, ,

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi Adalah

oleh -
Seni Rupa 2 Dimensi
Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian seni rupa 2 dimensi Adalah – Dalam hal seni rupa tak lepas dengan istilah seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Apa itu karya seni rupa 2 dimensi? Sebelumnya kita akan membahas pengertian seni rupa.

Pengertian Seni Rupa Menurut KBBI

Pengertian seni rupa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, dan sebagainya).

Sedangkan rupa adalah seni pahat dan seni lukis.

Arti dari seni rupa adalah keahlian untuk dapat membuat suatu karya yang bermutu yang mencakup seni pahat dan seni lukis.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan beberapa definisi dan pengertian dari seni rupa menurut para ahli beserta penjelasannya.

Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi

Menurut Haukin

Seni rupa adalah termasuk dari ekspresi jiwa manusia yangmana diimajinasikan dan diterapkan ke dalam bentk sebuah benda.

Menurut Kottak

Seni rupa adalah suatu seni yang memiliki kualitas, hasil ekspresi serta keindahan alam dan berbagai hal yang melebihi dari keasliannya.

Menurut La Mery

Seni rupa adalah penglihatan yang dilaksanakan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. Maksudnya, seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada bentuk keindahan.

Menurut J.J. Hogman

Seni rupa adalah suatu bentuk hal yang mempunyai berbagai macam unsur meliputi ideas, activities, dan artifacts.

Menurut Aristoteles

Seni rupa adalah hasil karya seni yang berdasarkan pada peniruan terhadap alam akan tetapi mempunyai sifat yang ideal.

Pengertian Seni Rupa Secara Umum

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang menggunakan media yang dapat di lihat oleh indra penglihatan dan dapat dirasakan indra peraba.

Artinya apa? Artinya adalah bahwa seni ini mempunyai ciri-ciri dapat dilihat serta diraba. Dilihat dari bentuknya seni rupa terbagi atas dua, yaitu seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi. Berikut ini adalah Pengertian dari seni rupa 2 dimensi.

Baca Juga :   Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi

Seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni yang hanya mempunyai dua ukuran atau sisi, artinya mempunyai ukuran lebar dan panjang saja, tanpa mempunyai dimensi ketiga yaitu ruang. Jadi Anda hanya dapat melihat dengan melalui satu arah.

Biasanya seni rupa 2 dimensi ini adalah identik dengan menggambar (melukis) misalnya saja melukis flora, fauna dan alam benda.

Istilah ini muncul pada saat seni rupa dibedakan berdasarkan bentuk dimensinya, yaitu karya seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi.

Penggolongan yang dilakukan seperti ini supaya Anda dapat dengan mudah memahami perbedaan dalam karya seni rupa.

Misalnya saja, seni rupa juga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, yaitu ada seni rupa terapan (applied art) yang dalam pembuatannya dengan cara melalui proses perancangan (desain)/

Baca Juga :   Pengertian Teknik Arsir

Ada karya seni rupa murni yang dibuat dengan bertujuan untuk dapat dinikmati keindahan dan keunikannya karya seni rupa dengan tanpa mempertimbangkan fungsi dari praktisnya.

Selain berdasarkan pada bentuk (dimensi) dan fungsinya, karya seni rupa juga Anda bisa bedakan berdasarkan karakteristik dalam medianya yaitu alat, teknik, dan bahan dan orientasi pembuatannya. Berdasarkan dari karakteristik tersebut, seni rupa terbagi atas seni lukis, seni grafis, seni patung, seni kriya, dan desain.

Ketika Anda mengerti dari setiap jenis seni rupa berdasarkan fungsinya, maka akan Anda jauh lebih mudah untuk dapat mengapresiasi atau menciptakan suatu karya yang unik yang ingin Anda pelajari, karena dari setiap jenis karya seni rupa yang berbeda, maka akan membutuhkan perawatan yang berbeda pula.

Demikianlah artikel postingan dari kami yang membahas mengenai pengertian dari seni rupa 2 dimensi, semoga artikel dari kami dapat menambah pengetahuan Anda mengenai seni rupa 2 dimensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *