Pengertian Landing Page serta Perbedaan dengan Website dan Microsite - Belajar Teknologi dan Investasi - DjoNews
Menu
Situs Tentang Belajar Teknologi serta Investasi Lengkap

Pengertian Landing Page serta Perbedaan dengan Website dan Microsite

  • Bagikan

Djonews.com, SEO  –  Apakah kamu tahu apa itu Landing Page? Serta apakah kamu tau Bedanya dengan Website & Microsite

Pada artikel ini, kita akan membahas secara lengkap apa itu landing page beserta perannya dalam bisnis Anda.

Kita akan belajar mulai dari pengertian, perbedaan, jenis-jenis, fungsi, dan tidak lupa juga beberapa contoh yang akan membuat Anda semakin paham kegunaan dari landing page. Teruskan membaca sampai habis, ya!

Apakah yang Dimaksud dengan Landing Page?

Jika Anda sering berselancar di dunia internet, tentu secara sadar atau tidak sadar Anda pasti pernah mengunjungi sebuah landing page. Tapi apakah Anda tahu apakah landing page tersebut?

Landing Page adalah suatu halaman khusus yang dibuat dengan tujuan spesifik untuk mengarahkan pelanggan melakukan sebuah aksi tertentu, seperti membeli, memesan, atau pun mengisi formulir.

Biasanya pelanggan akan mengklik iklan atau pun promosi Anda dalam bentuk apapun, setelah itu mereka akan diarahkan untuk mengunjungi sebuah situs. Nah, situs tempat mendarat itulah yang disebut dengan landing page.

Di dalam landing page tersebut, dimuatlah berbagai informasi tertentu, seperti detail produk/layanan, fitur, keunggulan, media digital (e-book, video, audio), tombol aksi, dan sebagainya.

Landing page ini akan berguna sekali dalam kampanye marketing dalam bisnis Anda, karena perannya yang krusial dalam mengkonversi pelanggan yang masuk menjadi transaksi.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai perbedaan dari ketiga jenis situs yang seringkali ditemui di internet, yaitu antara landing page, website, dan juga microsite.

Perbedaan Landing Page, Website, dan Microsite

Sekilas jika Anda perhatikan, ketiga jenis situs ini memanglah sama. Akan tetapi, terdapat perbedaan mendasar apabila kita menggalinya lebih dalam dari sisi tujuan penggunaan, karakterisik, dan juga bentuknya.

A. Landing Page

Dari sisi tujuan, penggunaan landing page ini sangatlah spesifik. Entah itu untuk mempromosikan sebuah produk/layanan, ataupun mendapatkan data pelanggan yang telah mengklik iklan promosi Anda.

Selain itu, landing page biasanya hanya terdiri dari 1 halaman, tapi juga ada beberapa yang menggunakan 2 halaman atau lebih, namun masih berkaitan satu sama lain.

B. Website

Penggunaan website jauh lebih luas dibandingkan dengan landing page ataupun microsite. Anda bisa menggunakan website sebagai identitas bisnis, sekaligus menampilkan semua produk/layanan yang Anda tawarkan.

Website umumnya terdiri dari banyak halaman, dengan beberapa halaman utama seperti Beranda, Kontak, Tentang, dan lain-lain, dan juga halaman Blog.

Memiliki website juga memungkinkan bisnis Anda untuk muncul di halaman pencarian Google apabila memiliki SEO yang bagus.

C. Microsite

Sedikit penjelasan, Microsite adalah bentuk mini dari sebuah website yang digunakan untuk suatu tujuan tertentu. Microsite ini memuat informasi yang sederhana, dan dengan navigasi yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan website.

Tujuan dari microsite sendiri juga spesifik sama seperti landing page. Bedanya, microsite ini biasanya digunakan untuk mendukung sebuah rangkaian kampanye.

Contohnya adalah sebuah kampanye event online nasional yang dikelola oleh suatu brand. Di dalam microsite-nya nanti akan ada halaman-halaman seperti agenda acara, profil pembicara, atau pun galeri event.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *