Pengertian Dan Manfaat Backlink Bisnis

2 min read

Pengertian dan Manfaat Backlink Untuk Bisnis

Pengertian Dan Manfaat Backlink Bisnis – Di bidang pengelolaan website, terdapat banyak sekali teknik dan hal yang biasa digunakan untuk membantu perkembangan website tersebut. Salah satunya yang akan kita bahas kali ini ialah backlink. Mengenai itu apa itu backlink dan bagaimana efeknya bagi web bisnis yang kita miliki akan kita bahas kali ini.

Dalam postingan kali ini kami akan menjelaskan pengertian dan manfaat backlink bisnis. Simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga;

Pengertian Backlink

Pengertian backlink
Pengertian Backlink

Mengenal Apa itu Backlink? Backlink terdiri dari dua kata dan berasal dari bahasa Inggris. Yakni back yang berarti kembali, dan juga link yang berarti tautan. YA, backlink atau tautan balik merupakan istilah teknis yang digunakan untuk menyebut link yang masuk ke dalam website kita.

Istilah lain yang juga biasa digunakan untuk menyebutnya adalah inbound link, dan inlink. Secara pemahaman dasar link, backlink ini merupakan link apapun dari node web lain menuju node web kita.

Pada awalnya, inbound link merupakan pelengkap untuk memudahkan navigasi pengunjung web. Namun akhir-akhir ini dipercaya banyak orang menjadi salah satu faktor dari penentuan peringkat website di mesin pencari. Meskipun dari pihak beberapa mesin pencari seperti Google, tidak memberikan pernyataan secara resmi terkait hal ini.

Baca Juga:  Karakteristik Website SEO

Gambar di atas menunjukkan diagram proses terjadinya backlink. Ya, website A memberikan tautan keluar yang apabila di klik akan menuju Website B. Ini artinya, website B mendapatkan backlink dari website A. Atau dalam kata lain, website A memberikan baclink kepada website B.

Jenis Backlink

Jenis-jenis backlink
jenis-jenis backlink

Jenis dari backlink sendiri dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yakni berdasar halaman tujuan, dan juga berdasarkan atributnya. Untuk pengelompokan dan penjelasannya ialah sebagai berikut :

1. Berdasarkan Halaman Tujuan

Jika dibagi berdasarkan halaman tujuan, maka akan ditemukan dua jenis backlink. Yakni Internal dan Eksternal.

Backlink internal merupakan tautan yang mana tujuannya menuju halaman di dalam website yang sama. Semisal ialah pada bagian beranda situs (homepage) memberikan hyperlink menuju halaman produk. Juga ketika pada halaman artikel memberikan tautan menuju halaman label atau mungkin halaman lainnya yang masih dalam 1 website.

Backlink jenis ini disebut dengan internal link. Banyak pakar SEO yang menyebut keefektifan dari backlink ini. Bahkan ini juga merupakan salah satu cara untuk memperkuat konten dari dalam. Atau istilah teknisnya SEO Onpage.

Oh iya, SEO sendiri merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimalkan artikel atau konten dari website di persaingan mesin pencari.

Baca Juga:  Kontes Lomba Blog SEO 2020 - DIGIMART Hadiah 5Juta

Baca Juga : Cara Menggunakan Header Tags: Praktik Terbaik SEO.

Sedangkan jenis backlink lainnya yang didasarkan atas halaman tujuan ialah eksternal. Ini merupakan kebalikan dari internal. Yakni tautan yang di dapat dari situs lain menuju situs milik kita. Istilah lainnya ialah inbound link. Link jenis ini bisa kita dapatkan dengan banyak cara, seperti membeli jasa backlink, berkomentar di situs lain, memberikan konten, atau yang lainnya.

2. Berdasarkan Atribut

Atribut dari hyperlink ini sendiri awalnya hanya ada dua, yakni dofollow, dan nofollow. Namun beberapa waktu lalu diumumkan adanya penambahan atribut UGC, Sponsored, dan noopener.

Dofollow merupakan atribut yang memberikan sinyal kepada robot perayap untuk juga merayapi halaman tujuan. Robot perayap yang dimaksud di sini merupakan robot milik mesin pencari yang membaca isi dari sebuah halaman. Dengan ikut dirayapinya halaman kita, maka kesempatan halaman kita tampil di mesin pencari juga lebih besar.

Nofollow merupakan kebalikan dofollow. Atribut ini memberikan sinyal kepada bot crawl untuk tidak merayapi halaman tujuan. Atribut yang memiliki nilai serupa ialah noopener dan norefferer.

UGC merupakan atribut yang menandai bahwa link tersebut dibuat oleh pengguna (User Generate Content). Atribut ini biasa disisipkan pada link di komentar atau pada halaman artikel postingan pada platform mikroblog berbasis membership.

Baca Juga:  2+ Cara Setting Hreflang Tag pada WP dan Blogger

Manfaat Backlink untuk Bisnis

Manfaat Backlink Untuk Bisnis
Manfaat Backlink Untuk Bisnis

Pada dasarnya backlink hanyalah link yang akan beraksi menuju halaman kita. Namun, akan memiliki manfaat tersendiri jika kita melihatnya dari cara pandang yang berbeda.

Manfaat pertama yang akan kita dapatkan ialah, website bisnis kita akan semakin mudah naik di ranking mesin pencari. Hal ini karena seringnya robot merayapi konten kita dan menemukan kecocokan kata kunci. Selain itu, bot juga akan menilai link dari website lain sebagai rekomendasi untuk membuka situs kita.

Selanjutnya, jika kita memiliki halaman produk atau jasa, dan direview oleh situs lain. Maka ketika ada pembaca situs tersebut yang terpikat ingin menggunakan jasa atau produk kita, maka bisa dengan mudah menemukan website yang tertera di dalamnya kontak untuk dihubungi.

Dengan demikian maka pengaruh backlink ini cukup luar biasa. selain dari sisi SEO di mesin pencari, juga untuk meningkatkan nilai penjualan dari jasa atau produk yang kita tawarkan. Untuk informasi lengkap seputar backlink Kamu bisa mendatangi blog https://www.ansoriweb.com.

Demikianlah postingan dari kami yang membahas pengertian dan manfaat backlink bisnis, semoga postingan kami ini dapat memudahkan Anda untuk mengenal lebih jauh pengertian dan manfaat backlink bisnis. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *