,

Pengertian DDR RAM dan Perbedaan RAM DDR 1, 2, 3, 4 Pada Laptop atau Komputer

oleh -
Pengertian DDR RAM dan Perbedaan RAM DDR 1, 2, 3, 4 Pada Laptop atau Komputer
Perbedaan-RAM-DDR-1-DDR-2-DDR-3-DDR-4

Pengertian DDR RAM dan Perbedaan RAM DDR 1, 2, 3, 4 Pada Laptop atau Komputer – Dalam perkembangan teknologi informasi khususnya perangkat hardware sangatlah cepat, termasuk yaitu perkembangan dari RAM pada Laptop ataupun Komputer.

Pada saat ini RAM ada berbagai macam jenis seperti DRAM, SDRAM, SRAM, EDORAM, FPM DRAM, Flash RAM, SDR RAM, DDR RAM dan GDDR SDRAM. Tentu saja jenis-jenis ram ini pastinya akan berkembang lagi menjadi lebih baik.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pengertian DDR RAM dan Perbedaan dari RAM DDR 1,2,3 dan 4 pada Laptop maupun Komputer

Pengertian DDR RAM

Jika kalian baru mengenal RAM, kalian mungkin tidak tahu apa artinya “DDR” yaitu kepanjangan dari  Double Data Rate. Secara sederhana, beroperasi pada kecepatan data ganda berarti RAM dapat mentransfer data dua kali per siklus clock.

Seperti yang mungkin kalian ketahui, semua data di komputer adalah digital, artinya data tersebut diwakili oleh angka 1 (aktif) atau 0 (mati).

Satu siklus clock diwakili oleh sinyal CPU dari mati ke hidup dan kembali lagi. Ini biasanya diukur dari titik tengah.

Laju data ganda ini merupakan peningkatan besar dari RAM SDR (laju data tunggal) yang lama, yang hanya dioperasikan sekali per siklus clock. RAM DDR asli pertama kali secara umum tersedia pada tahun 2000, dan seperti RAM SDR, sekarang sudah usang. Hampir semua RAM yang kalian temukan tersedia sekarang adalah beberapa generasi DDR.

Baca Juga :   Macam-Macam Toolbox Pada CorelDRAW dan Fungsinya Beserta Gambar

Perbedaan RAM DDR 1, 2, 3 dan 4

Pengertian DDR RAM dan Perbedaan RAM DDR 1, 2, 3, 4 Pada Laptop atau Komputer

RAM DDR 1

RAM DDR1

Munculnya RAM jenis DDR yaitu sekitar tahun 1995-1996 dan akhirnya diterima pasar secara sempurna pada akhir tahun 2000

Adanya rancangan RAM DDR berdasarkan pada kebutuhan data yang luar biasa besar.

Karena Kemampuan dari SDR (Single-Data-Rate) memanglah dirasa sudah tidak mumpuni untuk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan data akhirnya dirancanglah Double Data Rate yang 2x lebih cepat.

Perlu Anda ketahui bahwa RAM DDR1 mempunyai kecepatan transfer data antara 200MT/s sampai 400 MT/s dan mempunyai kecepatan Bus Clock berkisar antara 100MHz sampai 200MHz.

Saat itu konsumsi daya DDR 1 cukup lumayan yaitu sekitar 2.5V. lebar bandwith yang dimiliki oleh RAM DDR1 yaitu sebesar 1.6 Gbps pada waktu itu.

RAM DDR2

RAM DDR2

Tuntutan perkembangan kemampuan RAM pastinya harus bisa mengimbangi kecepatan proses dari CPU.

Oleh karena itu ahirnya dikembangkanlah generasi RAM yang kedua yaitu DDR2 dengan transfer dan clock speed yang lebih tinggi dibanding RAM DDR1.

DDR2 mampu diterima dikalangan pasar dengan baik dan menjadi standar kualitas penggunaan RAM pada sekitar tahun 2004 sampai 2008. Saat itu prosesor sudah masuk ke era Pentium.

Kecepatan transfer data dari RAM DDR2 itu sendiri sekitar antara 400 sampai 1066MT/s dan Clock Speed di rentang 200 sampai 533MHz. Pada generasi DDR2 ukuran tiap keping RAM sudah berkapasitas 1GB sampai 2GB. Untuk konsumsi dayanya relatif lebih kecil yaitu hanya 1.8v saja.

Baca Juga :   Cara Mensetting Supaya Dapat Mengkatifkan fitur Peek dan Fire di PUBG Mobile Emulator

RAM DDR3

RAM DDR3

Generasi DDR ke 3 bisa dikatakan cukup lama menduduki tertinggi dipasaran sebab mulai muncul di tahun 2009 dan ditahun 2019 masih juga masih ada yang menggunakannya.

Ukuran perkeping dari DDR generasi ke 3 sudah berkapasitas 8GB pada tiap kepingnya. Kecepatan transfer rate nya sudah cukup tinggi yaitu antara 800 sampai 2133MT/s dan Clock Speed nya mencapai 400-1066MHz.

Kecepatan Clock dan tranfer rate pada RAM generasi ke 3 jauh lebih unggul daripada generasi RAM DDR2. Perbandingannya bisa mencapai 10X dari proses generasi ke2.

Untuk perangkat prosesor yang banyak menggunakan perangkat RAM yang ber-DDR3 mulai pada seri CORE i dan sekelasnya.

Dalam hal penggunaan dayanya hanya mengkonsumsi daya 1.5v saja.

Selain itu, juga terdapat seri terbaru dari RAM DDR3 yaitu DDR3L yang membutuhkan daya voltase lebih rendah yaitu hanya 1.3v khusus untuk laptop-laptop yang slim supaya tidak mudah panas.

4. RAM DDR4

RAM DDR4

Generasi RAM DDR4 mulai ramai dipasaran dan banyak digunakan di berbagai perangkat komputer maupun laptop yaitu sekitar tahun 2013 sampai sekarang.

DDR4 sudah mendukung kecepatan transfer rate yaitu antara 2133 sampai 4266MT/s dan Clock Speed 1066 sampai 2133MHz.

RAM DDR4 Merupakan generasi RAM terbaik di tahun 2018-2019, tapi karena jenis terbaik artinya harganya pun sebanding dengan kualitasnya.

RAM DDR4 juga banyak dikenal oleh kalangan masyarakat sebagai DDR4 SDRAM yang mempunyai memori clock serta memori bus tinggi, akan tetapi dengan konsumsi daya yang rendah yaitu 1.05v saja.

Baca Juga :   Perbedaan Dari Video Kualitas HD dan SD

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini tidak semua perangkat CPU bisa menerima DDR4, hanya beberapa seri Prosesor yang mempunyai kecapatan yang tinggi saja yang bisa menggunakan generasi RAM tersebut.

Upgrade RAM sesuai DDR

Merasa kurang dengan jumlah kapasitas RAM yang ada sekarang itu merupakan hal yang sangat wajar, karenanya slot RAM memberikan batasan jumlah kapasitas yang bisa ditambah.

Kalau Anda mempunyai 2 slot untuk RAM dan hendak menginginkan untuk mengupgrade nya dengan jumlah yang lebih besar misalnya saja 16GB, jangan beli 1 keping RAM 16 GB, akan tapi lebih bagus kalau beli 2 Keping RAM dengan kapasitas 8GB untuk per kepingnya, sehingga proses kinerjanya akan lebih baik.

Perhatikan Penting ! Ketika Anda hendak menginginkan untuk mengupgrade RAM, pastikan Anda mengecek DDR RAM dan belilah RAM dengan DDR yang sama dengan perangkat yang Anda gunakan.

Semisal RAM yang sekarang Anda gunakan adalah RAM DDR3 maka seharusnya Anda membeli RAM DDR3 juga dengan kapasitas yang lebih besar.

Perhatikan juga kecepatan RAM yang bisa dihandle oleh latop atau komputermu dengan satuan yang digunakan adalah Mhz, mudah saja biasanya akan tertera di kemasan laptop atau spesifikasi motherboard yang Anda gunakan.

Perhatikan Jenis DDR RAM

Dengan begitu banyak macamnya seri generasi DDR RAM dan kemampuan fungsinya dalam tingkat yang berbeda-beda, oleh karena itu ada baiknya jangan asal membeli dan mengganti RAM yang terdapat pada komputer ataupun laptop Anda.

Sebaiknya pahami dan sesuaikan kebutuhan RAM Anda dengan kemampuan CPU yang Anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *