Pengertian Menggambar Dalam Karya Seni Rupa

4 min read

Pengertian Menggambar

Pengertian Menggambar – Aktivitas menggambar merupakan dasarnya dasar dari karya seni rupa. Artinya, bahwa menggambar merupakan induk dari seni rupa. Menggambar memanglah bentuk aktivitas yang berkaitan dengan mental dan fisik yang diapresiasikan dalam bentuk goresan tangan, menggunakan media dua dan tiga dimensi.

Pengertian menggambar dapat menggunakan imajinasi dan perasaan dengan melalui media dan alat gambar seperti pensil, bolpoin, krayon, kertas gambar, alat dan media lain yang dapat digunakan untuk dapat menggambar.

Baca Juga;

Menggambar haruslah mengikuti prosedur-prosedur yang harus dilaksanakan dan juga menggambar haruslah mengikuti kaidah-kaidah dalam seni rupa yang lugas, imajinatif, kreatif, dan menyenangkan dengan selalu tetap memperhatikan unsur-unsur dari seni rupa seperti titik, garis, warna, dan bidang.

Selain itu menggambar juga harus tetap memperhatikan prinsip-prinsip dari seni rupa seperti proporsi, komposisi, keseimbangan, tekstur, dan gelap terang.

Dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian menggambar, sebelum kepokok pembahasan kita akan membahas pengertian gambar. Berikut penjelasannya.

Pengertian Gambar

Pengertian Gambar
Pengertian Gambar

Gambar adalah suatu peniruan sesuatu baik itu manusia, hewan, tumbuhan, alam, benda-benda dan lain sebagainya yang dibuat dengan menggunakan coretan pensil dan bisanya dengan menggunakan media kertas.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tentang pengertian gambar adalah tiruan barang (orang, binatang, tumbuhan, dan sebagainya) yang dibuat dengan coretan pensil dan sebagainya pada kertas dan sebagainya.

Dikutip dari wikipedia tentang gambar atau bahasa inggrisnya image adalah kombinasi antara titik, garis, bidang, dan warna untuk menciptakan suatu imitasi dari suatu objek–biasanya objek fisik atau manusia. Citra bisa berwujud gambar (picture) dua dimensi, seperti lukisan, foto, dan berwujud tiga dimensi, seperti patung.

Baca Juga : Pengertian Gambar Ilustrasi Yang Harus Anda Ketahui!.

Selanjutnya kita akan membahas pokok pembahasan kita yaitu mengenai pengertian menggambar, definisi menggambar, apa itu menggambar? Simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga:  5+ Teknik Seni Rupa 3 Dimensi Dalam Karya Seni Rupa

Pengertian Menggambar

Pengertian Menggambar
Pengertian Menggambar

Dalam pembahasan awal ini kita akan membahas tentang pengertian Menggambar. Gambar adalah sesuatu yang universal dan memanglah sudah dikenal jauh sebelum manusia mengenal tentang tulisan.

Gambar sudah dikenal dikalangan masyarakat sejak zaman purba. Pada saat zaman purba, gambar memanglah sangat sering dihubungkan dengan aktivitas manusia dan roh para leluhur yang dianggap memberi suatu keberkahan dan perlindungan.

Bagi manusia yang berada pada zaman purba, gambar tidak sekedar sebagai alat untuk dapat berkomunikasi kepada roh leluhur saja, akan tetapi juga dapat memberikan kekuatan dan motivasi untuk dapat terus bertahan hidup.

Menggambar adalah suatu teknik yang tidak hanya melibatkan aktivitas fisik semata, akan tetapi juga mental. Aktivitas yang berkaitan dalam hal fisik disini maksudnya berhubungan dengan mempunyai keterampilan dalam menggunakan peralatan menggambar (skill), sedangkan mental berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia untuk dapat melakukan aktivitas menggambar memerlukan media yang tepat, alat serta bahan yangmana tentu saja berubah sesuai dengan perkembangan zaman.

Jika pada zaman purba manusia melakukan aktivitas menggambar dengan menggunakan bahan dan media yang sudah tersedia di alam, maka pada zaman sekarang ini media dan peralatan menggambar sudah diproduksi oleh pabrik sebagai komoditas ekonomi.

Bahkan pada zaman yang sudah canggih ini kita bisa menggambar dengan menggunakan alat yang bernama smartphone.

Baca Juga : Perbedaan Menggambar dan Melukis.

Manusia dengan menggambar dapat menyampaikan gagasan, ide, serta simbol sebagai salah satu bentuk ekspresi yang meraka rasakan. Jadi, menggambar merupakan salah satu sarana untuk dapat mengekspresikan yang dirasakan.

Dalam Kamus besar bahasa indonesia arti dari menggambar adalah membuat gambar; melukis.

Jadi, pada dasarnya pengertian menggambar itu sesuatu hal yang menyenangkan karena dapat mengahas kemampuan kita dan juga bisa berkaitan dengan rasa, karsa, dan daya cipta untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga:  Perbedaan Menggambar dan Melukis

Setelah kita mengetahui tentang pengertian menggambar, selanjutnya kita akan membahas mengenai komposisi menggambar.

Komposisi Menggambar

Perlu kamu ketahui bahwa dalam hal komposisi dalam menggambar dapat dibedakan dalam dua jenis yaitu simetris dan asimetris.

Dalam hal komposisi simetris menunjukkan bahwa objek di bagian kanan sama atau mirip dengan objek di bagian kiri bidang gambar, Sedangkan Komposisi asimetris menunjukkan bahwa objek di bagian kanan tidaklah sama atau mirip dengan objek di bagian kiri bidang gambar, akan tetapi terkesan menunjukkan keseimbangan.

Benda yang memiliki warna gelap mempunyai kesan lebih berat daripada benda lain yang besarnya sama dengan benda tersebut, akan tetapi berwarna terang.

Dalam hal penguasaan komposisi merupakan hal yang paling penting sebelum melakukan aktivitas menggambar. Jika sudah dapat menguasai komposisi dalam menggambar, maka hal tersebut akan membimbing dan mengarahkan susunan objek dalam menggambar.

Objek Menggambar

Menggambar tidaklah hanya mengandalkan dari imajinasi yang dimiliki saja, akan tetapi juga terkadang memerlukan objek untuk menggambar.

Alam semesta adalah suatu objek yang tidak akan pernah ada habisnya untuk terus digambar. Kekayaan dari flora, fauna dan juga alam benda merupakan suatu objek yang dapat digambar. Keindahan dari flora, fauna dan juga alam benda adalah sumber untuk dapat mencari inspirasi dan eksplorasi dalam hal menggambar.

Alat dan Media Gambar

Sebagai sarana untuk dapat belajar menggambar, alat dan media mempunyai berbagai variasi dan macamnya. Anda dapat menggunakan pensil dengan bahan grafit, bolpoin, pensil warna dan krayon. Setiap alat dan media tersebut mempunyai karakter yang masing-masing berbeda.

Beberapa Macam Alat dan Media gambar yang bisa Anda Gunakan yaitu sebagai berikut:

1.  Pensil

Pensil dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pensil yang mempunyai tanda “H” dan pensil yang mempunyai tanda “B”. Pensil H mempuunyai sifat yang keras dan sangatlah cocok digunakan untuk dapat membuat garis yang tipis, sedangkan utuk pensil B mempunyai sifat yang lunak dan sangatlah cocok digunakan untuk membuat garis tebal ataupun hitam pekat.

Baca Juga:  Pengertian Aliran Seni Lukis Naturalisme Dalam Karya Seni Lukis

Pensil H dan pensil B dapat dibedakan dari segi tingkat kekerasan dan kepekatan dari hasilnya. Pensil H dan pensil B diberi tanda angka untuk dapat membedakan jenisnya. Untuk penggunaan pensil B, semakin besar angkanya, maka semakin lunak sifatnya dan semakin pekat hasil goresannya. Untuk pensil H, semakin besar angkanya, makin keras pula sifatnya dan semakin tipis hasil goresannya.

2.  Pensil Warna

Pensil warna memiliki variasi warna yang cukup banyak dapat menghasilkan warna yang lembut. Anda dapat menggunakan pensil warna untuk dengan indah mewarnai gambar dengan cara gradasi, yaitu dengan cara pemberian warna dari arah yang gelap diteruskan ke arah yang lebih terang atau bisa juga sebaliknya.

3.  Krayon

Perlu Anda ketahui bahwa bentuk dari krayon ada dua jenis yaitu dalam bentuk jenis pensil dan batangan. Kedua jenis bentuk krayon tersebut ada yang berbahan yang mempunyai sifat lunak dan keras.

Krayon dengan mempunyai sifat lunak tidak banyak mengandung minyak, sehingga dapat Dicampuradukkan satu sama lain dengan menggunakan tangan. Kesan yang terlihat dari jenis kryaon berbentuk pensil dan batangan ini adalah lembut ataupun cerah.

4.  Bolpoin

Selain dapat digunakan untuk menulis bolpoin juga bisa Anda gunakan untuk dapat menggambar. Gambar yang dihasilkan mempunyai karakter yang sangatlah kuat dan gambar disini umumnya berupa arsiran.

5.  Kertas Gambar

Menggambar pada dasarnya harus memerlukan kertas yang berwarna netral seperti putih, abu-abu, maupun coklat dan bisa dengan mudah untuk menyerap atau mengikat bahan pewarna. Kertas gambar yang dapat digunakan dengan berbagai macam alat gambar misalnya saja kertas Padalarang. Pastel khususnya membutuhkan kertas dengan permukaan kertas tersebut agak kasar, misalnya saja kertas karton.

Demikianlah pembahasan kami mengenai pengertian menggambar, semoga postingan artikel kami ini dapat memudahkan Anda untuk memahami tentang pengertian menggambar, semoga bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *