Pengertian Energi Matahari, Sumber Energi Matahari, Dan Manfaat Energi Matahari

oleh
Pengertian Energi Matahari, Sumber Energi Matahari, Dan Manfaat Energi Matahari
Pengertian Energi Matahari, Sumber Energi Matahari, Dan Manfaat Energi Matahari

Pengertian Energi Matahari, Sumber Energi Matahari Dan Manfaat Energi Matahari – Semua makhluk hidup terus tumbuh berkembang tentu, saja pasti membutuhkan energi, misalnya saja manusia untuk bergerak pasti membutuhkan energi otot dan untuk menggunakan alat elektronik seperti smartphone, komputer dan lain sebagainya tentu saja pasti membutuhkan energi listrik.

Oleh karena itu keberadaan dari energi tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kalau tidak ada energi maka manusia akan kesusahan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Apakah kamu pernah mendengar mengenai energi? Apa itu energi? Apa yang dimaksud energi? Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak dan sulut untuk dibuktikan, akan tetapi dapat kita rasakan keberadannya. Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, akan tetapi hanya bisa di ubah/dikonversikan menjadi bentuk yang lain, yaitu sesuai dengan hukum kekekalan energi.

Macam-macam sumber energi tersebut terbagi atas dengan fungsinya yang berkaitan dengan berbagai macam kehidupan sehari-hari. Seperti yang dapat kita rasakan yaitu air panas, penggunaan listrik, benda-benda yang bergerak yaitu diantaranya mobil, motor, bus, sepeda dan lain sebagainya.

Energi sendiri dibagi menjadi atas dua, yaitu energi terbarukan dan energi tidak terbarukan. Energi terbarukan biasa sering kita sebut dengan energi alternatif, sedangkan energi alternatif merupakan istilah yang merujuk atas semua energi yang bertujuan agar nantinya menggantikan bahan bakar konvensional.

Pada umumnya, penggunaan energi alternatif ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang nantinya mengakibatkan kerusakan lingkungan yang diakibatkan dari emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar atas pemanasan global.

Oleh karenia itu, diperlukannya energi alternatif yangmana dapat menghindarkan kerusakan alam serta menjaga lingkungan.

Baca Juga:  Macam-Macam Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam postingan kali ini kita akan membahas salah satu contoh dari energi alternatif yaitu mengenai energi matahari. Kita akan membahas seputar pengertian energi matahari, sumber energi matahari, dan manfaat energi matahari.

Pengertian Energi

Pengertian Energi
Pengertian Energi

Energi adalah suatu besaran yang kekal, hal tersebut berdasarkan bunyi Hukum dari Termodinamika I yang menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan energi tidak dapat dimusnahkan. Secara ringkasnya energi adalah suatu kemampuan untuk dapat melaksanakan suatu usaha atau suatu kerja, misalnya air yang mengalir, angin yang berhembus ataupun mobil pada saat melaju, benda yang berputar-putar, petir yang menyambar ataupun usaha atau kerja yang lainnya.

Dikutip dari wikipedia pengertian energi dalam fisika adalah properti fisika dari suatu objek, dapat berpindah melalui interaksi fundamental, yang dapat diubah bentuknya namun tak dapat diciptakan maupun dimusnahkan. Joule adalah satuan SI untuk energi, diambil dari jumlah yang diberikan pada suatu objek (melalui kerja mekanik) dengan memindahkannya sejauh 1 meter dengan gaya 1 newton.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari).

Baca Juga:  Macam-Macam Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sebelum membahas mengenai pengertian energi matahari, sumber energi matahari, dan manfaat energi matahari, kita akan membahas mengenai hukum kekekalan energi.

Hukum Kekekalan Energi

Hukum Kekekalan Energi
Hukum Kekekalan Energi

Energi yang ada disekitar kita ini itu tidak bisa dibuat ataupun dihilangkan, karena sejatinya, energi itu hanya berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Demikianlah Hukum kekekalan dari energi.

Selanjutnya kita akan membahas tentang pokok pembahasan yaitu pengertian energi matahari, sumber energi matahari, dan manfaat energi matahari. Berikut penjelasannya.

Pengertian Energi Matahari

Pengertian Energi Matahari
Pengertian Energi Matahari

Energi Matahari adalah energi yang berasal dari matahari, yangmana energi matahari tersebut menghasilkan cahaya dan panas yang dapat kita rasakan setiap harinya. Matahari merupakan sumber energi terbesar di bumi, bahkan hampir semmua energi yang ada di bumi itu berasal dari matahari. Kita bisa mendapatkan energi matahari dengan gratis. Penggunaan energi matahari bisa digunakan menjadi sumber energi panas yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan berbagai macam hal.

Sumber Energi Matahari

Sumber Energi Matahari
Sumber Energi Matahari

Sumber energi matahari berasal dari reaksi fusi atau reaksi penggabungan empat aotm hidrogen menjadi dua atom helium yangmana menghasilkan energi yang sangatlah luar biasa.

Energi matahari Berbeda dengan sumber energi lainnya, karena energi matahari disebut sebagai sumber energi yang tidak ada habisnya.Bahkan Matahari mulai dimanfaatkan sebagai energi terbarukan karena persediaan energinya yang tidak habis dan tidak menyebabkan dampak kerusakan lingkungan.

Baca juga : Macam-Macam Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Energi Matahari mempunyai beberapa manfaat, ada berbagai manfaat energi matahari bagi manusia, tumbuhan dan juga hewa. Berikut ini adalah macam-macam manfaat energi matahari.

Baca Juga:  Macam-Macam Sumber Energi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Energi Matahari

Manfaat Energi Matahari
Manfaat Energi Matahari

Manfaat dari penggunaan energi matahari dalam kehidupan sehari-hari, berikut ini adalah manfaat energi matahari untuk kehidupan.

1. Mengeringkan Pakaian

Manfaat penggunaan energi untuk kehidupan sehari-hari yaitu untuk menjemur pakaian di bawah sinar matahari, supaya pakaian kering.

2. Membantu Pertumbuhan Tanaman

Membantu dalam proses fotosintesis atau pembuatan makanan. Manfaat energi panas yang dihasilkan matahari bagi tumbuhan itu sangat penting, karena membantu proses fotosentesis

3. Mengeringkan Bahan Makanan Secara Alami

Pernahkah kamu melihat bahan-bahan makanan yang dikeringkan di bawah sinar matahari? Ya seperti ikan, krupuk yang belum jadi, dan lain sebagainya. Semua proses untuk mengeringkan bahan makanan tersebut secara alami dan dapat bertahan hingga lama.

4. Sumber Sebagai Listrik Tenaga Surya

Pemanfaatan energi matahari sebagai energi listrik ini bisa disebut sebagai energi alternatif, pasalnya energi ini termasuk energi yang tidak habis dan juga tidak merusak lingkungan. Pada saat ini sudah ada PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) yangmana sumber listriknya memanfaatkan dari energi panas matahari.

5. Sebagai transportasi.

Pemanfaatan dari energi matahari pada saat ini juga bisa digunakan pada transportasi, seperti yang sudah ada yaitu mobil dengan sumber penggeraknya berasal dari energi matahari, bukan bahan bakar minyak lagi.

6. Menerangi Bumi

Manfaat dari energi matahari sendiri adanya cahaya, yangmana cahaya itu dapat menerangi bumi. Dengan adanya matahari menerangi bumi maka akan terlihat semuanya.

Demikianlah artikel dari kami yang membahas mengenai energi matahari yangmana tentang pengertian energi matahari, sumber energi matahari, dan manfaat energi matahari. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya.