Pengertian Aliran Seni Lukis Surealisme Dalam Karya Seni Lukis

2 min read

Pengertian Seni Lukis Surealisme

Pengertian Aliran Seni Lukis Surealisme – Seni Lukis termasuk dari cabang dari aliran seni rupa. Dalam cabang seni lukis seseorang mampu untuk dapat menyalurkan kreativitasnya dengan menggunakan bidang 2 dimensi seperti kanvas, kertas gambar, papan atau juga bisa menggunakan media yang lain.

Seni Lukis Surealisme adalah aliran seni lukis yang mengadakan gambar objek nyata dalam keadaan yang tidak mungkin terjadi didalam dunia nyata, sehingga aliran surealisme ini citranya seperti dalam keadaan mimpi.

Baca Juga;

Perkembangan seni lukis sendiri memanglah sudah ada sejak zaman dahulu. Hal ini barhubungan dengan sebuah ekspresi jiwa seseorang yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Perkembangan seni lukis sendiri memanglah sudah ada sejak zaman dahulu. Hal ini barhubungan dengan sebuah ekspresi jiwa seseorang yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Dari gagasan maupun ide aliran seni lukis yang ada, tentu saja akan menghasilkan sebuah gaya lukisan yang nantinya akan membedakan antar seniman satu dengan yang lainnya.

Bahkan dalam beberapa gaya aliran seni lukis yang ada mempunyai sebuah ajaran yang bisa mudah untuk dipahami.

Dalam postingan kali ini kami akan membahas mengenai pengertian aliran seni lukis Surealisme seputar pengertian, ciri-ciri, dan tokoh dari aliran seni lukis Surealisme.

Baca Juga:  Pengertian Aliran Seni Lukis Romantisme Dalam Karya Seni Lukis

Sebelum kepokok pembahasan kita akan membahas terlebih dahulu mengenai pengertian seni lukis.

Pengertian Seni Lukis

Pengertian Seni Lukis
Pengertian Seni Lukis

Seni lukis adalah suatu cabang dari seni rupa yang cara pengungkapan ekspresinya diwujudkan dengan melalui karya seni rupa dua dimensional, dimana unsur-unsur pokok dalam karya seni rupa dua dimensional tersebutt adalah garis dan warna.

Dikutip dari KBBI mengenai Seni lukis yang berarti seni mengenai gambar-menggambar dan lukis-melukis.

Pengertian Aliran Seni Lukis

Pengertian Aliran Seni Lukis
Pengertian Aliran Seni Lukis

Aliran seni lukis adalah suatu gaya, model, teknik, genre atau pemahaman khas yangmana diikuti oleh individu maupun kelompok tertentu untuk dapat menciptakan karya seni lukis. Aliran yang dimaksud disini adalah berupa gagasan pokok atau ide yang dicetuskan oleh seseorang, atau mengalir secara alami muncul sendiri didalam perkembangan dari seni lukis zaman ke zaman.

Baca Juga:  Pelajar di Kota Semarang Jalani Asesmen Nasional

Aliran Seni Lukis terdiri atas beberapa macam antara lain yaitu Aliran Seni Lukis Realisme, Impresionisme, Fauvisme, Ekspresionisme, Kubisme, Dadaisme, Romantisme, Naturalisme, dan Surealisme.

Baca Juga : 9 Aliran Seni Lukis.

Setelah pembahasan diatas, selanjutnya kita akan membahas mengenai pengertian aliran seni lukis surealisme, berikut penjelasannya.

Pengertian Aliran Seni Lukis Surealisme

Pengertian Seni Lukis Surealisme
Pengertian Seni Lukis Surealisme

Aliran Seni Lukis Surealisme adalah aliran seni lukis yang mengadakan gambar objek nyata dalam keadaan yang tidak mungkin terjadi didalam dunia nyata, sehingga aliran surealisme ini citranya seperti dalam keadaan mimpi.

Maksudnya disini adalah gambar yang nyata tapi dalam keadaan tidak nyata itu seperti manusia yang sedang melayang, jam dinding yang seperti meleleh atau potret wajah dengan hidung dan mulut yang tertukar posisinya, dan lain sebagainya.

Aliran Surealisme menggunakan pendekatan teori psikologi Freud yang mengeksplorasi alam bawah sadar dan citra mimpi manusia sebagai salah satu penggambaran dari hasrat manusia.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata Surealisme adalah aliran dalam seni sastra yang mementingkan aspek bawah sadar manusia dan nonrasional dalam citraan (di atas atau di luar realitas atau kenyataan). Gagasan di atas realisme, bersifat spontan berdasarkan kekuatan alam mimpi dan alam bawah sadar.

Baca Juga:  6 Teknik Menggambar Ragam Hias Flora Yang Harus Kamu Coba

Dikutip dari Wikipedia Arti dari Surealisme adalah Surealisme merupakan seni dan penulisan yang paling banyak dikenal. Karya ini memiliki unsur kejutan, barang tak terduga yang ditempatkan berdekatan satu sama lain tanpa alasan yang jelas.

Ciri-Ciri Aliran Seni Lukis Surealisme

  • Memuat gambar objek nyata dalam keadaan tidak nyata.
  • Pencitraan seperti dalam mimpi.
  • Mempunyai kontras tinggi, dalam artian: terdapat wujud besar yang bersebelahan dengan wujud kecil.
  • Memainkan imaji yang terdapat dalam mimpi dengan dunia nyata.
  • Terlihat seperti fantasi akan tetapi tetap berpegangan pada referensi dunia nyata.

Tokoh Aliran Seni Lukis Surealisme

Berikut ini adalah tokoh dari aliran seni lukis Surealisme:

  • Salvador Dali.
  • Andre Breton.
  • Ivan Sagita.
  • Hans Arp.
  • Lucia Hartini.
  • Max Ernst.
  • Alberto Giacometti.
  • Joan Miro.

Contoh Lukisan Aliran Surealisme

1. Lukisan Surealisme Salvador Dali

Lukisan Surealisme Oleh Salvador Dali
Lukisan Surealisme Oleh Salvador Dali

2. Lukisan Surealisme Rene Magritte

Lukisan Surealisme Oleh Rene Magritte
Lukisan Surealisme Oleh Rene Magritte

3. Lukisan Surealisme Oleh Frida Kahlo

Lukisan Surealisme Oleh Frida Kahlo
Lukisan Surealisme Oleh Frida Kahlo

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai Pengertian aliran seni lukis Surealisme, tokoh aliran seni lukis Surealisme, dan ciri-ciri dari aliran seni lukis Surealisme. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *