fbpx

Pengertian Patung Yang Harus Anda Ketahui!

Pengertian Patung – Dalam karya seni rupa tentu saja kalian pasti mengenal karya seni rupa 2 dimensi dan karya seni rupa 3 dimensi, salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi adalah patung.

Patung merupakan suatu karya seni yang sudah ada sejak zaman dahulu kala dan sampai saat ini karya seni patung terus berkembang. Karya seni patung ini menghasilkan bentuk tiga dimensi dalam pembuatannya dibuat dengan berbagai macam teknik seperti teknik pahat, modeling ataupun kasting.

Orang yang membuat patung disebut dengan pematung dan hasil dari suatu karya seni patung itu sendiri pada umumnya di buat untuk memenuhi kebutuhan batin manusia, mempunyai nilai-nilai tersendiri atau hanya sekedar dinikmati nilai keindahannya saja.

Dalam postingan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian Patung. Apa itu patung?

Pengertian Patung

Pengertian Patung
Pengertian Patung

Patung adalah suatu karya seni yang diciptakan dengan cara membentuk bahan yang mempunyai volume atau ruang dengan menggunakan bahan berupa kayu, tanah liat, baru, logam dan bahan lainnya. Pembuatan patung bisa substraktif dan aditif.

Substraktif adalah teknik dengan cara mengurangi bahan seperti dipahat, dipotong, dicukil. Sedangkan Aditif adalah teknik dengan cara menambahkan bahan seperti mengecor dan mencetak.

Dikutip dari wikipedai mengenai patung adalah Dikutip dari wikipedia Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni. Orang yang menciptakan patung disebut pematung. Tujuan penciptaan patung adalah untuk menghasilkan karya seni yang dapat bertahan selama mungkin.

Baca Juga:  Harus Tahu! 5 Bagian Kuat Tubuh yang Perlu Anak Jaga

Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Patung adalah tiruan bentuk orang, hewan, dan sebagainya dibuat dengan cara dipahat dan sebagainya yang terbuat dari bahan batu, kayu, dan sebagainya.

Lantas Apa saja manfaat Fungsi dari Patung itu?

Fungsi Patung

  1. Patung berfungsi untuk dapat memperindah suatu ruangan atau lingkungan sekitarnya.
  2. Patung berfungsi untuk dapat mengenang jasa tokoh ataupun kelompok tertentu sepertihalnya pahlawan suatu negara atau bisa juga untuk memperingati peristiwa bersejarah.
  3. Patung berfungsi untuk memenuhi konsumen, artinya patung berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pasar sehingga dapat diminati untuk dibeli.
  4. Patung berfungsi sebagai pelengkap suatu bangunan sehingga bangunan tersebut lebih terpadu nan harmonis dengan desain yang sudah di rancang.
  5. Bagi beberapa agama patung berfungsi sebagai bentuk kepercayaan dan mempunyai makna religi dan digunakan sebagai sarana untuk beribadah.

Teknik Membuat Patung

Teknik Membuat Patung
Teknik Membuat Patung

Dalam Perkembangannya teknik dalam pembuatan patung ada berbagai macam, berikut ini adalah teknik-teknik dalam membuat patung yaitu:

1. Teknik Pahat

Teknik pahat dalam pembuatan patung adalah suatu teknik yang dikerjakan pada proses pembuatan patung yang dengan bahan dasar keras seperti batu gunung, batu granit, kayu dan lain sebagainya. Teknik pahat ini dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit bagian-bagian tertentu sehingga nantinya akan terbentuk patung yang diinginkan.

2. Teknik Modeling

Teknik Modeling dalam pembuatan patung adalah suatu teknik yang pembuatannya yaitu dengan cara seniman patung tersebut membuat model patung yang akan dibuat terlebih dahulu setelah itu barulah proses pembentukan patungnya.

3. Teknik Merakit

Teknik merakit dalam pembuatan patung ini adalah teknik dengan cara pembuatannya merakit bahan dasar pembuatan patung yang selanjutnya dirangkai.

4. Teknik Butsir

Teknik Butsir dalam pembuatan patung adalah teknik yang dengan cara mengurangi bahan lunak seperti tanah liat, gips malam dan bahan-bahan yang lainnya yang mempunyai struktur lunak lainnya yang hasilnya nantinya akan tercipta karya patung yang memiliki nilai keindahan.

Baca Juga:  5+ Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Dalam Karya Seni Rupa

5. Teknik Membentuk

Teknik Membentuk dalam pembuatan patung adalah suatu teknik dengan cara membentuk patung secara bertahap sehingga nantinya akan tercipta bentuk patung yang diinginkan. Dalam pembuatan patung dengan teknik ini lebih memerlukan ketelitian dari senimannya. Akan tetapi kualitas yang diperoleh dari pembuatan patung dengan teknik ini  lebih bagus karena seniman tersebut menggunakan perasaan dalam pembuatan patung.

6. Teknik Las

Teknik Las dalam pembuatan patung adalah dengan cara menggabungkan atau menyatukan bahan ke bahan yang lain untuk memperoleh bentuk yang diinginkan pembuat patung. Pada umumnya teknik las ini digunakan untuk dapat menggabungkan bahan logam dan merakitnya menjadi bentu yang diinginkan.

7. Teknik Cor

Teknik Cor dalam pembuatan patung adalah dengan cara membuat cetakan patung terlebih dahulu, kemudian bahan adonan cor selanjutnya dituangkan kedalam cetakan, sehingga nantinya akan menciptakan bentuk sesuai dengan cetakan tersebut.

8. Teknik Cetak

Teknik cetak dalam pembuatan patung adalah dengan cara cetakan patung dipersiapkan terlebih dahulu, akan tetapi bahan adonan untuk patung tidak harus dicor atau dituangkan, bahan yang lunak ataupun bahan yang sedang bisa langsung dijepit menggunakan cetakan Bivalve (cetakan bivalve terbuat dari batu yang direkatkan yang direkatkan atau di ikat dengan tali di ke-2 sisinya).

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai pengertian patung. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami karya seni patung. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *