :   Pengertian Teknik Aquarel

Menurut Kumala Devi Chattopadhayaya

Seni rupa adalah sebuah ungkapan ekspresi yang salurkan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Artinya bahwa seni rupa merupakan suatu jembatan untuk dapat membikin orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

Menurut Coorig Hartong

Seni rupa adalah sebuah cara untuk dapat mengekspresikan jiwa dan emosinya, sehingga orang lain dapat ikut menikmatinya.

Definisi Seni Rupa Secara Umum

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang mempergunakan media indra penglihatan untuk dapat melihat dan dapat dirasakan indra peraba untuk dapat dirasakan. Artinya apa? Artinya bahwa seni ini mempunyai ciri-ciri yang dapat dilihat serta dapat diraba. Dilihat dari bentuk pembuatannya, seni rupa terbagi atas dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

Artinya apa? Artinya adalah bahwa seni rupa mempunyai ciri-ciri yang dapat dilihat serta diraba. Dilihat dari bentuknya seni rupa terbagi atas dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi. Berikut ini adalah Pengertian dari Seni Rupa 3 Dimensi.

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang mempunyai tiga ukuran atau sisi atau juga bisa disebut karya seni yang mempunyai volume dan menempati sebuah ruang. Sehingga karya seni rupa 3 dimensi bisa dinikmati dan dilihat dari Segala arah.

Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi
pengertian seni rupa 3 dimensi

Pembuatan Karya seni rupa 3 dimensi juga terdapat pembagian karya seni rupa 3 dimensi, berikut penjelasannya:

Pembagian Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Pembuatan dari karya seni rupa 3 Dimensi terbagi atas dua bagian yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lantas apa pengertian dari seni rupa murni dan terapan?

Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni adalah suatu karya seni yang terbentuk bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan keindahan dari pada fungsionalnya, karena sebagai kepuasan pandangan mata saja dan biasanya karya seni rupa murni ini sering digunakan hanya untuk pajangan (keindahan ruangan).

Seni Rupa Terapan

Seni Rupa Terapan adalah karya seni yang tidak hanya sebagai dinikmati keindahannya saja, akan tapi juga mempunyai fungsi untuk dapat membantu kehidupan manusia. Seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsinya daripada nilai keindahannya.

Unsur-Unsur Dalam Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi mempunyai berbagai macam unsur khusus pembentuknya seperti titik, garis, bidang, warna dan juga bentuk. Unsur-unsur seni rupa 3 dimensi ini digunakan untuk dapat mempercantik bentuk pada karya seni rupa 3 dimensi. Berikut ini adalah unsur-unsur dalam seni rupa 3 dimensi:

Baca Juga :   Perbedaan Menggambar dan Melukis

a. Titik

Titik adalah unsur dari karya seni rupa yang paling dasar dan paling kecil.

b. Garis

Garis adalah goresan atau batas suatu benda, ruang, bidang, warna, tekstur dan lain sebagainya. Garis mempunyai dimensi yang pada dasarnya memanjang dan memiliki arah tertentu. Garis juga mempunyai berbagai macam sifat seperti panjang, pendek, horizontal, vertikal, tipis, lurus, berombak, melengkung, tebal, patah-patah, miring, halus dan lain sebagainya.

c. Bidang

Bidang adalah salah satu karya seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis yang disebut bidang. Bidang mempunyai dimensi panjang, lebar atau bisa disebut juga dengan sebutan pipih.

d. Bentuk

Bentuk disini bisa diartikan sebagai bangun atau plastis. Bentuk mempunyai dimensi panjang, lebar dan tinggi, oleh karena itu bentuk memiliki isi atau volume.

e. Tekstur

Tekstru adalah sifat permukaan sebuah benda. Berdasarkan jenisnya tekstur terbagi atas dua bagian yaitu tekstur nyata dan juga tekstur semu.

Tekstur nyata adalah tekstur yang mempunyai nilai dan kandungan yang sama dengan indra pengelihatan dan indra perabaan, sedangkan tekstru semua adalah tekstur yang tidak memiliki nilai dan kandungan yang sama dengan indra pengelihatan dan indra perabaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menyalinkode AMP