Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme Dalam Karya Seni

2 min read

Contoh Lukisan Realisme Gustave

Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme – Seni Lukis termasuk dari cabang dari aliran seni rupa. Dalam cabang seni lukis ini seseorang mampu untuk dapat menyalurkan kreativitasnya dengan menggunakan bidang 2 dimensi seperti kanvas, kertas gambar, papan atau juga bisa menggunakan media yang lain.

Seni Lukis Realisme adalah aliran dari seni lukis yang ingin memperlihatkan suatu peristiwa, suasana atau model tertentu dengan kondisi keadaan sehari-hari kenyataan hidup, memandang dunia ini tanpa ilusi, apa adanya tanpa menambah atau mengurangi objek, di dramatisir atau dipilih dalam keadaan paling indahnya saja.

Baca Juga;

Perkembangan seni lukis sendiri memanglah sudah ada sejak zaman dahulu. Hal ini barhubungan dengan sebuah ekspresi jiwa seseorang yang dituangkan dalam bentuk tulisan.

Dari gagasan maupun ide aliran seni lukis yang ada, tentu saja akan menghasilkan sebuah gaya lukisan yang nantinya akan membedakan antar seniman satu dengan yang lainnya.

Bahkan dalam beberapa gaya aliran seni lukis yang ada mempunyai sebuah ajaran yang bisa mudah untuk dipahami.

Pengertian Seni Lukis

Pengertian Seni Lukis
Pengertian Seni Lukis

Seni lukis adalah suatu cabang dari seni rupa yang cara pengungkapan ekspresinya diwujudkan dengan melalui karya seni rupa dua dimensional, dimana unsur-unsur pokok dalam karya seni rupa dua dimensional tersebutt adalah garis dan warna.

Dikutip dari KBBI mengenai Seni lukis yang berarti seni mengenai gambar-menggambar dan lukis-melukis.

Pengertian Aliran Seni Lukis

Pengertian Aliran Seni Lukis
Pengertian Aliran Seni Lukis

Aliran seni lukis adalah suatu gaya, model, teknik, genre atau pemahaman khas yangmana diikuti oleh individu maupun kelompok tertentu untuk dapat menciptakan karya seni lukis. Aliran yang dimaksud disini adalah berupa gagasan pokok atau ide yang dicetuskan oleh seseorang, atau mengalir secara alami muncul sendiri didalam perkembangan dari seni lukis zaman ke zaman.

Aliran Seni Lukis terdiri atas beberapa macam antara lain yaitu Aliran Seni Lukis Romantisme, Impresionisme, Fauvisme, Ekspresionisme, Kubisme, Dadaisme, Surealisme, Naturalisme, dan Realisme.

Dalam pokok pembahasan ini kita akan membahas Apa yang dimaksud dengan aliran Realisme dalam seni lukis? Apa itu Aliran seni lukis Realisme? Jelaskan Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga:  Teknik Menggambar Flora, Fauna, Dan Alam Benda

Baca Juga : 9 Aliran Seni Lukis

Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme

Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme
Pengertian Aliran Seni Lukis Realisme

Aliran Seni Lukis Realisme adalah aliran dari seni lukis yang ingin memperlihatkan suatu peristiwa, suasana atau model tertentu dengan kondisi keadaan sehari-hari kenyataan hidup, memandang dunia ini tanpa ilusi, apa adanya tanpa menambah atau mengurangi objek, di dramatisir atau dipilih dalam keadaan paling indahnya saja.

Dikutip dari Wikipedia arti realisme adalah usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa untuk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia Arti Realisme adalah paham atau ajaran yang selalu bertolak dari kenyataan. Aliran kesenian yang berusaha melukiskan (menceritakan sesuatu sebagaimana kenyataannya).

Ciri Aliran Seni Lukis Realisme

Berikut ini adalah Ciri-Ciri dari Aliran Lukisan Realisme:

  • Mengangkat dari kejadian peristiwa sehari-hari yang dialami oleh kebanyakan orang.
  • Menggambarkan kondisi masyarakat dalam keadaan situasi yang nyata dan khas dengan lingkungan keadaan di sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
  • Karya realis menggambarkan manusia dari semua tingkatan dalam situasi dan kondisi aslinya.
  • Aliran Realisme tidak setuju dengan subjek seni yang dibesar-besarkan (terlalu mendramaritis) ala Romantisme.
  • Aliran Realisme mempunyai detail gambar yang menyamai aslinya (natural) dengan melalui teknik tinggi yang dikuasai oleh pelukisnya.
Baca Juga:  6 Teknik Menggambar Ragam Hias Flora Yang Harus Kamu Coba

Tokoh Aliran Seni Lukis Realisme

  • Rubus.
  • Wardoyo.
  • Tarmizi.
  • Gustave Courbet.
  • Dullah.
  • Jean-Francois millet.
  • Edouard Manet.
  • James Whistler.
  • John Singer Sargent.
  • Thomas Eakins.

Contoh Lukisan Aliran Realisme

1. Karya Jean-Francois Millet

Contoh Lukisan Realisme
Contoh Lukisan Realisme Karya Jean-Francois Millet

2. Karya Edouard Manet

Contoh Lukisan Realisme
Contoh Lukisan Realisme Karya Edouard Manet

3. Karya Gustave Courbet

Contoh Lukisan Realisme Gustave
Lukisan Realisme Gustave

Demikianlah postingan dari kami yang membahas mengenai Pengertian aliran seni lukis Realisme, tokoh aliran seni lukis Realisme, dan ciri-ciri dari aliran seni lukis Realisme. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga;

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *